5 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Di Tengah Pandemi

Pekerjaan yang bisa dicoba di tengah pandemi COVID-19.

Saat ini Indonesia sedang menghadapi permasalahan yang cukup serius karena pandemi Covid-19. Hampir seluruh bidang kehidupan merasakan dampak yang luar biasa dari pandemi yang tak kunjung berhenti. Sudah hampir satu tahun lamanya masyarakat Indonesia merasakan penderitaan karena kondisi yang tidak menentu.

Pandemi virus corona telah membebani perekonomian Indonesia. Imbasnya adalah mulai runtuhnya sektor ekonomi yang menjadi penyebab utama banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK). Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaanya akibat PHK yang dilakukan oleh perusahaan yang mempekerjakan mereka. Hal inilah yang melonjaknya jumlah pengangguran di Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa selama pandemi corona banyak sekali bisnis yang runtuh akibat menurunya pendapatan secara signifikan. Banyak sekali bisnis yang akhirnya bangkrut karena sebagian besar pelangganya hilang. Banyaknya pelanggan yang hilang disebabkan oleh ketakutan masyarakat terhadap virus Covid-19.

Ketakutan inilah yang membuat masyarakat menjauhi tempat-tempat umum yang biasanya ramai dikunjungi oleh orang-orang. Akibatnya adalah banyak sekali usaha yang beroperasi ditempat umum menjadi sepi akan pelanggan. Dengan sepinya pelanggan, maka pendapatan dari bisnis-bisnis yang beroperasi di tempat umum menjadi turun secara signifikan.

Hal tersebut menyebabkan kebanyakan bisnis gulung tikar dan ada juga yang masih tetap bertahan. Bisnis-bisnis yang masih bertahan kebanyakan membuat kebijakan baru untuk menekan pengeluaran. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah pengurangan karyawan. Kebijakan inilah yang menjadi penyebab utama banyaknya masyarakat kehilangan pekerjaan.

Tak hanya itu, dampak lainya adalah sulitnya masyarakat khususnya mereka yang baru lulus dari pendidikan untuk mencari pekerjaan. Di tengah kondisi seperti ini ternyata ada beberapa pekerjaan yang mendadak sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi bisa dikatakan bahwa peluang dari pekerjaan tersebut cukup bagus walaupun saat ini kita masih menghadapi pandemi.

5 Pekerjaan Yang Dibutuhkan Di Tengah Pandemi

Berikut ini adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah pandemi virus Covid-19 :

1. Guru Les Online

Di tengah pandemi seperti ini banyak sekali kegiatan yang terhambat. Salah satu kegiatan yang terhambat adalah kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kebanyakan siswa membutuhkan program belajar di luar sekolah seperti kursus atau les. Di tengah pandemi seperti ini kursus online atau les online sangatlah dibutuhkan oleh banyak siswa sekolah.

Hal ini disebabkan oleh ditutupnya tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk kursus umum. Dengan adanya les online maka orang tua dari siswa tidak perlu khawatir terhadap penularan virus Covid-19, karena program ini dilaksanakan dari rumah masing-masing. Jadi saat ini menjadi guru les online tentunya memiliki peluang yang cukup bagus.

2. Psikolog Online

Karena pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di dalam rumah. Di dalam rumah masing-masing, masyarakat tidak hanya berdiam diri saja. Mereka tetap bekerja dari rumah atau mengikuti kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Di tengah kesibukan tersebut tak jarang mereka menjadi stres karena pekerjaan yang terlalu banyak atau karena tugas sekolah yang terlalu banyak. Disinilah seorang psikolog sangat penting. Psikolog memiliki peran yang sangat penting untuk menenangkan seseorang yang sedang stres. Psikolog memahami cara yang tepat untuk menenangkan orang yang sedang stres.

Perlu kamu ketahui bahwa kondisi psikologis dari seseorang cukup berpengaruh pada daya tahan tubuh. Jika kondisi psikologis dari seseorang terus menerus memburuk, maka daya tahan tubuhnya juga akan semakin melemah. Hal ini tentunya sangat berbahaya mengingat virus Covid-19 bisa dengan mudahnya menyerang manusia dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Jadi dengan bantuan dari psikolog nantinya kondisi psikologis yang awalnya buruk perlahan-lahan akan membaik. Dengan kembali normalnya kondisi psikologis dari seseorang, maka daya tahan tubuhnya juga akan kembali normal dan virus Covid-19 tidak akan masuk dengan mudahnya ke dalam tubuh manusia.

Jika kamu memang memenuhi kualifikasi untuk menjadi psikolog, kamu bisa
mencoba membuka konsultasi online. Menjadi psikolog online cukup menarik untuk dicoba, karena peluangnya cukup bagus di tengah kondisi yang seperti ini.

3. Tenaga Medis

Kebutuhan akan tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 sangatlah tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini jumlah orang yang terkena Covid-19 masih sangat tinggi. Maka dari itu kebutuhan akan tenaga medis menjadi jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Pemerintah sudah memberikan lampu hijau bagi siapapun yang ingin menjadi tenaga medis, asalkan memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Pemerintah bahwa secara terbuka akan menerima orang-orang yang ingin menjadi relawan untuk menangani pasien penderita Covid-19.

Jika memang kamu ingin menjadi tenaga medis, kamu harus benar-benar mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang. Perlu kamu ketahui bahwa pekerjaan ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Tenaga medis menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Jadi kamu harus siap dengan segala risiko yang kemungkinan besar bisa terjadi kapan saja.

4. Pengusaha Warung Siap Antar

Ketika pandemi seperti ini kebanyakan warung makan menjadi sepi akan pelanggan. Banyak masyarakat takut untuk pergi ke tempat-tempat umum seperti warung makan, cafe, restoran, dan lain sebagainya. Mereka sangat mewaspadai kerumunan orang, karena tidak ada yang tahu jika ada seseorang yang ternyata terinfeksi Covid-19.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba untuk membuka warung makan siap antar. Kamu bisa memulai usaha ini bersama teman atau saudara kamu yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah kamu. Buatlah makanan dan minuman yang kira-kira bisa kamu jual dengan harga murah.

Perlu kamu ketahui bahwa ini perekonomian negara ini sedang menurun, maka dari itu daya beli dari masyarakat juga ikut turun. Jadi dengan harga murah yang kamu berikan mungkin saja menarik masyarakat untuk membeli produk kamu. Untuk pengantaran makanan kamu bisa membuat kebijakan sendiri.

Kamu bisa memberikan biaya pengiriman gratis untuk minimal pemesanan dalam jumlah tertentu. Kebijakan lain yang bisa kamu coba adalah memberikan biaya pengiriman gratis untuk lokasi pengantaran yang dekat dengan rumah kamu. Kamu bebas membuat kebijakan sesuai keinginan kamu, karena kamu adalah pemilik usaha.

5. Customer Service E-Commerce

Di tengah pandemi ini masyarakat lebih memilih untuk belanja online daripada datang langsung ke mall untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan. Hal ini sangatlah wajar mengingat kondisi di negara ini masih belum kondusif akibat penyebaran Covid-19. Jadi masyarakat masih was-was untuk berpergian ke tempat-tempat umum karena mereka takut tertular Covid-19.

Melonjaknya jumlah masyarakat yang menggunakan aplikasi belanja online menyebabkan costumer service menjadi agak kesulitan dalam menjalankan pekerjaanya. Untuk mengatasi hal tersebut beberapa e-commerce besar akhirnya mengeluarkan kebijakan baru untuk menambah karyawan yang nantinya akan dipekerjakan sebagai costumer service.

Sampai saat ini masih ada beberapa e-commerce yang sedang mencari tambahan karyawan. Kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini, karena pada umumnya kamu akan menjalani masa training terlebih dahulu. Jadi nantinya kamu akan paham dengan segala sesuatu yang akan kamu kerjakan nanti.

Itulah beberapa pekerjaan yang dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Sebenarnya pekerjaan-pekerjaan tersebut bukanlah jenis pekerjaan yang baru, melainkan sedikit modifikasi dari pekerjaan yang sudah ada. Jadi jika memang kamu saat ini sedang kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba salah satu dari pekerjaan di atas.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

66 + = 68