Ekonomi

Berpenghasilan Melalui Sosial Media di Era Pandemi

Seiring dengan perkembangan zaman yang pada saat ini hampir mencapai puncaknya, telah menuntut kita untuk hidup serba kompetitif di berbagai macam bidang, baik itu dalam bidang ekonomi, sains, dan teknologi. Sejarah secara tidak langsung membuktikan kepada kita bahwa dalam perjalanannya bangsa kita hanya bisa meniru dan mentransfer atau dalam kata lain mengembangkannya ilmu dari negara negara lainnya sehingga kita hanya bisa menerima tanpa memberi.

Perkembangan teknologi akan terus mengalir ke seluruh penjuru dunia tidak terkecuali bangsa kita pada umumnya khususnya masyarakat dalam dimensi waktu yang cukup cepat dan singkat. Sehingga kesiapan kita sangat ditentukan bagaimana kita mampu mendesain sebuah konsep strategi mengembangkan teknologi yang ada untuk dijadikan formulasi sebuah pijakan dalam memberdayakan masyarakat sehingga bisa lebih produktif, efektif dan rasional dalam kehidupannya. 

Strategi yang dapat kita lakukan saat ini adalah berusaha memiliki penghasilan walau harus di rumah saja namun harus juga menggunakan cara yang jelas dan benar. Salah satunya ialah dalam pemanfaatan sosial media. Aspek keuntungan yang diperoleh dengan pemanfaatan jaringan internet ini adalah dapat mempublikasi dan menambah jaringan serta jangkauan dengan mudah serta memberikan informasi dalam waktu yang singkat dan dapat dengan mudah di akses oleh siapapun di seluruh dunia sehingga kita dapat dengan mudah berbagi hal dengan cepat dan tepat.

Mengapa Menggunakan Sosial Media itu Penting terutama untuk Bisnis? 

Dapat dikatakan bahwa di masa saat ini internet dan handphone adalah dua benda yang tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia. hampir di setiap aspek kehidupan manusia sudah menggunakan smartphone dan internet. Generasi masa sekarang dikatakan sebagai Net Generation yaitu generasi yang selalu terhubung dan memiliki pola pikir yang kreatif, rasa ingin tahu yang tinggi dan semua itu didukung oleh perkembangan teknologi dan internet.

Internet telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi secara perlahan. Perubahan ini merubah bagaimana seseorang dalam melakukan sesuatu, dalam berinteraksi, dalam berkolaborasi dan termasuk salah satunya dalam berbisnis. 

Pengertian Media Sosial

Sebelum kita membahas menuju topik utama, alangkah baiknya jika kita mengerti pengertian sosial media. Jejaring sosial merupakan suatu struktur yang dibentuk dari simpul simpul yang umumnya adalah suatu individu dan organisasi yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan dan lain sebagainya. Jejaring sosial sendiri merupakan istilah yang dikenalkan oleh Profesor J.A Barnes di tahun 1954  yang terdiri dari beberapa elemen individu atau organisasi bertugas untuk menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari hari hingga keluarga.

Dengan berkembangnya jaringan internet dan teknologi website banyak bermunculan berbagai layanan yang bertujuan untuk mendukung aktivitas dari jejaring sosial yang ada. layanan jejaring sosial berbasiskan website yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain sebagainya. Nah dari sinilah merupakan awal muncul dari istilah media sosial.

Dari sini kita sudah memahami pengertian media sosial. Saatnya kita membahas mengenai topik utama kita.

BERPENGHASILAN MELALUI SOSIAL MEDIA

Kita sebagai pemuda harus bisa berpikir ke depan dan berkembang. Kita juga harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik serta memanfaatkan waktu dengan baik. Walaupun kita berada di rumah saja tidak menutup kemungkinan untuk memiliki penghasilan walaupun usaha yang kalian lakukan tergolong kecil. Jangan jadikan diri kalian hanya sebagai beban keluarga yang tak mau berkembang. 

