Peluang Bisnis yang Bisa Dimanfaatkan di Bulan Puasa

Bulan puasa merupakan sumber rezeki dan kebaikan bagi masyarakat. Bulan puasa mampu mendatangkan peluang bisnis yang layak untuk dimanfaatkan.

Bulan puasa atau yang biasa dikenal dengan bulan Ramadan adalah waktu dimana orang-orang yang beragama islam menjalankan ibadah puasa. Dalam bulan puasa sendiri terjadi beberapa perubahan dalam kehidupan sehari-hari karena umat islam tidak makan dan minum mulai pagi sampai petang.

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah bergantinya jam operasional dari kebanyakan bisnis kuliner. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati umat islam yang sedang berpuasa dan juga untuk menghindari sepinya pelanggan ketika waktu puasa masih berlangsung.

Bulan puasa mampu memberikan dampak positif dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam bidang ekonomi dan bisnis, bulan puasa ternyata mampu memunculkan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Ada banyak peluang bisnis yang muncul ketika bulan puasa tiba sampai hari raya Idul Fitri.

Menurut penjelasan dari beberapa ahli agama Islam, bulan puasa datang dengan sejuta kebaikan di dalamnya. Ada banyak pahala dan rezeki yang bisa didapatkan selama bulan puasa. Jadi, wajar saja jika ada banyak peluang bisnis yang muncul di bulan puasa karena hal tersebut merupakan sumber rezeki.

Ide Bisnis di Bulan Puasa dengan Potensi Keuntungan Tinggi

Ada beberapa ide bisnis di bulan puasa yang bisa memberikan kamu keuntungan besar :

Menjual Perangkat Elektronik

Yang pertama adalah menjual perangkat elektronik. Seperti yang kita tahu bahwa ketika mendekati hari raya Idul Fitri akan ada Tunjangan Hari Raya atau yang biasa dikenal dengan THR. Dengan adanya THR, biasanya orang-orang akan menggunakanya untuk membeli barang-barang baru.

Salah satu jenis barang yang biasanya dibeli adalah perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop. Perbandingan penjualan smartphone dan laptop memang cukup jauh, namun kamu sebaiknya tetap mencoba untuk menjual kedua barang tersebut.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena kamu bisa menjadi dropshipper dan membuka toko online menggunakan media sosial.

Untuk menarik perhatian dari calon pembeli, kamu bisa memberikan diskon atau bonus khusus untuk setiap pembelian di toko online kamu. Peluang bisnis ini akan semakin bagus apabila toko online yang kamu kelola sudah beroperasi dalam waktu yang lama.

Menjual Parsel Untuk Hadiah Lebaran

Parsel adalah kumpulan makanan dan minuman yang disusun sedemikian rupa dan dibungkus dengan menggunakan keranjang yang ditutup dengan plastik tebal. Parsel biasanya digunakan sebagai hadiah untuk hari-hari besar seperti hari raya, perayaan, dan lain sebagainya.

Menjelang hari raya Idul Fitri, pada umumnya banyak masyarakat yang mencari parsel untuk dijadikan hadiah ketika lebaran nanti. Pesanan parsel setiap tahunnya pasti membludak di akhir bulan puasa. Hal ini tentunya merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Kamu bisa memulai bisnis parsel dari rumah. Yang perlu kamu siapkan adalah smartphone dan media sosial untuk memasarkan parsel yang akan kamu jual secara online. Kamu bisa membuat parsel sendiri menggunakan makanan dan minuman tertentu atau kamu bisa juga menjadi reseller parsel.

Jika kamu mampu membuat parsel sendiri tentunya keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan lebih besar daripada menjadi reseller parsel. Jika membuat parsel sendiri, kamu bebas menentukan makanan dan minuman yang akan kamu susun menjadi sebuah parsel.

Belum lagi kamu bebas untuk menentukan harga dari parsel yang akan kamu jual nantinya. Inilah yang bisa memberikan kamu lebih banyak keuntungan. Kamu bahkan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan jika kamu memiliki relasi yang menjual makanan dan minuman yang biasanya ada di parsel.

Penting bagi kamu untuk memiliki ide yang kreatif agar parsel yang kamu buat memiliki isi dan bentuk yang menarik. Kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap laris atau tidaknya parsel. Kamu bisa mencari ide kreatif dengan memanfaatkan media sosial dan membaca artikel di internet.

Peluang bisnis ini akan semakin bagus ketika kamu sudah memiliki toko online yang berdiri sejak lama. Dengan popularitas yang bagus, tentunya akan ada banyak orang yang mengetahui parsel buatan kamu. Inilah yang meningkatkan peluang terjualnya parsel.

Menjual Kue Lebaran

Di akhir bulan puasa, kebanyakan masyarakat pasti sibuk mencari kue untuk disuguhkan kepada tamu ketika lebaran nanti. Inilah yang menjadikan kue sebagai salah satu barang yang paling dicari ketika menjelang lebaran.

Peluang bisnis yang satu ini cukup bagus sehingga kamu bisa mencobanya. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih banyak apabila kamu memiliki keterampilan untuk membuat kue lebaran. Tentunya kamu bebas menentukan biaya bahan dan harga kue lebaran yang kamu jika kamu membuatnya sendiri.

Jika kamu memang tidak mempunyai keterampilan tersebut, kamu masih bisa menjadi reseller kue lebaran. Meskipun perbedaan keuntungan yang didapatkan cukup jauh, kamu masih bisa mendapatkan banyak uang jika mampu berjualan dengan baik.

Kunci dari bisnis yang satu ini adalah rasa dari kue dan harga yang ditawarkan. Jika kue yang kamu jual ternyata memiliki rasa yang enak, maka peluang terjualnya juga akan semakin bagus. Belum lagi jika kamu berani menawarkan dengan harga yang murah, tentunya dagangan kamu akan laris manis.

Untuk pemasaran kue lebaran, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Namun, jika ingin cepat terjual kamu bisa meminta bantuan teman atau saudara yang memiliki toko online dengan popularitas tinggi. Hal ini akan membuat kue lebaran kamu diketahui oleh banyak orang sehingga bisa lebih cepat terjual.

Menjual Pakaian

Pakaian merupakan barang yang diburu oleh banyak orang menjelang lebaran. Bahkan, meskipun masih bulan puasa ternyata ada sebagian orang yang sudah belanja pakaian agar bisa dikenakan ketika lebaran nanti. Maka dari itu, berjualan pakaian di bulan puasa bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Jika kamu tidak memiliki modal yang banyak, maka kamu bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan media sosial. Kamu hanya perlu menjadi reseller atau dropshipper pakaian. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mempersiapkan persediaan pakaian yang akan dijual.

Agar masyarakat lebih tertarik dengan toko kamu, maka kamu harus memberikan beberapa penawaran menarik seperti diskon, bonus pembelian, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga harus pandai memilih pakaian yang akan kamu jual karena pemilihan model bisa berpengaruh pada penjualan.

Potensi untuk sukses dalam bisnis pakaian akan semakin meningkat apabila kamu benar-benar memahami dunia fashion dan memainkan harga pakaian yang kamu jual. Kedua hal tersebut bisa dipelajari dengan cara melakukan analisis yang mendalam terhadap bisnis pakaian dan tren berpakaian.

Katering Makanan

Bisnis katering makanan menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di bulan puasa. Kebanyakan orang pasti membutuhkan jasa katering makanan untuk acara buka puasa bersama. Jadi, sangat wajar jika bisnis katering makanan tidak pernah sepi ketika bulan puasa.

Untuk memulai bisnis katering, kamu bisa memulainya dengan katering rumahan dimana kamu bisa membuat makanan yang dipesan oleh pelanggan dari rumah saja. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk penyewaan gedung dan peralatan masak.

Itulah beberapa bisnis yang cukup menjanjikan di bulan puasa. Kamu bisa mencoba salah satu bisnis tersebut selama bulan puasa. Buatlah perencanaan yang matang sebelum memulai bisnis dan lakukanlah eksekusi dengan baik sehingga bisnis yang kamu bangun bisa sukses ke depannya.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *