era sekarang perkembangan dunia bisnis sangat dinamis. Masyarakat global sekarang hampir tiada mengenal batas. Hanya dalam satu genggaman mereka mampu mengakses semua hal yang ada didunia melalui internet. Meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan internet di dunia harus menjadi perhatian bagi para pebisnis supaya memanfaatkan peluang yang ada. Jika dulu masih banyak menggunakan marketing konvensional mulai sekarang harus segera beralih kearah digital marketing. Digital marketing kini merupakan strategi yang sangat popular dan digunakan oleh hampir sebagian besar marketers di seluruh dunia. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif. Banyak bukti kesuksesan Perusahaan kecil yang mampu meningkatkan omset perusahaannya secara siginifikan dengan memanfaatkan digital marketing. Jadi tidak ada syarat tertentu yang mengharuskan minimal skala tertentu dan dana tertentu untuk mendongkrak penjualan dan omset dengan digital marketing. Dengan berbagai kemudahan dan keunggulan menjadikan digital marketing sebagai salah satu investasi yang menguntungkan dalam bisnis. karena memang di dalam digital marketing memuat database yang sangat berharga untuk menunjang riset dalam menentukan taktik dan strategi di perusahaan. Tentunya dengan keunggulan yang dimiliki digital marketing sangat direkomendasikan untuk para pebisnis yang merasa penjualan dan omset dari perusahaannya cenderung statis. Berikut alasan mengapa bisnis anda harus menggunakan digital marketing.

- Konsumen suka mencari informasi tentang produk di internet dan senang membandingkan.
Pebisnis yang memanfaatkan digital marketing dengan pebisnis yang masih menggunakan pemasaran konvensional akan jelas berbeda hasilnya. Dari segi jangkauan pebisnis konvensional hanya mampu menyebarkan informasi secara terbatas berbeda dengan digital marketing yang mampu menjangkau lebih banyak. Dengan jangkauan lebih banyak otomatis akan mendatangkan omset dan profit yang lebih besar dengan catatan para pebisnis melakukannya dengan benar dan dengan ilmu. Pencarian di google hanya dengan mengetik apa yang ingin dicari langsung muncul ribuan hasil yang diinginkan. Para pebisnis harus peka dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di internet semisal blog, SEO, atau melalui konten digital lain untuk meningkatkan brand awareness dan juga membangun personal branding bagi owner. Kemudahan informasi yang bisa diakses para konsumen akan menjadi nilai tambah bagi owner karena konsumen merasakan salah satu bentuk upaya keseriusan dan profesionalitas dalam berbisnis. Dari segi pelayanan juga akan memiliki nilai lebih karena konsumen memang inginnya dimudahkan dan dilayani dengan baik. Dengan begitu bisa saja konsumen akan loyal hanya pada satu produk karena pengalamannya yang bagus. Era sekarang seakan menjadi hal wajib bagi para pebisnis untuk mempublikasikan produknya melalui internet.
- Data lebih mudah dikelola dan lebih akurat
Keunggulan digital marketing salah satunya adalah Data. Data bisa dimanfaatkan untuk membangun loyalitas konsumen dan mendapatkan konsumen baru dengan formula yang telah didapatkan dari data yang masuk. Para pebisnis bisa mendapatkan data konsumen dengan berbagai cara, seperti pengisian formulir. Formulir bisa berupa data diri, mulai dari nama, tanggal lahir, hobi hingga umur konsumen. Dari data tersebut pebisnis bisa mengelompokan konsumen sesuai dengan produk yang dijual. Data yang diperoleh dari iklan ataupun digital marketing lainnya akan sangat mudah diolah. Hal ini mampu meningkatkan efektivitas dalam berbisnis, karena pebisnis akan lebih mudah menganalisa apa sebenarnya keinginan konsumen. Secara jangka Panjang ini sangat baik karena bisa meningkatkan revenue atau pendapatan tanpa mengeluarkan biaya yang besar dengan pengelolaan konsep list building. Dengan merawat konsumen lama agar tetap loyal dan mencari konsumen baru dengan promosi baru.
- Pembiayaan dan pengawasan lebih mudah
Keunggulan digital marketing salah satunya mudah diawasi dan lebih murah dalam biaya iklan. Dengan digital marketing proses pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis bisa diawasi karena menggunakan kecanggihan teknologi saat ini. Pebisnis bisa memantau kondisi secara real time dan bisa lebih murah karena memang pengevaluasian prosesnya bisa dilacak dari sisi mana yang banyak pemborosan. Pebisnis bisa mengetahui jumlah tayangan dan berapa banyak orang yang melihat iklan. Semisal para pebisnis lebih memilih iklan disiang hari atau malam hari karena berdasarkan data yang dikumpulkan ternyata banyak kunjungan yang dilakukan pada siang dan malam hari. Dengan alasan siang hari banyak para pekerja yang break yang memanfaatkan waktu luangnya untuk sekedar mengecek sosial media, dan pada malam hari orang mulai rehat dan banyak waktu longgar. Dengan berbagai fitur sperti adanya komentar juga menjadi salah satu kebutuhan bagi pebisnis untuk menjadi bahan evaluasi. Pengguna smartphone yang meningkat dan kesadaran masyarakat tentang internet semakin tumbuh menjadi kesempatan emas bagi para pelaku bisnis.
- Konsumen lebih tertarget dan spesifik
Dengan keunggulan berikut target konsumen akan lebih mudah dicapai. Dengan memanfaatkan ide konten tertentu maka produk anda akan muncul dipencarian. Dan bisa jadi mulai dari situ akan mendapatkan konsumen yang loyal. Para pebisnis bisa mengelompokan usia hingga hobi para calon konsumennya. Melalui iklan di media sosial pebisnis bisa mengatur target konsumen sesuai jenis produk yang diinginkan. Semisal, produk tas wanita import. Maka para pebisnis bisa menarget para kaum perempuan yang usianya muali dari 17 tahun hingga 50 tahun yang hobi belanja, travelling ataupun kondisi lain disesuaikan dengan produk pebisnis.
- Platform yang banyak dan mudah
Digital marketing tidak hanya sebatas membuat konten di sosial media ataupun membuat website. Masih ada platform e-commerce ataupun platform lainnya yang bisa dimanfaatkan. Digital marketing menjadi akses bagi para produsen, distributor, hingga konsumen. E-commerce memberikan fasilitas yang sangat memudahkan bagi para expert ataupun newbie yang baru terjun berbisnis. Banyak platform gratis dengan sederet keunggulan yang memanjakan para pebisnis. Seakan dalam perumpamaan sudah disediakan kolam ikan yang sudah ada isinya tinggal menabur jala jika ingin dapat banyak dan gunakan pancing jika ingin mengecek. E-commerce dan platform lainnya sangat membantu sekali bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran secara murah dan sistem aman yang menjamin konsumen, sehingga konsumen juga bahagia.
Pada prinsipnya Digital marketing menjadi akses penting bagi para pebisnis untuk mempercepat perusahaan dalam bertumbuh dan memberikan kesempatan bagi semua pebisnis untuk berlomba – lomba dalam berinovasi. Dengan keilmuan dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam mengelola digital marketing tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri di saat sekarang dan masa depan sebagai investasi. Oleh sebab itu, Agar bisnis terus berkembang para pebisnis harus mengakrabkan diri dengan perubahan dan selalu menginvestasikan anggaran untuk investasi masa depan. Dengan begitu perusahaan tidak akan mengalami perlambatan dalam bertumbuh bahkan dampak buruk bisa saja mengalami kemunduran karena mulai ditinggalkan konsumen sebab tidak mau beradaptasi. Selain itu dengan digital marketing sebenarnya akan menambah citra perusahaan meningkat. Menumbuhkan kepercayaan yang bisa jadi menghasilkan kesepakatan – kesepakatan besar dengan bisnis lain. Jadi baik perusahaan besar ataupun perusahaan kecil sangat dianjurkan untuk melakukan reformasi digital marketing. Dengan digital marketing berpotensi untuk meningkatkan revenue atau pendapatan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Namun bukan berarti pemasaran secara konvensional tidak dibutuhkan. Pemasaran secara konvensional masih dibutuhkan namun akan lebih baik jika dikombinasikan antara digital marketing dan pemasaran konvensional dengan catatan harus disesuaikan dengan kategori bisnisnya. Jika memang produknya adalah produk kebutuhan sehari – hari semisal beras, maka konten digital marketing berperan pada promosi dan pemasaran konvensional sebagai sales.
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Sumber :
Mengapa Digital Marketing Diperlukan Untuk Meningkatkan Omset (grapadikonsultan.com)