Ide Bisnis Menjanjikan Untuk Mahasiswa Mudah Langsung Praktek

Uang merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. Dan info bagusnya era sekarang peluang untuk mendapatkan uang sangat banyak pilihan. Setiap orang yang memiliki beberapa sumber pipa penghasilan akan jauh lebih membahagiakan jika mau dan bisa mengelola keuangannya dengan baik. Mahasiswa yang kreatif dan jiwanya kompetitif akan selalu mencari dan mengeksplorasi dirinya, dengan mengenali diri lebih dalam. Mahasiswa yang mampu mengenali diri dan tahu potensi yang dimiliki merupakan suatu anugerah yang harus segera dikaji apakah bisa dikonversi menjadi pundi–pundi penghasilan. Keahlian dan kemampuan serta kemauan harus digerakan jika memang ingin menghasilkan uang meskipun masih menjadi mahasiswa. Berikut daftar ide bisnis yang mungkin bisa menjadi rekomendasi teman–teman mahasiswa yang mau berpenghasilan meski masih jadi mahasiswa.

  1. Bisnis online shop

Bisnis online shop sebenarnya sangat menjanjikan untuk jangka panjang. Apalagi sekarang dengan kemudahan akses internet serta digitalisasi diberbagai sektor kehidupan menjadikan bisnis online shop sangat menarik untuk dicoba. Bisnis online shop merupakan proses menjual barang yang tersistem melalui internet. Pelayanan dan kepercayaan merupakan unsur faktor penting dibisnis online shop. Jadi untuk memulai bisnis online shop harus berdasarkan riset dan data supaya usaha yang kita jalankan bisa berjalan maksimal. Mulai dari fashion, sepatu, tas, hingga barang import semua bisa dibuat model bisnis online. Dan uniknya bisnis online shop ini sangat beragam profesi yang bisa dicoba. Seperti affiliate marketing, reseller, dropship dan lain sebagainya.

  1. Jualan pulsa dan top up game

Penggunaan Pulsa sekarang  masih dibutuhkan untuk keperluan tertentu. Dan hingga saat ini bisnis pulsa terbukti masih laku. Pulsa selain untuk mendaftarkan paket data internet juga untuk transaksi lainnya.  Era sekarang para Millenial dan generasi Z sangat menyukai game online. Bahkan mereka rela menyisihkan uang jajan yang diberikan oleh orang tua atau bahkan dari penghasilan kerja untuk top up game. Kesempatan ini yang harus diperhatikan, karena kecanduan yang dialami biasanya akan diusahakan untuk ditebus. Kita bisa mulai menawarkan dari temen nongkrong, hingga siswa SMA yang hobi main game online.

  1. Jualan makanan camilan

Makanan camilan merupakan makanan favorit yang direkomendasikan untuk dijadikan teman mengerjakan tugas ataupun nongkrong dengan teman. Camilan yang identik dan sangat digemari oleh masyarakat bisa menjadi salah satu opsi untuk usaha sampingan. Seperti jualan kripik pisang, kripik ketela, atau yang lainnya yang bisa ditambah nilainya dengan adanya varian rasa dan bentuk. Kalau ditekuni dan dikembangkan bukan tidak mungkin bisnis ini bisa menjadi besar.

  1. Menjadi guru les private

Mahasiswa memiliki keunggulan dari segi keilmuan dan setingkat lebih tinggi dari anak SMA. Apalagi kalau dari mahasiswa yang memiliki segudang prestasi akademik, tentunya akan sedikit mudah dalam menjual jasa les privat. Atau ntuk mahasiswa yang punya waktu longgar bisa memanfaatkan waktu untuk membuka jasa les privat. Semisal dengan menawarkan  jam bimbingan 20 ribu per jam atau dengan menawarkan paket lainnya semisal bimbingan belajar 3 jam free 1 jam bimbingan. Dengan sasaran mulai dari anak SD hingga tingkat SMA.

  1. Menjual jasa sesuai keahlian

Masing–masing orang diberikan keunggulan dibidang masing–masing. Ada yang ahli menulis, ahli dibidang teknologi, ahli bahasa atau yang lainnya. Kita bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk menawarkan jasa sesuai dengan keahlian dan kemampuan kita. Semisal kita ahli bahasa. Kita bisa membuka jasa penerjemah. Atau semisal kita ahli dibidang engineering maka kita bisa menawarkan jasa service, semisal service AC, sevice elektronika rumahan atau yang lain. Maka, sebelum kita menawarkan jasa kita kepada orang lain maka kenali dulu apa keunggulan dan spesialisasi yang kita miliki.

  1. Menjadi youtuber

Televisi sekarang mulai teralihkan oleh platform penyedia konten video salah satunya youtube. Youtube sekarang seakan mulai menggusur dominasi televisi. Youtube memiliki berbagai keunggulan seperti pengulangan video ataupun mencari arsip video. Bagi mahasiswa menjadi youtuber bisa dijadikan sebagai profesi. Dengan penghasilan yang menjanjikan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Terbukti sekarang banyak anak muda bahkan artis yang jarang kita temui ditelevisi namun sangat aktif di youtube menjadi seorang youtuber. Penghasilan seorang youtuber bisa dari adsense atau endorse produk. Dengan konsisten dan tampilan serta isi video yang unik tentunya akan menarik perhatian viewers.

  1. Profesi konten creator

Konten creator bisa dibilang sebagai profesi masa depan. Semua sekarang serba digital. Kita bisa memulai menjadi konten creator dengan cara menawarkan jasa kita untuk mengelola akun sosial media sebuah brand dan berusaha untuk meningkatkan omset perusahaan dengan strategi di media sosial. Bisa jadi kita mendapatkan komisi yang lumayan jika mampu meningkatkan omset perusahaan.

  1. Membuka franchise

Jika kita memiliki modal yang lebih bisa untuk membuka kerja sama franchise. Franchise yang memiliki sistem yang jelas dan terbukti menghasilkan profit bisa menjadi pilihan. Tentunya ini membutuhkan keilmuan yang lebih, maka kita yang nantinya sebagai owner harus paham juga model bisnis dan berjalannya bisnis  seperti apa. Maka lebih baik disarankan kita belajar dulu mengenai bisnis yang ingin kita jadikan franchise dan mencari mentor yang mau membimbing kita untuk membantu pengawasan dan pengontrolan bisnis. Bisnis yang sudah tersistem jelas maka tidak akan terlalu banyak waktu yang kita perlukan untuk mengurusi operasional namun lebih kearah pengawasan. Dan ini sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki modal untuk membuka franchise. Usahakan riset dan dalami terlebih dahulu bisnis yang akan dipilih.

  1. Menjadi makelar

Profesi ini bisa dibilang tidak mengeluarkan uang sama sekali. Karena berbekal informasi dan koneksi serta skill dalam negosiasi dan menjual kita bisa menghasilkan cuan. Contoh menjadi agen property. Agen property bertugas untuk menjual asset property kepada konsumen dari owner. Kita bisa mendapatkan fee yang lumayan dari penjualan asset property. Semakin besar nilai property tersebut maka semakin besar pula komisi yang kita dapatkan. Atau makelar lainnya yang memang pemilik produk mau dibantu untuk dijualkan produknya. Maka disini ilmu marketing dan seni negosiasi sangat penting.

Pada dasarnya peluang bisnis itu sangat banyak jika kita jeli melihatnya. Kepekaan dan riset sangat diperlukan untuk menggali dan menjabarkan potensi apa yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang. Mahasiswa yang merupakan agent of change harus menjadi pelopor kegiatan positif yang bermanfaat. Mahasiswa bisa mulai melakukannya dengan berbisnis, karena dengan kegiatan berbisnis yang mengakibatkan adanya transaksi jual beli disana kita dapat mulai mengidentifikasi mungkin dari segi permasalahan yang tidak terpikirkan justru menjadi sebuah peluang dengan memberi solusi. Transaksi jual beli yang mengharuskan komunikasi, adab dan akhlak, belajar cara melayani dan lain sebagainya akan menjadikan nilai plus bagi mahasiswa dari segi berinteraksi. Dengan bebarapa contoh ide bisnis diatas bisa kita perhatikan seksama bahwa bisnis bisa kita mulai bahkan tanpa modal, yaitu dengan makelar atau profesi bisnis online. Namun apabila kita memiliki modal yang banyak kita bisa memulai dengan menjalin kerja sama franchise. Karena dengan begitu kita bisa belajar bisnis dari sistem model bisnis yang memang sudah menghasilkan profit. Masih banyak lagi ide bisnis lainnya yang bisa di kaji oleh teman – teman mahasiswa.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

BAYU AJI SETIAWAN
BAYU AJI SETIAWAN

Seorang pembelajar dan pengembala kehidupan yang suka menulis

Artikel: 4

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *