Ibarat dua sisi mata uang, kemajuan teknologi meski disertai banyak dampak negatif, ternyata juga membuka peluang bisnis besar bagi banyak orang. Siapa yang bisa menyangka, bahwa berbisnis saat ini cukup hanya dengan satu klik di layar ponsel atau komputer? Padahal dahulu kita begitu terbiasa untuk melakukan transaksi bisnis dan jual beli secara tradisional, tatap muka langsung antara produsen dan konsumen.
Kecanggihan teknologi, terutama internet membawa manusia pada satu tatanan ekonomi yang benar-benar baru. Banyak perusahaan besar dan kecil berburu pelanggan dengan memanfaatkan keberadaan internet. Kemudahan demi kemudahan transaksi yang berlangsung lewat internet, membuka peluang bisnis bahkan bagi orang-orang yang minim modal sekali pun. Bagaimana tidak, anda tak perlu sewa toko dan membeli etalase dan barang lainnya untuk memajang segala jenis produk yang akan dijual. Lewat internet, hanya bermodal foto produk, para pebisnis online bisa menjaring pembeli dengan jangkauan yang lebih luas. Tidak terbatas waktu dan tempat.
Lewat dunia online, perusahaan dan toko tetap bisa buka selama 24 jam dan pelanggan tetap bisa berbelanja tanpa mengganggu waktu tidur produsen. Sesuatu yang tak asing untuk kita saksikan dan nikmati betapa manusia merasa dimanjakan dengan kemudahan berbelanja yang ditawarkan. Amazon, Alibaba, Ebay menjadi satu contoh raksasa bisnis e-commerce di dunia. Anda tentu pernah bertanya-tanya, apa gerangan rahasia para pebisnis online sehingga bisa mencapai puncak kesuksesannya?
Mengenal Bisnis Online
Sebelum memutuskan untuk terjun ke sebuah bidang usaha, tentu perlu bagi anda untuk mengenal media yang akan digeluti. Bisnis Online adalah sebuah jalan untuk merintis usaha dengan teknik pemasaran produk dan jasa dengan memanfaatkan media internet. Ada dua jenis produk yang bisa dipasarkan secara online, yaitu produk barang dan produk digital. Contoh produk barang misalnya pakaian, makanan, minuman, kosmetik, dan lain sebagainya. Contoh produk digital berupa software, video, ebook dan audio. Sedangkan jasa yang bisa ditawarkan secara online berupa jasa penerjemah, desain grafis, editor, jasa analis data, jasa branding dan advertising dan lain-lain.
Kiat Membangun Bisnis Online
Ada beberapa langkah awal yang Anda harus lakukan sebelum memulai bisnis online.
1. Temukan Ide Bisnis
Carilah ide yang unik yang membuat anda bersemangat untuk membesarkannya. Tak hanya itu, ide yang anda miliki tentunya juga harus bisa membuat orang lain merasa tertarik. Ide sangat penting untuk kelansungan bisnis anda di masa depan.
Pikirkan matang-matang ide apa yang paling cocok untuk dijalankan. Karena tidak semua ide yang singgah di dalam kepala Anda pantas untuk dieksekusi. Mungkin anda bisa memulai dari hobi yang sedang ditekuni atau dengan cara memperhatikan keseharian masyarakat lalu temukan apa yang paling mereka butuhkan. Pencarian ide bisa juga dilakukan lewat mesin pencari otomatis.
2. Membuat Gambaran Bisnis
Setelah menemukan ide, anda perlu untuk menggambarkan bisnis yang akan dijalankan. Siapa target pasar Anda? Apakah guru, ibu rumah tangga, mahasiswa atau karyawan perusahaan? Lalu tentukan model bisnis seperti apa yang akan anda pilih. Berbisnis dengan memasarkan produk dan jasa sendiri atau berafiliasi pada sebuah perusahaan lain? Anda juga perlu untuk memberi gambaran terkait metode pembayaran seperti apa yang digunakan. Gambaran bisnis ini bisa anda ubah-ubah setelah melakukan berbagai riset di lapangan.
3. Strategi Marketing
Keberhasilan bisnis baik itu online atau offline ditentukan oleh strategi pemasaran. Agar sirkulasi bisnis berjalan dengan baik, penting untuk memiliki jaringan distribusi. Dalam bisnis online, sangat penting bagi anda untuk memiliki agen, distributor, marketer, reseller bahkan dropshipper. Jaringan inilah yang akan berperan besar memutar roda bisnis anda di masa depan.
4. Promosi Produk
Seberapa penting promosi untuk kelangsungan bisnis? Sangat penting. Karena dengan promosi, orang-orang bisa mengenal produk yang anda tawarkan. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk promosi, diantaranya melalui layanan iklan. Bisa lewat media televisi, radio, koran atau yang ramai digunakan saat ini menyewa jasa endorse artis dan selebgram.
Promosi produk bisa juga dengan cara menawarkan diskon, memberikan hadiah atau memberi sampel produk gratis kepada beberapa konsumen. Faktanya, kepuasan konsumen terhadap produk dan layanan yang diberikan membuat mereka bermurah hati mempromosikan produk Anda secara cuma-cuma kepada orang lain.
5. Pelayanan Tepat Waktu
Meskipun produk anda dijual secara online, tapi konsumen tetap butuh direspon tepat waktu. Tak peduli selaris dan sehebat apa pun barang yang anda tawarkan. Seringkali konsumen berpindah ke produk lain disebabkan produsen slow respon. Tidak hanya masalah respon, ketepatan waktu dalam pengiriman barang juga perlu menjadi perhatian yang harus ditingkatkan. Semakin cepat respon Anda, semakin cepat barang sampai ke tangan konsumen maka semakin besar peluang konsumen yang sama untuk datang lagi.
6. Harga Kompetitif
Dalam hukum penawaran dan permintaan, harga menjadi dasar bagi ilmu ekonomi. Pelanggan akan membeli suatu produk sesuai anggaran yang mereka miliki. Bahkan jika harga produk yang ditawarkan lebih murah seribu rupiah saja dari kompetitor, dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, maka konsumen akan dengan senang hati memilih produk yang anda tawarkan.
Oleh karena itu, Anda wajib untuk meneliti kompetitor di sekitar Anda yang memiliki kemiripan dari segi struktur biaya, sehingga Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang diperoleh, kemudian baru memutuskan untuk menjual produk sesuai harga rata-rata pasaran atau menjual dengan harga lebih murah.
7. Mengelola Situs
Sebagian konsumen hari ini menjadikan berbelanja melalui internet sebagai sebuah kebutuhan. Selain membuka toko di beberapa aplikasi e-commerce, anda juga harus memiliki web sendiri untuk meningkatkan kredibilitas bisnis yang sedang anda bangun.
Website menjadi semacam katalog yang menampilkan beragam produk Anda. Mempermudah untuk melakukan promosi atau memberitahukan pada konsumen produk-produk terbaru yang Anda miliki. Penting juga menampilkan portofolio perusahaan dan juga testimoni pelanggan pada laman website. Ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada bisnis Anda.
Bayangkan berapa banyak waktu yang bisa Anda hemat hanya dengan memiliki situs. Anda tak perlu menghubungi konsumen satu per satu untuk menawarkan produk, menjelaskan secara berulang-ulang lewat tatap muka langsung atau lewat panggilan telepon yang melelahkan.
Memiliki situs juga membantu bisnis Anda untuk lebih dikenal dalam jangkauan yang luas. Anda bisa menjaring konsumen bukan hanya dalam skala lokal bahkan bisa global. Oleh karena itu, perhatikan tampilan laman website bisnis Anda agar terlihat menarik, unik dan menyenangkan untuk dikunjungi.
Nah, demikianlah beberapa langkah kecil yang harus Anda tempuh agar bisa membangun bisnis menjadi lebih besar. Semakin gigih Anda dalam bekerja keras menapaki tangga-tangga bisnis, maka semakin besar peluang Anda untuk maju, terutama dalam dunia bisnis online ini. Meski jatuh berkali-kali, seorang pebisnis akan bangkit lagi mencari jalan keluar yang baru. Penting untuk selalu Anda ingat, bahwa hasil tidak pernah mengkhianati usaha.