Dalam artikel ini sebaiknya kalian menyiapkan beberapa hal, merancang rencana dan melakukan beberapa tips berikut agar bisa memiliki penghasilan. Yang kalian butuhkan hanya jaringan internet dan sosial media tentunya. 

Seiring berkembangnya waktu dan zaman, teknologi banyak sekali menyediakan software atau aplikasi penghasil uang yang mudah kalau kalian bisa tekun dan berusaha. 

Instagram

Siapa yang tidak tahu instagram. Hampir semua penduduk bumi menggunakan instagram yang memiliki banyak manfaat dan kegunaannya yang praktis. Penggunanya Menurut data yang dirilis Napoleon Cat, pada periode Januari-Mei 2020, pengguna Instagram di Indonesia mencapai 69,2 juta (69.270.000) pengguna. Disini kalian bisa menghasilkan uang dengan cara menjadi content creator, atau berjualan disini atau bisa juga menjadi selebgram. Dengan adanya sponsorship dan endorsement inilah kalian bisa menghasilkan cuan. Namun syaratnya kamu harus memiliki banyak followers dan likes. Jadi kamu harus rutin untuk memposting dan bijak dalam menggunakan tagar untuk menambah jangkauan dan followers. Yang paling banyak digemari adalah content creator. Bisa berupa photography, ataupun video atau quotes. Tipsnya adalah selalu rutin untuk memposting dan tekun dalam pengerjaannya.

Youtube

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. (Wikipedia) Buat kalian yang hobi vlogger, membuat video yang lucu atau tutorial atau berbagai macam video lainnya bisa menggunakan media sosial ini sebagai lapak anda karena jangkauannya yang sudah mencapai seluruh dunia. Namun, kalian juga harus membuat video yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. Bukan merupakan konten yang sensitif untuk di lihat banyak orang. 

Facebook

Facebook merupakan media sosial yang masih memegang status media sosial terbesar di dunia. Walaupun seiring berkembangnya zaman banyak juga pesaing beratnya. Facebook juga tak kalah dengan media lainnya dalam hal bisnis. Kalian bisa berteman dengan siapapun dan bisa berjualan disini. Tambahan plugin market membuat media sosial ini banyak digunakan orang untuk berjualan dan dapat menghasilkan uang.

Kerja Freelance

Banyak contoh kerja freelance. Freelance sendiri adalah istilah untuk pekerja lepas tanpa terikat sebuah kontrak apa pun. Jadi kalian bisa menjadi pekerja freelance via online misalnya sebagai penulis bayaran, editor web, desain grafis, marketing, admin sosial media dan banyak lagi. 

Jual Foto

Buat kalian yang hobi fotografi, kalian bisa menjual hasil jepretan kalian ke beberapa situs seperti,

  • Fotolia.com.
  • Shutterstock.com.
  • Dreamstime.com.
  • iStockphoto.com.
  • FreeDigitalPhotos.net.
  • Bigstockphoto.com.
  • DemandMedia.com.
  • Redbubble.com.

Jangan lupa untuk memotret hal yang layak dan tidak mengandung unsur sensitif. Jika perlu tambahkan filter agar terlihat menarik.

Jualan di Situs Jual Beli

Disini kalian bisa menjual barang yang sepantasnya untuk dijual. Bisa juga barang bekas. Namun hendaknya yang masih layak untuk digunakan dan dengan harga jual yang sepantasnya. Bisa kalian mengunjungi seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.

Mungkin beberapa tips di atas bisa membantu kalian untuk bisa berpenghasilan walaupun sedang masa pandemi. Jaga diri kalian dan tetap patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah agar pandemi cepat tuntas. Tentunya kalian juga tidak betah kan dengan situasi sekarang? semua merasakan hal yang sama. 

Maka dari itu, gunakan sebaik mungkin waktu kalian mumpung sedang di rumah saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tetap jaga semangat kalian.

Sumber :

  • Pager Sanajaya, diakses 21/2/2021
  • Dirfan Kahar, diakses 21/2/2021
  • www.idntimes.com diakses 21/2/2021

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Desiwy
Desiwy

Mahasiswi yang Menyukai Dunia Tulisan :)

Artikel: 18

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *