Bosan di Rumah Aja? Ini Kegiatan Produktif yang Dapat Dicoba Selama di Rumah Aja | LPM BIOma (wordpress.com)

SAATNYA MENJADI PEMUDA PRODUKTIF DENGAN MEMANFAATKAN WAKTU LUANG MENJADI SEBUAH PELUANG.

Hai kalian terutama para pemuda? Apakah masih semangat dengan tugas sehari-harinya atau tugas kuliah yang menumpuk? Atau tugasnya tidak sebanyak yang kalian kira sampai punya banyak waktu luang untuk rebahan? Daripada waktu luang kalian terbuang sia-sia, yuk kita produktif.

Semenjak virus Covid 19 ini mulai berkelana, tak sedikit  perusahaan atau organisasi merumahkan beberapa pekerjanya bahkan mengalami PHK. Alhasil, kejadian ini menambah angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Ditambah dengan sektor perekonomian yang sedikit ter ombang ambing karena sebagian besar anggaran difokuskan untuk sektor kesehatan.

Setidaknya kita sebagai generasi muda yang baru saja membuka gerbang kehidupan sesungguhnya, patut untuk menambal atau melapisi keguncangan tersebut. Bahkan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pernah berkata, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan aku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya aku akan guncangkan dunia.”

Bisa kita pahami bersama bukan kutipan perkataan Bung Karno tersebut. Bahwa pemuda itu generasi penerus bangsa. pemikiran pemuda itu tertata dan lurus ke depan. Kita dianugerahi masa muda sebelum masa tua untuk merasakan bagaimana kita memanfaatkan kecerdasan kita, kemampuan kita untuk memimpin negeri ke arah yang lebih baik.

Namun, seiring berkembangnya zaman, sebagian pemuda terjerumus ke dalam godaan teknologi. Mereka lebih suka berada dalam zona nyaman mereka tanpa mau untuk bekerja atau melakukan hal yang lebih produktif lagi. Yang lebih mereka pentingkan hanyalah bagaimana cara mereka bisa mengisi paket data selalu full dan story yang selalu mereka posting. 

Kalau ini dibiarkan, Indonesia tidak akan maju. Selamanya akan seperti ini. Kita butuh pemuda dengan pemikiran yang maju dan dinamis. Bisa meletakkan sikapnya sesuai dengan situasi dan kondisi dengan baik.

Termasuk kalian mahasiswa yang terdampak dengan pandemi ini. Kalau boleh tau apa nih kesibukan kalian di luar jam kuliah?

Alangkah baiknya jika kalian memulai melakukan kegiatan yang produktif. Produktif dalam arti tidak hanya soal menghasilkan uang saja, seperti membaca, belajar, membersihkan rumah, olahraga dan lain sebagainya. Namun yang bisa menghasilkan uang agar bisa memenuhi kebutuhan kalian sendiri, kalian luar biasa.

APA ITU PART-TIME DAN FREELANCER?

Biasanya, kalangan mahasiswa akan mencari kerja part time atau freelancer. Nah, apa itu part time dan freelancer? pengertian daripada keduanya memang hampir mirip. namun, jangan sampai kalian salah dalam mengartikannya. karena jika kalian salah dalam mengartikannya bisa fatal hasilnya.

KERJA PART-TIME

Kerja part-time adalah suatu pekerjaan yang dilaksanakan oleh seorang pekerja atau pegawai dalam waktu-waktu tertentu. biasanya sering dijumpai di toko-toko atau supermarket. kalau kalian perhatikan, pegawai yang bekerja disana akan selalu berganti di tiap jam-jam tertentu. itulah yang dinamakan kerja part-time. 

KERJA SEBAGAI FREELANCER

Buat beberapa kalangan pasti sedikit yang mengetahui tentang apa itu freelancer. dikutip dari Markey.id, secara umum pengertian freelance adalah salah satu jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus terikat dengan kontrak kerja. Menjadi seorang freelance / freelancer atau pekerja lepas dapat dilakukan secara full-time (penuh waktu) maupun part-time (setengah waktu). Sebagian orang menjalankan freelance di luar pekerjaan utamanya, tetapi ada pula yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

Walaupun tidak terikat kontrak kerja yang mengikat, namun seorang freelance harus selalu konsisten dengan pekerjaan mereka. Sama halnya dengan jenis pekerjaan lainnya, karena biasanya seorang freelance memang diharuskan untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan deadline waktu yang telah disepakati bersama.

KEUNTUNGAN MENJADI FREELANCER

Keuntungan menjadi freelancer banyak sekali, di antaranya:

  1. Mendapat Penghasilan Tambahan. 
  2. Ajang Aktualisasi Diri. 
  3. Latihan Wirausaha.
  4. Waktu Kerja Fleksibel.
  5. Bekerja Sesuai Skill.
  6. Bekerja Secara Mobile.
  7. Menjadi Bos Untuk Diri Sendiri.
  8. Tersedia Banyak Pekerjaan Via Internet.
  9. Membuka Peluang Karier yang Baru.

BEBERAPA PEKERJAAN INI COCOK UNTUK BERBAGAI KALANGAN TERUTAMA PEMUDA.

buat kalian yang ingin menghasilkan uang di waktu luang kalian, bisa nih coba beberapa pekerjaan di bawah ini yang dijamin pasti cocok untuk kalangan mahasiswa atau mungkin kalangan lain yang memiliki banyak waktu luang.

  • Penulis / content writer

Pekerjaan ini rata-rata yang paling banyak dicari oleh mahasiswa. disisi lain karena pekerjaannya mudah, sebagian dari mereka memanfaatkannya untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mereka. ini sangat cocok apalagi juga bisa menambah kualitas serta produktivitas mereka. contohnya sebagai penulis artikel (yang paling banyak dicari), penulis cerpen anak atau lainnya, penulis konten, copywriting, penulis jurnal, dan berbagai macam pekerjaan menulis lainnya. Pekerjaan ini juga dinilai lebih mudah karena bisa dikerjakan di rumah dan di waktu luang. 

  • Pekerja Toko

Buat kalian yang suka bekerja di luar rumah, bisa mencoba pekerjaan satu ini yakni sebagai pekerja toko. Biasanya pekerjaan yang ditawarkan yakni sebagai kasir atau melayani pembeli. Walaupun banyak yang mengira pekerjaan ini kurang mendapat penghasilan besar, namun pekerjaan ini sangat melatih mental, kedisiplinan serta ketekunan dari pekerjanya bagaimana mereka membuat toko yang ia tempati menjadi sukses dan dengan begitu, mereka bisa mendapat penghasilan yang lebih baik. Jangan diragukan lagi soal bonus, pemilik toko biasanya memberi bonus bulanan untuk pekerjanya yang serius dan tekun.

  • Admin Sosial Media

pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah maupun di tempat kerjanya. tergantung dari masing-masing pemilik. Dilansir dari RuangPegawai.com, tugas seorang Social Media Admin itu adalah mengelola akun social media dari sisi konten. Pegawai yang bekerja di bidang ini memiliki tugas mulai dari merancang konten yang menarik, menentukan jadwal tayang kontennya, hingga menjawab semua pertanyaan/komentar/keluhan yang datang dari para followers. Pekerjaan ini cocok untuk kalangan mahasiswa karena pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menjaga nama baik perusahaan melalui media sosial yang dimiliki. Untuk itu pekerjaan mulai dari merancang konten, mempublikasikan hingga menjawab respon harus dilakukan dengan baik dan benar. Jangan sampai membuat konten yang menyinggung salah satu pihak, karena satu kesalahan saja dapat fatal akibatnya.

  • Online Shop

Untuk kalian yang menyukai dunia perbisnisan, bisa mencoba pekerjaan ini. Pekerjaan yang banyak sekali diminati di berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga tua. Kelihatannya memang mudah, cukup untuk memposting lalu melayani pembeli dan mengirim barang ke alamat pembeli. namun jangan salah sangka, tidak semua perjalanan pengusaha atau pebisnis itu mulus dan lancar. ada kalanya toko kalian banyak pembeli dan ada kalanya sepi. itulah gunanya adanya grafik untuk mengetahui berada di mana posisi kita, menganalisis apakah toko kita menurun atau meningkat, apakah target kita tercapai atau belum. Pekerjaan ini melatih kita untuk tekun dan telaten dalam mengerjakannya. Terlepas dari ini, jika kita terbiasa dengan ini maka dalam mengerjakan hal apa pun juga akan ikut tekun dan telaten. 

Ulasan di atas semoga dapat membantu kalian semua para pembaca. Selamat melanjutkan aktivitas kalian jangan lupa untuk menaati protokol kesehatan.

Sumber:

– Anonim, 13/12/2019, Freelancer adalah? Jenis, Syarat dan Cara Kerjanya, https://markey.id/blog/bisnis/freelance-adalah#:~:text=Secara%20umum%20pengertian%20freelance%20adalah%20salah%20satu%20jenis,secara%20full-time%20%28penuh%20waktu%29%20maupun%20part-time%20%28setengah%20waktu%29.; 17/01/2021.

– Anonim, 4/12/2017, Tugas Admin Sosial Media dan Tanggung Jawabnya, https://www.ruangpegawai.com/ragam/tugas-admin-social-media-dan-tanggung-jawab-kerjanya-1961, 17/01/2021.

-Wijianti,Ery Yuni; Dewi Anggiani, 2015, 99 Tips Jitu jadi Freelancer Sukses untuk Mahasiswa, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Desiwy
Desiwy

Mahasiswi yang Menyukai Dunia Tulisan :)

Artikel: 18

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *