Manfaat Membaca Bagi Pebisnis

Kemampuan dasar yang harus diasah oleh seorang pebisnis adalah kemampuan membaca. Bukan sekedar membaca laporan keuangan, ya. Akan tetapi, lebih dari itu, seorang pebisnis harus senantiasa meningkatkan mutu literasinya dari waktu ke waktu. Ia harus rutin menambah wawasan dan pengetahuannya tentang segala sesuatu yang bisa mendorongnya meningkatkan kinerja dalam bisnis.

Jika kita berkaca pada para pebisnis sukses yang ada di dunia, maka akan ditemukan bahwa tak satu pun dari mereka yang membiarkan bisnisnya berjalan tanpa asupan ilmu dari membaca.

Warren Buffet, CEO Berkshire Hathaway yang merupakan orang terkaya ketiga di dunia tahun 2018, menghabiskan lima sampai enam jam waktunya dalam satu hari untuk membaca beragam bacaan. Tak kurang dari lima macam koran yang berbeda dilahapnya setiap hari. Fantastis, kan?

Begitu juga dengan Mark Zuckerberg sang CEO Facebook, kehidupannya sebagai seorang pebisnis juga tak lepas dari membaca. Ia menargetkan untuk menghabiskan satu buah buku bermutu setiap dua minggu sekali. Jack Ma sang pendiri Alibaba, Bill Gates dan hampir semua pengusaha sukses di dunia, menjadikan kebiasaan membaca buku sebagai panduan mereka dalam menjalankan kehidupan dan bisnis.


Marc Cuban, seorang miliarder yang gemar menanam investasi di lebih dari seratus perusahaan start-up, menjadikan membaca sebagai aktivitas paling penting dalam hidupnya. Ia bahkan sengaja menaruh buku di kamar mandi sebagai pengingat bahwa ia tak akan pernah berhenti belajar dan membaca dimana pun dan kapan pun.

Lalu, apa sih pentingnya membangun kebiasaan membaca ini bagi para pebisnis pemula?

1. Meningkatkan Motivasi
Dalam dunia bisnis, pasti ada pasang surutnya. Tidak semua bisnis langsung diawali dengan kesuksesan. Bahkan banyak pebisnis yang gagal hingga puluhan kali sebelum mencapai kondisi terbaiknya. Oleh karena itu, maka para pebisnis butuh membaca buku yang berisi pengalaman bisnis para pendahulunya agar bisa tetap terjaga semangatnya dalam menghadapi segala tantangan. Sebaik-baik motivasi adalah mengambil pengalaman orang lain sebagai pelajaran. Untuk itu, buku The Millionaire Fastlane yang ditulis oleh M.J D.Marco menjadi salah satu buku yang wajib para pebisnis baca.

2. Menemukan Peluang Baru
Di dunia, ada begitu banyak ide bisnis yang berkembang. Bahkan kadang ide-ide yang dikerjakan orang lain di luar sana tak pernah terbayangkan oleh imajinasi kita. Dengan banyak membaca kisah-kisah bisnis manusia lain di belahan bumi yang lain, akan lebih mudah bagi kita untuk meniru dan memodifikasi ide yang ada lalu menjadikannya sebuah ide bisnis yang berbeda dan benar-benar baru.

3. Meningkatkan Daya Analisa

Membaca membutuhkan konsentrasi. Setiap kata demi kata yang tertulis pada lembaran buku memacu otak untuk ikut berimajinasi dan terhanyut secara emosi peristiwa demi peristiwa yang dikisahkan. Otak juga akan terdorong untuk ikut memecahkan setiap masalah yang muncul dalam buku yang dibaca. Ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi seorang pebisnis.

Dari waktu ke waktu, pebisnis akan selalu bertemu dengan beragam kesukaran dalam perjalanan bisnisnya, sehingga ketika berada dalam kondisi ini, ia akan mudah menganalisasi permasalahan dan menemukan solusi demi solusi yang jitu. Karena kebiasaan membaca, membantu seseorang meningkatkan daya analisanya terhadap berbagai persoalan pelik yang dihadapi dalam dunia usaha.

4. Selangkah Lebih Maju
Pebisnis yang gemar membaca akan selangkah lebih maju dibanding pebisnis lainnya. Ini karena ilmu pengetahuan dan wawasan yang ia miliki selalu lebih up to date, sehingga tak pernah ketinggalan kereta dalam melakukan inovasi yang lebih baik terus menerus. Pengalaman bisnis yang ia miliki saat ini, jika digabungkan dengan informasi-informasi baru seputar bisnis yang ia tekuni saat ini tentu akan memberikan hasil yang luar biasa.

Nah, inilah beragam manfaat dari membaca bagi para pebisnis. Tiap satu buku yang kamu baca, menjadi investasi bagi kelangsungan bisnis kamu ke depannya. []

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Dhia
Dhia

Penulis Lepas

Artikel: 9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 1 =