Pengaruh Penggunaan Youtube dan Instagram terhadap Pola kehidupan Masyarakat

Media komunikasi online merupakan media yang sengaja diciptakan dengan tujuan mempermudah penggunanya untuk menjangkau informasi yang lebih luas dan lebih mudah. Perkembangan media sosial menjadikan interaksi antar manusia yang terjadi secara virtual. Media sosial menjadikan manusia untuk dapat memperkenalkan profil mereka di internet kepada masyarakat luas. Media sosial dengan pengembangan yang semakin baik dan memudahkan pekerjaan manusia menjadikan daya tarik untuk sosial media tersebut, khususnya kaum milenial.

Perkembangan era digital membuka peluang bagi masyarakat yang memiliki jiwa kreatif untuk membagikan konten positif, seperti penyebaran budaya, edukasi, seni dan juga untuk keperluan bisnis seperti transaksi, pemasaran dan iklan. Adanya globalisasi mengakibatkan terjadinya cultural flows, yang merujuk pada pemindahan objek, kemampuan, kepercayaan dan praktek melalui media dan teknologi komunikasi sebagai bentuk pemerataan budaya dan format media yang ada di dunia. Banyak dan bermacam informasi yang disebarkan melalui internet menyebabkan banyak pula data yang tersimpan di media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan oleh masyarakat. Masyarakat pengguna Instagram berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Instagram dianggap sebagai aplikasi yang sederhana karena hanya menampilkan gambar-gambar dan video dalam durasi tertentu dengan diberikan ruang untuk menulis dan berkomentar bagi orang yang menjadi pengelola maupun followers. Pada saat ini Instagram tidak hanya sebagai sarana informasi dan komunikasi, tetapi juga digunakan sebagai media promosi. Salah satu pemasaran yang kerap terjadi di Instagram adalah penjualan, periklanan, branding, dan pelayanan jasa.

Banyaknya masyarakat yang menggunakan Instagram menjadikan banyak pelaku bisnis yang melakukan promosi di Instagram. Peminat Instagram menginspirasi pelaku bisnis untuk melebarkan usahanya melalui media sosial. Kini pengguna sosial media tidak hanya menjadi pengguna atau user tetapi bisa juga menjadi pengunggah atau publisher. Instagram juga dapat dikatakan sebagai platform yang sangat efektif untuk berkomunikasi. Fitur Instagram berupa komentar dapat dijadikan sebagai kotak saran. Komentar bisa berisi tentang saran, kritik, ataupun complain dari konsumen. Kegiatan pemasaran melalui sosial media berbasis online yang nantinya juga bisa menjadi pemasaran offline yaitu pemasaran melalui mulut ke mulut. Kombinasi antara pemasaran online dan pemasaran offline akan lebih mudah diterima oleh konsumen. Banyaknya penjualan yang dilakukan melalui Instagram dapat memengaruhi dampak dari penggunaan media sosial, khususnya pelaku bisnis. Instagram dapat enjadi salah satu cara yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan.

Youtube merupakan salah satu wujud dari media sosial yang masuk kedalam kategori Media Baru. Media baru memiliki arti sebagai bagian dari teori komunikasi massa, dimana komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa dalam penyampaian informasi kepada masyarakat banyak. Berdasarkan macam teori komunikasi massa, media baru masuk sebagai salah satu kategori yakni media yang mempunyai ciri khas yang menonjol dalam penggunaan membiasakan massa historis apapun, mengikat waktu, dan mengikat ruang. Media tersebut muncul sebagai sebuah pikiran manusia yang diciptakan untuk memaksakan manusia dikuasai oleh media. Teori ini juga berkaitan dengan teori kritis, dimana media dijadikan alat untuk kepentingan hiburan, politik, informasi, Entertaiment. Jadi teori new media baru muncul kemudian setelah teori komunikasi massa berkembang.

Youtube sebagai salah satu media sosial yang dalam perkembangannya telah memberikan dampak bagi penggunanya. Kemudahan dalam melakukan komunikasi antara satu individu dengan individu lain tanpa dipengaruhi oleh jarak maupun waktu. Kualitas dan kecepatannya dalam menyampaikan informasi merupakan sebuah popularitas. Youtube dapat mencitakan sebuah hubungan komunikasi yang sangat dekat antara pengguna satu pengguna lainnya. Pada akhirnya akan tercipta sebuah situasi adaptasi antar budaya pada masyarakat atau komunitas pengguna yang pada akhirnya dapat menciptakan sebuah transisi satu budaya menjadi budaya yang baru. Youtube merupakan salah satu kategori dari media sosial yang banyak digunakan. Sebagian penggunanya merupakan seseorang yang memiliki sifat extrovert. Youtube bagi seseorang yang memiliki sifat extrovert digunakan sebagai media komunikasi untuk meningkatkan frekuensi eksistensi dan sebagai hiburan bagi para pengguna lainnya. Seseorang yang memiliki sifat extrovert memiliki sifat keterbukaan sehingga ingin selalu mendominasi di dalam kehidupan sosial.

Youtube sebagai bagian dari media sosial semakin memahami segala kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial dalam pengembangan fitur-fiturnya. Pengguna Youtube mendapat tantangan untuk memberikan berbagai konten video yang nantinya akan bermanfaat bagi orang lain. Pengguna Youtube juga terkadang membagikan kegiatan sehari–harinya untuk dijadikan konsumsi publik Youtube sebagai salah satu media sosial yang dirancang sedemikian rupa untuk menjadi sosial media yang berfokus pada konten video. Youtube juga memberikan kolom komentar yang dapat diisi oleh penonton, baik berupa kritik maupun saran yang membangun. Para pengguna Youtube yang memiliki chanel akan berlomba – lomba untuk memberikan video bermanfaat untuk orang lain.

Pada lain hal terdapat pula anggapan bahwa Youtube merupakan sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan aspirasi pribadinya. Banyak dari selebriti tanah air yang telah memiliki channel Youtube yang berisikan konten – konten laporan kegiatan keseharian dan perjalanan diri mereka dengan sekaligus menunjukan situasi gaya hidup kaum milenial yang menjunjung tinggi kehidupan bebas yang glamour. Tanpa mengkhawatirkan teguran dari orang tua mereka, bentuk-bentuk video ini terus menerus diproduksi dan dipertontonkan kepada seluruh masyarakat virtual di dunia.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Avatar photo
sahidatunfhm

Sahidatun Fahima, dipanggil Hilda. Mahasiswa Agroteknologi yang memiliki hobi bersepeda, membaca, dan menulis. Mau belajar dan menerima kritik serta saran.

Artikel: 9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *