Teknologi Futuristik Canggih: Beberapa Sudah Muncul di 2021

Perkembangan teknologi dari masa ke masa memang senantiasa membuat kita berdecak kagum. Pasalnya, semakin canggih teknologi, semakin efisien pula pekerjaan manusia. Jika anda sering menonton film bergenre fiksi ilmiah, beberapa dari anda mungkin berpikir bahwa segala kecanggihan yang diperlihatkan tersebut tidak akan mungkin terjadi.

Padahal, perlu diketahui bahwa film-film bergenre fiksi ilmiah tentu tidak dibuat hanya berlandaskan pada imajinasi semata. Nyatanya, kebanyakan film tersebut dibuat berdasarkan riset yang mendalam. Contohnya adalah film Instellar yang tayang pada tahun 2014.
Film tersebut disebut-sebut sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa karena mengkolaborasikan fakta dan realita dalam menciptakan alur cerita. Misalnya, seperti teori fisika terkait wormhole dan gravitasi yang tentunya sangat akurat dan sesuai dengan realita yang ada.

Ada pula film Her (2013) yang berisi cerita fiksi ilmiah dan dibalut dengan kisah romantis. Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang jatuh cinta terhadap teknologi cerdas dan diilustrasikan melalui suara perempuan. Sementara itu, teknologi kecerdasan buatan di masa sekarang bukan lagi menjadi hal yang baru. Nyatanya, film Her memang dibuat berdasarkan pada sains spekulatif yang sebelumnya telah mengalami proses riset yang mendalam.
Dari contoh film tersebut, kita bisa tahu bahwa banyak ilmuwan yang telah memprediksikan sejumlah teknologi yang akan berkembang di masa depan.

Bahkan, di tahun 2021 ini, sejumlah teknologi futuristik berhasil diwujudkan dan telah digunakan oleh banyak orang. Beberapa teknologi futuristik tersebut diantaranya sebagai berikut:

Smartphone Dengan Layar Fleksibel

Jika sering menonton drama Korea, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan smartphone layar fleksibel yang sering digunakan oleh para pemerannya. Hal ini karena teknologi futuristik tersebut memang diinisiasi oleh salah satu brand smartphone terkemuka asal Korea Selatan. Teknologi ini disematkan dengan mengusung layar super AMOLED yang membuatnya dapat dilipat atau dibengkokkan.

Jadi, di masa depan nanti, smartphone dengan tampilan yang tipis tidak lagi menjadi sebuah tren. Namun, tren tersebut akan digantikan oleh smartphone dengan layar fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam mengoperasikan atau menyimpan handphone-nya.

Sneakers Pintar 

Kalau teknologi yang satu ini mungkin sudah banyak digunakan oleh beberapa kalangan masyarakat menengah ke atas. Pasalnya, teknologi ini masih tergolong eksklusif dan bernilai prestisius.

Sneakers pintar merupakan salah satu teknologi futuristik yang mampu mendeteksi gerakan yang dilakukan oleh penggunanya dalam bentuk lari, berjalan, mendaki dan lain-lain. Sepatu pintar ini bekerja dengan mengirimkan informasi seperti kecepatan, jarak tempuh, jumlah kalori terbakar dan lain-lain ke smartphone yang telah dikoneksikan.

Hal yang lebih mengagumkan lagi adalah bahwa sepatu ini telah dibekali dengan baterai yang dapat bertahan sampai 60 hari. Sehingga, anda tidak perlu sering men-charger sepatu ini layaknya handphone.

Autonomous Car

Jika Anda menonton drama Korea “Start Up” yang tayang pada akhir tahun 2020, Anda tentu tahu salah satu teknologi canggih yang dikembangkan oleh Seo Dal Mi CS, yakni mobil kemudi otomatis. Kira-kira, seperti itulah konsep dari Autonomous Car yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengemudi mobil karena Autonomous Car memiliki sifat “self-driving” yang memungkinkan mobil untuk tetap berjalan walau tanpa sopir. Sistem kerjanya mengandalkan kamera sensor yang mampu mendeteksi adanya gerakan dan lingkungan yang dilewati oleh Autonomous Car.

Selanjutnya, citra yang berhasil direkam oleh kamera sensor tersebut akan diproses oleh teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk menentukan gerakan, apakah harus berhenti, melaju atau menyalip kendaraan di depannya.

Mobil Terbang

Jika dipikirkan saat ini, mungkin mobil yang bisa terbang adalah suatu hal yang tidak mungkin dan terkesan imajinatif. Seperti film sci-fi pada umumnya, tentu kita menganggap bahwa itu hanyalah khayalan semata. Namun, suatu saat nanti mobil terbang pasti ada karena proyek pembuatannya saat ini memang tengah digencarkan.



Jadi, mobil terbang ini nantinya didesain untuk bisa melaju di udara. Pengemudinya pun memerlukan sertifikasi pilot demi menjamin keselamatan pengoperasian mobil terbang tersebut. Jadi, cepat atau lambat, anda akan melihat mobil yang bisa terbang di angkasa sebagai bentuk perkembangan teknologi masa depan.

Senjata Laser

Beranjak ke dunia militer, rupanya para pakar teknologi juga sedang berusaha untuk membuat senjata laser. Bahkan, teknologi ini sudah melewati fase uji coba ringan untuk menghandcurkan kapak kecil, menembak bagian tengah rudal, hingga pesawat nirawak. Namun, nyatanya senjata ini masih belum bisa diandalkan untuk urusan peperangan. Sehingga, senjata laser masih dalam tahap perkembangan yang serius oleh pakar teknologi dan senjata.

Robot Tentara

Tahukah Anda bahwa Cina dan Amerika Serikat tengah mengembangkan teknologi berupa robot tentara? Bukan hanya ada di dalam serial film Doraemon, robot tentara diprediksi akan benar-benar ada di masa mendatang! Tentunya, hal ini berkaitan dengan artificial intelligence dan internet of things untuk mampu mengendalikan teknologi canggih tersebut. Robot tentara juga diinisiasi sebai upaya meminimalisir kematian prajurit atau tentara yang terlibat perang.

Itu dia penjelasan terkait teknologi futuristik yang beberapa diantaranya sudah ada di tahun 2021. Tidak selayaknya kecanggihan teknologi dianggap sebagai sebuah ancaman bagi manusia. Namun, sebagai masyarakat yang melek literasi teknologi, kita harus mampu mengolah mindset bahwa kecanggihan teknologi dapat dikendalikan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Dilla Hardina
Dilla Hardina

seorang penulis yang memiliki baground pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. memiliki minat yang lebih di dunia sastra, teknologi dan digital marketing. dapat dihubungi melalui surel dillahardina8@gmail.com

Artikel: 15

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *