Menjadi Guru Yang Ramah Friendly dan Komunikatif

Hasil penelitian dari Edward Sheffield tentang karakteristik dari guru yang efektif yang sering disebut atau Characteristics of Effective Teachers Most Often Mentioned (Edward Sheffield, Teaching in the UniversitiesРNo One Way, 1974):
1. Menguasai bahan yang diajar dan memiliki kompetensi.
2. Pengajaran dipersiapkan dengan baik dan memiliki organisasi pengajaran secara teratur.
3. Pelajaran harus dihubungkan dengan hal praktis dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mendorong murid bertanya dan memberikan opini.
5. Antusias tentang subyek yang diajar.
6. Dapat didekati murid (approachable), bersahabat, terbuka (available).
7. Peduli kepada kemajuan siswa.
8. Memiliki sifat humoris
9. Hangat, baik, simpati.
10.Menggunakan alat-alat atau media secara efektif.

Guru bukanlah sebuah pekerjaan, tetapi merupakan profesi yang mulia, bahkan profesi ini didukung oleh undang-undang. Sekolah dituntut untuk mampu menghadirkan dirinya sebagai sebuah lembaga, tidak sekedar tempat yang menyenangkan bagi anak untuk belajar, sekolah harus menciptakan suasana yang konduksif agar anak merasa nyaman dan dapat mengembangkan potensinya hal ini sejalan cara dan proses pembelajaran yang baik dan efektif dimana seorang guru dituntut agar bisa memahami segala karakter dari peserta didiknya, Seiring perkembangan zaman guru bukan hanya dituntut menguasai materi yang diajarkannya tetapi dituntut juga untuk lebih kreatif dalam mengajar dalam rangka melaksanakan sistem pengajaran yang baik jelas dan ditata baik di dalam kelas. Ramah friendly dan komunikatif dalam mengajar merupakan salah satu cara efektif yang perlu dikembangkan oleh seorang guru dalam mentransfer ilmu atau menyampaikan materi pembelajaran.

Apa itu guru yang ramah dan friendly? Bagaimana menjadi guru yang ramah friendly dan komunikatif?

Guru yang ramah dan friendly adalah karakteristik guru yang dapat membuat siswa nyaman dengan penyampaian dapat memposisikan diri kita sebagai guru untuk menjadi teman atau sahabat bagi siswa dengan tetap ramah dan komunikatif dalam berinteraksi dengan siswa di dalam proses belajar mengajar Menjadi guru yang ramah dan friendly serta komunikatif tidaklah sulit hal ini bisa kita lakukan dengan mengerti keadaan mereka, melibatkan anak untuk turut berpartisipasi dalam segala hal selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, tidak diskriminatif dengan aktivitas yang menyenangkan dan penuh kasih sayang, guru harus bisa menempatkan kapan bisa menjadi teman atau sahabat bagi siswa-siswa kita, kebanyakan siswa saat ini paling tidak suka dengan guru yang jaim (jaga image) yang merasa dia lebih tinggi dari segala-galanya.

Setelah aspek ramah dan freindly diatas kita terapkan selanjutnya kita bangun proses komunikasi efektif dengan komunikasi yang melayani kapan harus bisa menjadi guru yang dihormati dan didengarkan penjelasannya. Selipkan humor di dalam pengajaran anda. Hal ini akan membuat suasana kelas menjadi nyaman, tidak menegangkan, jawablah pertanyan yang diberikan sebaik yang anda bisa,jadilah pendengar yang baik dan aktif meskipun pertanyaan itu sepele. Hal ini bisa membangun komunikasi sehingga menjadikan siswa nyaman dengan anda karena menjadi guru yang membangun komunikatif dengan siswanya didalam kelas, ketika mereka memiliki masalah terkait pelajaran, bantulah mereka, tunjukkan empati anda sebagai guru karena ingin membantu mereka menyelesaikan masalahnya.

Menciptakan situasi kelas yang menyenangkan dan menggunakan sumber belajar yang relevan/materi pembelajaran secara real dengan materi dan kenyataan yang ada akan lebih baik jika proses penyampaianya dilakukan dengan karakteristik guru yang baik yaitu menjadi guru yang ramah friendly dan komunikatif Guru yang baik pada dasarnya adalah manusia yang baik. Mereka memiliki kepribadian penyayang, baik, hangat, sabar, tegas, luwes dalam perilaku, bekerja keras, serta berkomitmen pada pekerjaan mereka Mengajarlah dengan hati, bukan karena terpaksa tetapi karena anda senang melakukannya, tetap ramah friendly dan jomunikatif terhadap hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan proses belajar mengajar dan pencapaian tujuan pembelajaran.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Frimawati
Frimawati

Frimawati,kelahiran Makassar 4Juni 1989 Pribadi yang menarik, profesional,supel,pekerjakeras,aktif sebagai pendidik dan motivator menyukai dan
tertarik pada bidang pertanian maju,perkembangan teknologi digital,manajemen dan bisnis digital

Artikel: 10

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 6 =