Komunikasi Pemasaran

LANGKAH JITU MENYUSUN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMULAI BISNIS

 

Berbisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Berbisnis seakan-akan perlombaan yang akan dimenangkan oleh siapa saja yang mempunyai strategi jitu dan pintar dalam melihat peluang. Apalagi di kondisi pandemi seperti ini, bisnis seperti pedang bermata dua, di sisi lain berpeluang besar namun sisi lainnya juga memperlihatkan akan banyaknya persaingan. Maka apa yang harus kita persiapkan? Apakah mempelajari komunikasi pemasaran itu penting? Simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

Komunikasi Pemasaran

Sumber. blog.eyeson.com

Komunikasi Pemasaran

Pada dunia yang serba digitalisasi ini, metode komunikasi secara ajaib mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan dilengkapi fitur-fitur canggih, sehingga dapat memudahkan seseorang dalam berkomunikasi. Dimulai dari telepon, email, SMS, friendster, lalu berkembang menjadi instagram, facebook, telegram, twitter dan sebagainya. Semakin berkembangnnya zaman, metode komunikasi akan semakin berkembang pula, begitupun dengan metode pemasaran yang berhubungan erat dengan metode komunikasi ini.

Akademisi dan praktisi mendefinisikan bahwa komunikasi pemasaran merupakan semua elemen – elemen promosi dari marketing mix yang melibatkan komunikasi antar lembaga dan target konsumen pada segala bentuknya yang ditujukan untuk kinerja pemasaran (Prisgunanto, 2006).

 

Langkah jitu dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran

  1. Menentukan tujuan utama

Hal pertama yang dilakukan dalam melakukan komunikasi pemasaran adalah dengan menentukan tujuan yang akan ditonjolkan agar lebih fokus dan efisien. Tujuan utama nantinya harus difokuskan agar target konsumen dapat menangkap dengan jelas pesan yang disampaikan sehingga tujuan tercapai.

Contoh dari tujuan utama adalah branding produk yang benar-benar baru dan unik, maka tahapan awal yang harus dilakukan adalah branding tentang nama produk yang unik dan catchy pelafalannya mengikuti trend saat ini, kedua dengan menghighlight apa produk tersebut dan kegunaannya, dan ketiga menjelaskan perbedaan yang lebih unggul daripada kompetitor.

  1. Mendefinisikan audience atau target konsumen

Dalam komunikasi pemasaran, maka target konsumen harus jelas dan terarah, jangan sampai membuat produk dengan target konsumen yang belum jelas, sehingga dapat menggagalkan marketing campaign yang digaungkan. Target utama ditentukan dahulu, kemudian target berikutnya dengan tujuan untuk memperluas cakupan bisnis. Menentukan prioritas target akan menyesuaikan budget dan komunikasi akan tersampaikan dengan tepat. Target market yang tepat haruslah mudah diakses, mendatangkan keuntungan, dan reseptif. Untuk menentukan target dapat dilakukan dengan cara analisis data atau analisis riwayat konsumen dari kompetitor produk.

Apa yang harus diketahui dari target audience?

  • Analisis pain points atau bisa disebut permasalahan yang dialami oleh calon pelanggan. Ketika telah berhasil menganalisis pain points dari konsumen, maka kita dapat menyusun kampanye yang baik sebagai solusinya, sehingga dapat dengan mudah mengidentifikasi demografik yang ideal untuk produk kita. Maka dari itu perlu mendefinisikan apa itu USP (Unique selling proposition) dari produk kita sehingga dapat menawarkan solusi yang spesifik dengan pain points target audience.
  • Menganalisis target audience kompetitor kita, yaitu dapat mengikuti demografis yang sama dengan kompetitor atau mencari relung audience baru dengan beberapa inovasi pada produk.
  1. Menganalisis consumer insight dari target konsumen

Keunggulan yang dibangun diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen terhadap produk dari analisis consumer insight. Harapan konsumen merupakan poin penting dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran ini. Semakin tinggi sebuah produk dapat menjadi harapan besar konsumen untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, semakin tinggi pula penjualan karena komunikasi yang diinginkan tersampaikan.

Contohnya adalah dalam produk pemutih atau pencerah kulit. Kebutuhan konsumen adalah ingin produk yang dapat memutikan atau mencerahkan kulit. Kenginan konsumen adalah produk yang dalam waktu singkat dan tanpa proses yang rumit dapat memutihkan kulit, mudah dijangkau, bahan tidak berbahaya, dan tentunya harga sesuai kantong. Maka dari itu, insight terdalam konsumen adalah ingin tampil percaya diri dengan kulit yang cerah dan menawan. Setelah mngetahui insight konsumen, maka kita dapat menyusun strategi dengan menyediakan kebutuhan serta dapat memenuhi harapan terdalam konsumen.

  1. Melakukan analisis kompetitor

Analisa kompetitor dilakukan untuk mengetahui apa saja komunikasi pemasaran yang dilakukan kompetitor dan bagaimana dampaknya pada konsumen mereka. Dari sini kita dapat memilih  apakah akan mengadopsi langkah komunikasi pemasaran mereka dengan syarat jika setelah analisis berdampak baik terhadap target konsumen produk kita, atau dengan menambah inovasi khusus dalam tahapan melakukan komunikasi pemasaran.

  1. Menjelaskan keunggulan utama produk yang outstanding dengan kreatif

Sebuah produk akan menarik minat konsumen jika memiliki keunggulan atau manfaat yang berbeda dari yang lain, sekaligus dapat mengatasi solusi para konsumen. Maka dari itu diperlukan teknik komunikasi pemasaran yang tepat, yaitu bagaimana kita dapat menyampaikan pesan yang menarik dan disesuaikan dengan manfaat produk kita. Dalam mendefinisikan pesan keunggulan produk, maka pesan harus disusun dengan sederhana, singkat, mudah diingat, namun tetap memiliki semua deskripsi tentang keunggulan produk.

  1. Mencari tau channel mana yang selalu digunakan target audience

Tipe platform iklan seperti apa yang sering direspon oleh target audience kita? Dimanapun audience kita menghabiskan waktunya lebih banyak pada channel tertentu, disitulah kita wajib melakukan komunikasi pemasaran disana. Contohnya untuk generasi millenial saat ini banyak menghabiskan waktunya untuk mendapat informasi produk melalui sosial media terkini seperti Instagram dan Tik Tok, maka kita wajib melakukan komunikasi pemasaran di platform tersebut.

  1. Menenukan ide kreatif untuk merangkai pesan dalam kalimat menarik yang selalu dipakai target konsumen

Dalam menyusun pesan komunikasi pemasaran, pesan tersebut harus dapat menginterpretasikan solusi, consumer insight, manfaat dan keunikan produk untuk menarik minat target konsumen. Dalam merangkai kata-kata yang kreatif tersebut, kita harus bisa mengetahui bagaimana respon target konsumen nantinya.

  1. Menentukan budget

Dalam menyusun strategi komunikasi, bijak dalam menggunakan budget adalah hal yang penting dan utama. Ada 2 cara dalam menyusun strategi, yang pertama strategi menyesuaikan budget baru melakukan analisis, dan yang kedua adalah menganalisis strategi komunikasi terlebih dahulu dan budget mengikuti apa yang kita susun.

  1. Eksekusi strategi

Langkah penting selanjutnya adalah eksekusi strategi komunikasi sesuai yang telah direncanakan dengan baik dengan memilih channel pemasaran yang sesuai serta untuk memperluas konsumen sebaiknya menambah channel pemasaran yang sedang hits saat ini, seperti Tik Tok,  Instagram, Shopee, dan sebagainya.

  1. Menggunakan alat komunikasi pemasaran dengan efisien
  • Website analytic tools, hal ini dilakukan untuk menganalisis dan memahami traffic user pada website kita. Contohnya adalah Google Analytics yang melacak hal-hal seperti mobile traffic, rating, demografis, dan page values.
  • Social media schedulers, sangat penting untuk menjadwal postingan konten secara rutin untuk mempertahankan loyalitas konsumen atau dapat menggaet calon konsumen baru. Pengguna platform penjadwal media sosial dapat menerapkan dan menganalisis kampanye pemasaran di semua profil akun bisnis media sosial tanpa harus masuk ke setiap jejaring sosial secara terpisah. Contoh platform penjadwal ini adalah Hootsuite, Tweetdeck, dan Buffer.
  1. Monitoring kegiatan komunikasi pemasaran

Setelah eksekusi strategi, maka tidak lupa untuk melakukan monitoring secara berkala, apakah apakah perlu mengubah isi pesan deskripsi keunggulan produk, apakah harus menambah channel promosi, dan sebagainya.

 

Contoh Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran :

Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Produk  Cemilan Kerupuk Singkong Samiler “Samijali” Di Ukm Eks Lokalisasi Dolly

Budaya merupakan istilah yang melekat pada masyarakat Indonesia sebagai keunikan dan ciri khas sekelompok masyarakat dalam suatu daerah. Sama halnya dengan budaya, makanan khas daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat, salah satu contohnya adalah cemilan. Produk cemilan hasil dari UKM Eks Lokalisasi Dolly yang telah berubah menjadi market leader dalam usaha menjadi daya tarik tersendiri untuk mengetahui strategi komunikasi dalam memasarkan produk Cemilan Kerupuk  Singkong  Samiler ”Samijali”.

Teori SMCR (Source, Message, Channel and Receiver)

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan (Message) dari sumber/bahan (Source) kepada penerima pesan (Receiver) dan biasanya dilakukan melalui media (Channel) tertentu. Model Komunikasi SMCR Berlo terdiri dari 4 komponen dasar, yaitu :

  • S = Source artinya sumber (bahan), orang atau bahan yang  mengandung pesan.
  • M = Message artinya pesan, yaitu semua informasi yang akan disampaikan oleh sumber kepada
  • C = Channel artinya saluran, saluran yang dimaksud adalah semua indra (mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah) yang dapat digunakan oleh penerima di dalam menerima pesan dari Channel juga berarti sebagai saluran atau media.
  • R = Receiver artinya penerima, penerima adalah orang yang menerima pesan dari sumber.

Model S-M-C-R

(Sumber. kerwinoctavo.wordpress.com)

Strategi komunikasi pemasaran ukm dalam memasarkan produk cemilan kerupuk singkong samiler menggunakan konsep Kotler yaitu Bauran Pemasaran (4P Marketing Mix) dan Bauran Promosi (Promotional Mix).

UKM Eks Lokalisasi Dolly merupakan sumber (source) yang menyampaikan bahwa UKM ini adalah salah satu toko yang menjual oleh-oleh khas Surabaya dengan produk yang berkualitas tinggi dengan menggunakan strategi (channel) yang berbeda dan unik, yaitu dengan menampilkan kemasan yang unik dan menarik untuk dilihat calon konsumen (memanfaatkan panca indra calon konsumen) yang didukung dengan personal selling yang ramah, sabar, dan bersahabat dalam menjelaskan produk. Selain itu, seller juga menyediakan tester yang memiliki cita rasa nikmat. Pesan ini dapat tersampaikan kepada calon konsumen (message).

Untuk penerima (receiver) pesan adalah calon konsumen yang diharapkan dapat menjadi konsumen bahkan pelanggan tetap dari UKM.  Dengan strategi yang telah disebutkan, UKM ini membuktikan bahwa pesan yang disampaikan dalam memasarkan produk cemilan kerupuk singkong samiler telah sampai ke penerima (receiver) dengan baik dan sesuai harapan dari UKM Eks Lokalisasi Dolly itu sendiri, karena tidak menggunakan channel media sosial atau iklan yang berlebihan. Jadi dapat disimpulkan, jika memiliki strategi komunikasi yang tepat sesuai target konsumen, maka bisnis dapat berjalan sukses tanpa harus mengeluarkan banyak budget untuk menggemborkan produk melalui iklan.

Dalam implementasinya, UKM menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix 4P) (product, price, place, promotion) dan bauran promosi (Promotional Mix)  (advertising, personal selling, sales promotion, publicity, direct marketing) pada strategi komunikasi pemasaran. Definisi dari promotional mix adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel- variabel periklanan, personal selling dan alat promosi lainnya, yang disusun dan direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan yang sesuai target. Hasilnya menunjukkan kesesuaian antara teori yang dikemukakan dengan hasil yang diperoleh.

 

Referensi

Admin. 2018. 4 Key Steps Toward Successful Marketing Communication In 2018. Dapat diakses dari https://united-mail.com/blog/2018/marketing-communication-2018/

Octa,A. 2018. 8 Langkah Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran yang Powerful. Dapat diakses melalui https://distribusipemasaran.com/8-langkah-menyusun-strategi-komunikasi-pemasaran-yang-powerful/

Prisgunanto, Ilham.2006. Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik . Bogor: Ghalia Indonesia Purnama

Resmawa, I. N. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Memasarkan Produk Cemilan Kerupuk Singkong Samiler “Samijali” Di Ukm Eks Lokalisasi Dolly. Jurnal Ikraith-Humaniora, 1(2) : 68-75.

 

 

 

 

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Avatar photo
yolandaelsa

Hallo pembaca setia !! perkenalkan saya adalah mahasiswi tingkat akhir di Universitas Padjadjaran yang gemar mencari pengalaman baru, unik, dan menarik, sehingga bisa menginspirasi para pembaca. Salam hangat..

Artikel: 3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *