manfaat digital marketing

Pentingnya Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pelaku UKM

Persaingan di dunia bisnis sangat keras. Kalau tidak mampu bersaing dengan baik, bisnis yang dimiliki bakal tidak akan berumur panjang. Oleh karenanya, Anda perlu menyesuaikan strategi bisnis dengan perkembangan teknologi saat ini. Salah satunya adalah pemanfaatan teknik digital marketing dalam upaya pemasaran produk barang dan jasa.

Teknik digital marketing merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Dalam praktiknya, digital marketing menjadi strategi penting yang dilakukan oleh perusahaan besar. Di waktu bersamaan, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) juga perlu menerapkan strategi ini. Kalau diterapkan dengan benar, pemasaran digital dapat membantu Anda mengembangkan bisnis jadi lebih besar.

Manfaat Digital Marketing untuk UKM

Berbeda dengan cara pemasaran konvensional, digital marketing merupakan strategi yang memerlukan biaya relatif kecil. Tak menutup kemungkinan kalau Anda bisa pula mempraktikkan strategi ini dengan gratis. Meski begitu, manfaat dari penerapannya tidak dapat dianggap sepele. Terdapat 5 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan kalau menggunakan teknik digital marketing, yaitu:

1. Jangkauan wilayah pemasaran yang luas

Manfaat pertama digital marketing adalah kemampuannya dalam menjangkau wilayah yang lebih luas. Kalau menggunakan teknik pemasaran konvensional, Anda hanya mampu memasarkan produk secara terbatas. Kalau ingin meningkatkan jangkauannya, biaya yang perlu dikeluarkan akan bertambah.

Namun, hal tersebut tidak perlu Anda lakukan kalau menggunakan teknik pemasaran digital. Melalui teknik ini, Anda dapat menjangkau wilayah tanpa batas. Anda dapat memilih untuk memasarkan produk di seluruh wilayah Indonesia dan bahkan luar negeri. Semua itu dapat Anda lakukan dengan biaya sekecil-kecilnya.

2. Proses evaluasi yang mudah

Ketika menggunakan metode pemasaran digital, Anda juga bisa memperoleh manfaat berupa upaya evaluasi yang mudah. Terdapat berbagai tool di internet yang dapat membantu Anda melacak kinerja aktivitas pemasaran yang tengah dijalankan. Dengan keberadaan tool tersebut, Anda dapat melihat seberapa persen konversi yang didapatkan.

Dengan adanya data yang cukup lengkap berkaitan dengan aktivitas pemasaran digital, Anda dapat melakukan evaluasi dengan mudah. Proses evaluasi ini sangat penting. Anda dapat memanfaatkan data-data yang telah didapatkan sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja pemasaran digital di masa mendatang.

3. Dapat dilakukan oleh siapa saja

Anda mungkin menganggap kalau digital marketing merupakan praktik pemasaran yang rumit. Untuk melaksanakannya pun diperlukan keahlian khusus. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda perlu tahu bahwa ada banyak jenis digital marketing yang dapat Anda jalankan.

Beberapa teknik pemasaran digital memang perlu keahlian khusus. Contohnya adalah penerapan SEO, pemasangan iklan di media sosial atau mesin pencari, copywriting, atau penggunaan tool marketing tertentu. Meski begitu, ada pula metode yang dapat Anda jalankan dengan mudah, di antaranya adalah pemanfaatan WhatsApp, pembuatan website, Google Bisnisku, penggunaan media sosial, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi aspek penting yang harus diperhatikan agar UKM dapat bersaing di tengah persaingan yang ketat. Pemanfaatan teknologi digital dapat membantu Anda dalam meningkatkan kepuasan para pelanggan. Keberadaan internet dapat menjadi jalur komunikasi dua arah dengan konsumen. Selanjutnya, Anda pun dapat menjalin hubungan yang positif sehingga mereka memperoleh kesan yang bagus.

5. Membangun brand

Keuntungan terakhir yang tidak kalah pentingnya dari pemanfaatan digital marketing oleh pelaku UKM adalah kesempatan membangun brand. Digital marketing dapat mendekatkan Anda kepada para pelanggan. Anda pun punya peluang untuk mengenalkan brand yang dimiliki secara bebas.

Kalau brand sudah mempunyai reputasi yang bagus di mata pelanggan, produk Anda pun bisa bersaing dengan perusahaan besar sekalipun. Di waktu bersamaan, kesempatan membangun brand UKM juga memberi peluang untuk bisa mendapatkan proyek pengadaan barang dan jasa lembaga pemerintah.

Nah, itulah manfaat mengenai pentingnya upaya melakukan pemasaran melalui dunia digital. Dengan pemanfaatan yang tepat, teknik pemasaran ini bisa mendorong kemajuan pelaku UKM di Indonesia.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Avatar photo
Baihaki

Penulis yang punya keinginan untuk terus belajar banyak hal.

Artikel: 4

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *