Partisipasi Perempuan Dalam Ekonomi Menjadi Inspirasi Perekonomian Global

Berdasarkan jenis kelamin, jumlah populasi dunia didominasi oleh Perempuan. Oleh sebab itu tidak heran jika peran penting perempuan menjadi gambaran dalam pembangunan dunia di bidangnya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, teknologi bahkan ekonomi.

Berdasarkan jenis kelamin, jumlah populasi dunia didominasi oleh Perempuan. Oleh sebab itu tidak heran jika peran penting perempuan menjadi gambaran dalam pembangunan dunia di bidangnya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, teknologi bahkan ekonomi.

Sri Mulyani Bandingkan Tingkat Utang RI dengan Malaysia, Besar Mana?
Sumber gambar: finance.detik.com

Dilansir dari media Kemenkeu memaparkan bahwa Di tahun 2020, Indonesia berada di peringkat 85 dalam Indeks Global Gender Gap, meningkat 28 peringkat dibanding tahun sebelumnya. Ini mengindikasikan tren positif dari partisipasi perempuan dalam ekonomi, kesehatan, dan tingkat pendidikan. Namun dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masih banyak aspek yang perlu ditingkatkan bagi partisipasi perempuan, baik dari sisi sosial maupun ekonomi.

Selama pandemi ini partisipasi perempuan Indonesia di pasar keuangan meningkat. Perempuan memberikan kontribusi besar pada APBN melalui pembelian Surat Berharga Negara (SBN) ORI yang terus meningkat. Data menunjukkan pada ORI17, 55,87% dari total investor adalah perempuan, sedangkan pada ORI18 meningkat menjadi 57,82%, ujar Menkeu”

Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya untuk makin meningkatkan peran perempuan agar tidak hanya ekonomi serta produktivitas negara membaik, tetapi juga kualitas hidup keluarga serta anak-anak Indonesia akan ikut meningkat.

Tak hanya itu, berdasarkan pergerakan dan partisipasi ekonomi di bidang wirausaha juga di perlihatkan dengan inovasi dan secara masif sedang berlangsung untuk berkontribusi pada perekonomian negeri. Selanjutnya disebut dengan Gerakan global gotong royong berbasis empat pilar, yakni rantai wirausaha, pasar wirausaha, kualitas wirausaha, dan merk wirausaha atau yang dikenal dengan G2R Tetrapreneur dinilai sebagai model kewirausahaan yang dapat mengangkat potensi desa.

Sumber gambar : Kagama.co

Seperti dikutip dari Humas UGM menyebutkan bahwa Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X , dirilisnya produk unggulan G2R Tetrapreneur ini menandai hadirnya suatu kegiatan yang mengangkat kearifan lokal dan ekonomi bawah. Selain itu, diangkatnya nilai gotong royong dalam model G2R Tetrapreneur akan meningkatkan semangat kolaboratif masing-masing aktor baik individu maupun organisasi dalam mewujudkan kepentingan yang lebih besar.

Oleh karena itu, Sultan mengapresiasi  program model kewirausahaan G2R Tetrapreneur. Model ini berakar dari semangat kolektif masyarakat Indonesia yang mengangkat budaya gotong royong sebagai base line-nya.

Expose dan Launching produk unggulan G2R Tetrapreneur merupakan kegiatan yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY bekerjasama dengan UGM. Adapun produk G2R Tetrapreneur yang di-launching memiliki berbagai variasi bentuk kemasan dengan tujuan menyasar berbagai lapisan masyarakat dan karakter pasar. Setiap produknya dikonsep mempunyai empat jenis kemasan yaitu kemasan ritel, reguler, souvenir, dan premium.

Model G2R Tetrapreneur merupakan salah satu program unggulan Pemda DIY bekerja sama dengan UGM yang mengangkat karya inovasi keilmuan akademisi Indonesia Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D, sebagai konseptor dan Tenaga Ahli G2R Tetrapreneur.

Cerita Adi Utarini Ilmuwan UGM Kebanggaan Jokowi Jadi Penyintas Corona
Sumber gambar: news.detik.com

Kesempatan lainnya didapatkan informasi bahwa Peneliti Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., M.P.H., Ph.D., masuk dalam daftar Ten People Who Helped Shape Science in 2020 menurut salah satu jurnal ilmiah bergengsi, Nature.

Adi Utarini, atau yang biasa dipanggil Uut, masuk dalam daftar ini berkat perannya dalam memimpin penelitian pionir dalam upaya untuk mengatasi penyakit demam berdarah.

Pencapaiannya pun banyak  pujian dari sejumlah pihak, termasuk di antaranya dari Nadiem Makarim serta Presiden RI Joko Widodo yang menyebut Uut dalam sebuah unggahan di media sosial.

Seperti dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim menjelaskan bahwa Ini merupakan kebanggan yang luar biasa bahwa Indonesia dan dosennya bisa disebut dalam 10 ilmuwan yang paling akan berdampak pada dunia. Jarang sekali kita mendapat rekognisi yang setinggi itu, ujar Nadiem.

Dan juga dilihat dari bidang lainnya seperti bisnis dan keuangan Islam. Berdasarkan The WOMANi Report 2020 dengan 300 Wanita Paling Berpengaruh dalam Bisnis dan Keuangan Islam. Dan perempuan Indonesia termasuk kategori tersebut diantaranya:

  1. Dr. Dian Masyita
  2. Fitri Hartati
  3. Ratih Rachmawaty
  4. Dr. Murniati Mukhlisin
  5. Dr. Rahmatina Awaliah Kasri
  6. Nurhastuty Kesumo Wardhani
  7. Dr. Khairunnisa Musari
  8. Mutia Sari Syamsul
  9. Ni Putu Desinthya Ayu Azhari
5 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Ala Ibu Rumah Tangga - TemanBisnis - Pencatatan Keuangan untuk Bisnis
Sumber gambar: temanbisnisapp.com

Kasus lainnya di dalam keluarga yakni Ibu Rumah Tangga yang menjadi pionir pengelola keuangan yang handal dan akurat. Hal ini dapat dikatakan sebagai Kekuatan pembangunan ekonomi akan optimal apabila penduduk dapat berpartisipasi penuh dalam membangun suatu daerah melalui kemampuan setiap masyarakat termasuk kaum perempuan yang dapat berperan serta dalam menentukan arah pembangunan dalam masyarakat, karena setiap orang termasuk perempuan mampu mengembangkan potensi dirinya.

Hakekat pembangunan nasional adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat yang mencerminkan kualitas hidup dari suatu keluarga, dimana keluarga yang memiliki kualitas hidup yang lebih baik umumnya memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih baik juga (Rosni, 2017).

Anggota keluarga adalah bagian terpenting dalam rumah tangga karena merupakan sumber daya manusia seperti ibu rumah tangga, namun karena faktor seperti ekonomi keluarga, motivasi untuk mengisi waktu luang sampai keinginan untuk mewujudkan potensi dirinya, sekarang ibu rumah tangga banyak masuk ke dalam sektor formal dan informal. Kontribusi pendapatan wanita merupakan sumbangan yang diberikan kepada rumah tangga (Farida, 2011).

Ibu rumah tangga memberi sumbangan besar terhadap pendapatan rumah tangga. Ibu rumah tangga mempunyai kegiatan untuk mengembangkan diri yaitu melalui aktivitasaktivitas domestik, aktivitas ekonomi produktif dan aktivitas sosial dalam rumah tangga.

Dan mempunyai peran ganda, bukan hanya mengurus aktivitas domestik tetapi juga ikut serta dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Hal tersebut terjadi karena tekanan ekonomi dalam rumah tangga yang semakin besar dan rendahnya pendapatan suami.

Partisipasi wanita saat ini bukan sekedar menuntut persamaan hak, tetapi juga menyatakan arti bagi pembangunan dalam masyarakat di Indonesia. Secara umum alasan ibu rumah tangga bekerja adalah untuk membantu ekonomi keluarga.

Keadaan perekonomian yang semakin tidak menentu, kesempatan kerja semakin terbatas karena persaingan yang semakin ketat, harga-harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat, pendapatan keluarga yang cenderung tidak meningkat akan berakibat pada terganggunya stabilitas perekonomian keluarga.

Pendapatan wanita atau Ibu rumah tangga menurut Wawansyah et al. (2012) mempunyai pengaruh cukup besar terhadap pendapatan rumah tangga.ikut berpartisipasi di sektor publik dengan ikut serta menolong perekonomian keluarga. Sebagai tenaga kerja wanita dalam keluarga, umumnya ibu rumah tangga cenderung memilih bekerja di sektor informal.

Secara umum wanita mempunyai peran baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai pencari nafkah, dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang tercermin dalam curahan waktu kerja wanita.

Menurut Wawansyah et al, (2012) curahan waktu kerja wanita secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu: curahan waktu kerja untuk kegiatan ekonomi (mencari nafkah) dan kegiatan non ekonomi yaitu kegiatan dasar, kegiatan sosial, dan kegiatan rumah tangga.

Beberapa informasi diatas merupakan salah satu gambaran peran dan partisipasi perempuan dalam ekonomi. Sehingga hal ini menjadi acuan untuk memberikan semangat dan inspirasi terhadap generasi muda untuk konsisten dan disiplin terhadap bidang yang diminati. Dan hasilnya untuk kebermanfaatan orang banyak bahkan cakupan luas seluruh negeri.

Sumber:

(Gloria. 2020) https://ugm.ac.id/id/berita/20534-peneliti-ugm-masuk-daftar-10-ilmuwan-berpengaruh-2020

(Humas Kemenkeu RI. 2021) https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/tren-partisipasi-perempuan-dalam-ekonomi-meningkat/ 

(Ika.2018) https://ugm.ac.id/id/berita/17459-g2r-tetrapreneur-angkat-potensi-desa

(Marliana Telaumbanua dan Mutiara Nugraheni. 2018) https://ejournal.kemsos.go.id/index.php/Sosioinforma/article/view/1474/865

The WOMANi Report 2020

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Dicky Wahyudi
Dicky Wahyudi

Mahasiswa Magister ALB Minat Ekonomi Islam. Pengalaman dalam analisis dan penelitian: merancang dan melaksanakan eksperimen dan kegiatan sukarelawan di bidang sosial, pemasaran dan pendidikan.

Artikel: 15

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

76 + = 77