Optimalisasi Aplikasi Digital

Pandemi Covid 19 memberikan efek yang sangat besar dan berdampak mendalam, krisis kesehatan yang kemudian merambat ke krisis ekonomi, Menurunnya daya beli konsumen dll. menjadi masalah utama penyebab macetnya roda perputaran ekonomi, sektor UMKM memberikan kontribusi pada perekonomian nasional untuk meningkatkan sistem perekonomian nasional dan keberberlanjutan pembangunan ekonomi nasional. kelumpuhan sektor UMKM akan berakibat buruk pada perekonomian nasional,jadi sektot ini perlu mendapat perhatian serius.

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mencegah krisis ekonomi saat ini yaitu program Pemulihan Ekonomi nasional atau biasa disebut PEN, dengan dukungan anggaran untuk sektor UMKM sebesar Rp123,46 trilun. Optimalisasi yang perlu dilakukan yaitu optimalisasi pengembangan aplikasi digital yang meliputi dukungan untuk tumbuh dan berkembangnya UMKM-UMKM dan pelaku usaha dalam meningkstkan produktivitasnya melalui platform aplikasi digital e-commerced. e-commerced adalah salah satu bentuk aplikasi digital untuk kegiatan jual beli barang.

Dalam rangka mendukung Program Pemulihan Ekonomi nasional (PEN) dalam optimalisasi ini dilakukan beberapa kebijakan pemerintah. Pemerintah,kementerian/lembaga, pemerintah daerah, institusi perbankan, fintech, dan seluruh pihak lain yang terlibat, perlu segera dioptimalkan untuk mendorong UMKM bersaing di pasar digital secara global serta melakukan adaptasi dan inovasi produk.

Optimalisasi yang pertama menekankan berkembangnya platform digital, keberlanjutan UMKM ditangani pemerintah dilakukan dengan cara menyerap produk-produk UMKM untuk belanja pemerintah dan BUMN,memfasilitasi pengembangan potensi pelaku ekonomi lokal (pasar digital umkm) dan memberikan ruang bagi UMKM untuk menjadi supplier atau vendor BUMN melalui program Pasar Digital UMKM.

Kehadiran aplikasi digital dianggap sebagai bantuan bagi para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat mendorong UMKM bersaing di pasar digital secara global serta melakukan adaptasi dan inovasi produk sehingga produk dapat di kenal.

Sedangkan optimalisasi yang kedua menekankan pada kemudahan akibat keterbatsan pembiayaan UMKM seperti kredit modal kerja, hibah modal kerja pendanaan di antaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta memberikan keringanan pembayaran (subsidi bunga kredit).

Teknologi telah memasuki berbagai faktor kehidupan baik sektor pemerintahan, bisnis, perbankan, pendidikan, kesehatan, dan kehidupan pribadi, Optimalisasi selanjutnya diharapkan aplikasi digital ini dapat lebih meningkatkan fitur pelayanan yang lebih berkembang lebih maju lebih efisien, bergabungnya para pelaku UMKM kedalam platform digital diharapkan para pelaku UMKM bukan hanya dapat menjalankan usahanya dari rumah dan terhubung ke ekosistem digital tetapi dapat juga mendukung pengembangan sistem tender online/pengadaan secara elektronik/Sistem e-procurement atau penggunaan tanda tangan elektronik, sistem verikasi online, dll.

E-procurement merupakan sebuah adalah aplikasi perangkat lunak berbasis internet yang dirancang khusus untuk memfasilitasi proses perolehan barang ataupun jasa oleh organisasi komersial atau pemerintah. Sistem e-procurement sendiri tidak hanya sebatas dengan proses pembelian barang/jasa, akan tetapi juga bisa dikembangkan ke dalam proses negosiasi-negosiasi elektronik dan pengambilan keputusan atas kontrak-kontrak dengan Penyedia barang/jasa. TTE atau tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang berbasis online, merupakan salah satu dari banyak cara untuk menjaga keamanan data digital. Untuk itu perlu diperkuat dengan adanya kebijakan-kebijakan dan peraturan pemerintah. dalam mendukung terselenggaranya sistem ini agar lebih memberikan keaamanan, kemudahan, dll.

Hal terpenting untuk optimalisasi aplikasi digital ini adalah kebijakan pemerintah, sistem e-commerced merupakan pendorong serta fasilitator, dan harus didukung oleh kecepatan arus data dan informasi, keamanan data, kemudahan, antar UMKM dengan UMKM, UMKM dengan pemerintah, UMKM dengan swasta, dll. Agar terjadi keterpaduan sistem antara pihak pengguna dengan lainnya.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Frimawati
Frimawati

Frimawati,kelahiran Makassar 4Juni 1989 Pribadi yang menarik, profesional,supel,pekerjakeras,aktif sebagai pendidik dan motivator menyukai dan
tertarik pada bidang pertanian maju,perkembangan teknologi digital,manajemen dan bisnis digital

Artikel: 10

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 29 = 34