Berkembangnya Bisnis tanaman Hias di Masa Pandemi Covid-19 dan Bagaimana Tipsnya

Berkembangnya Bisnis Tanaman Hias di Masa Pandemi Covid-19 dan Bagaimana Tipsnya

Pandemi virus Covid-19 yang sudah berjalan hampir setahun ini sudah banyak membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan umat manusia di negara Indonesia bahkan umat manusia di seluruh dunia. Dampak kemiskinan banyak dirasakan masyarakat karena usaha dagangnya yang bangkrut, dampak kesehatan karena virus covid-19 sehingga akhirnya sampai meregang nyawa, dampak pendidikan sehingga para peserta didik melaksanakan pendidikan dengan metode jarak jauh dengan metode online dan sebagainya.

Namun, tidak selamanya pandemi Virus Covid-19 membawa dampak buruk bagi berbagai aktivitas manusia di tengah hiruk pikuk tidak karuan nya permasalahan yang diakibatkan karena pandemi virus covid-19, ada satu sektor yang malah melejit dan terus berkembang maju. Yaitu bisnis tanaman hias. Ya setelah hampir setahun ini pandemi covid-19 tidak kunjung selesai, bisnis tanaman hias melihatkan prospek yang cukup bagus, tidak main-main, harganya pun sampai ratusan juta rupiah.

Siapa yang tidak tertarik dengan indahnya tanaman hias yang berbagai jenis, model dan bentuknya sih, terlebih tanaman hias yang memiliki warna yang berwarna warni. Ketika mata melihat pasti langsung terasa segar dan memanjakan mata di saat pikiran sedang banyak beban dan tugas maupun pekerjaan yang memuat kepala pusing.
Selama pandemi omset penjualan dari bisnis tanaman hias melonjak drastis dari normal biasanya, khususnya tanaman in door atau tanaman yang cocok ditaruh di dalam rumah sebagai hiasan, kenaikan omset ini karena dipengaruhi oleh sistem hidup masyarakat di era pandemi yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah juga bekerja dari rumah. Sehingga dengan adanya tanaman hias apik yang menghiasi rumah akan terasa nyaman dan segar ketika melihat tanaman hias banyak menghiasi rumah di tengah rasa kebosanan yang melanda.

Dari beberapa banyak jenis tanaman hias yang dulu dianggap abai dan tidak terlalu laku di pasaran, kini pun ikut booming dan naik daun. Lebih-lebih tanaman yang sangat laku keras akhir akhir ini adalah tanaman yang bercorak unik dan khas yaitu jenis variegata, seperti tanaman hias janda bolong (monstera adansoil variegated) dan beberapa jenis tanaman hias monstera variegated lainnya. Tanaman hias yang jenis variegata yang laku keras, bisa dihargai dengan harga tidak wajar sampai puluhan juta rupiah per pot nya. Tetapi untuk tanaman hias jenis variegata tidak bisa dipatok harga pastinya, karena setiap pohon tanaman hiasnya memiliki keunikan dan kekhasan masing masing.

Potensi dan juga peluang dari melakukan bisnis tanaman hias di masa pandemi ini cukup menjanjikan. Apalagi banyak sekarang masyarakat yang sedang kehilangan pekerjaan karena efek pandemi, jadi bisnis tanaman hias bisa dijadikan jalan pintas untuk mencari penghasilan ekonomi di kala masa sedang sulit. Para pebisnis tanaman hias bisa melakukan bisnis ini dengan cara online, yaitu dengan promosi promosi di social media, malah menjadi peluang lebih besar ketika dilakukan secara online, di masa sekarang yang banyak pekerjaan dilakukan secara online dari rumah, jadi tinggal pencet pencet. Selain itu, ada sisi kemudahan lainnya, yaitu ketika masyarakat ingin menekuni bisnis tanaman hias ini, tidak diperlukan modal yang besar dalam memulai bisnis, bisa di siasati dengan memasok dan mengumpulkan bibit tanaman atau bibit yang harga murah. Kelebihan lainnya juga ketika ingin menekuni bisnis tanaman hias ini bisa dilakukan secara mandiri, karena ilmu membudi daya tanaman hias bisa dipelajari dari media online seperti YouTube, google dan artikel online lainnya tentang tanaman hias, karena bisnis tanaman hias juga tidak mewajibkan untuk sekolah pada tingkat formal.

Bisnis tanaman hias terbilang gampang gampang susah tetapi sangat asyik ketika dijalankan. Tetapi meskipun terbilang cukup mudah tetapi juga butuh keterampilan dan ketekunan dari pelaku bisnis. Terkait dengan beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan masyarakat dalam memulai dan mengembangkan bisnis tanaman hias anda yaitu sebagai berikut :

1. Butuh Kreativitas dan Kedisiplinan dalam Bisnis Tanaman Hias

Dalam memulai dan menjalankan bisnis tanaman hias diperlukan kreativitas dan inovasi dan juga kedisiplinan. Dengan anda kreasi anda mendesain dan mengkonsep tanaman hias anda menjadi beda dari yang lain itu bisa membuat daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pecinta tanaman hias, sehingga nantinya bisa tertarik untuk membelinya. Melakukan inovasi pada bisnis tanaman hias juga sangat perlu dilakukan, anda bisa melakukan kawin silang antar jenis tanaman hias dengan metode stek atau tempel, sehingga nanti akan muncul tanaman model baru yang bisa memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Kedisiplinan juga perlu, karena dengan anda disiplin menjaga dan merawat tanaman anda, tanaman hias anda akan tumbuh dengan apik dan sempurna, rajin seperti menyiram dan memupuknya juga, sehingga tanaman hias tidak kekurangan nutrisi untuk tumbuh kembang.

2. Melakukan Pemilihan Media Tanam dan Produk Tanaman dengan Tepat

Dalam melakukan bisnis tanaman hias, anda juga perlu memilih media tanam yang tepat untuk menanam tanaman anda. Karena kalau ketika tanaman hias anda tanam di media yang asal asalan dan sembarangan itu akan menurunkan nilai estetik tanaman hias anda. Misal anda menanam tanaman yang itu cocoknya di tanam di media polibag, tetapi malah anda menanam di media tanam sebuah pot, itu akan mengurangi nilai estetiknya, jadi anda harus benar benar memerhatikan dalam hal tersebut. Dan ketika anda melakukan pemilihan yang cocok, pasti akan menambah nilai estetik dari tanaman hias dan akan bagus ketika dilirik oleh pembeli dan mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Anda juga perlu memilih produk atau jenis tanaman, ini adalah hal yang penting juga. Di masa pandemi Covid-19 sekarang tanaman yang lagi naik daun adalah jenis tanaman hias variegata, sehingga anda bisa mengikuti tren tersebut, tetapi dengan catatan anda harus inovasi dan kreativitas terhadap tanaman anda, sehingga akan membuah keunikan tersendiri dan tentunya ketertarikan para konsumen juga otomatis akan meliriknya karena keunikan itu beda dari yang lain.

3. Melakukan Iklan Promosi untuk Pemasaran Tanaman Hias Anda

Anda juga perlu melakukan iklan dan juga promosi untuk memasarkan tanaman hias anda. Anda bisa melakukan promosi untuk keperluan pemasaran di beberapa media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Dan juga bisa anda menjualnya di beberapa marketplace e-commerce yang ada, dengan anda menjual dan memasarkan tanaman anda dengan metode online atau digital, anda bisa berpeluang untuk memasarkan tanaman hias anda ke luar negeri dan bersaing dengan dunia internasional, tentunya ini menjadi prestasi tersendiri untuk anda. Anda juga perlu mempromosikan berkembangn tanaman hias anda kepada komunitas-komunitas pelaku bisnis tanaman hias dan anda bisa memamerkannya dengan keungulan keunggulan tanaman anda dari tanaman lainnya, bisa anda tonjolkan keunikan dan kekhasan tanaman hias anda yang tidak dimiliki tanaman lain. Anda juga bisa menghias pot atau polibag sebagai media tanamnya semenarik mungkin, sehingga bisa menarik konsumen untuk membelinya.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Ahmad Farohi
Ahmad Farohi

Seorang mahasiswa, peneliti, asisten peneliti, sehingga saya semakin tertarik dengan dunia tulis menulis. Dari pengalaman menjadi itu, saya Alhamdulillah saya berhasil menerjunkan tulisan saya di beberapa Jurnal nasional terakreditasi hingga di Google Scholar. Semakin saya terjun lebih dalam saya semakin bersemangat lagi untuk menulis, hingga saat ini saya menjadi Editor di lembaga Penerbit Kampus yaitu di IAIN Kudus Press.

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 23 = 27