Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik dan Mudah

Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik bisa memberikan dampak yang baik pula. Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dan produktivitas seseorang. Kualitas pekerjaan seseorang juga tidak hanya ditentukan dari kemampuan atau keahlian yang dikuasai oleh para pekerja.

Suatu keberhasilan pekerjaan juga tidak lepas dari lingkungan yang baik. Selain itu, lingkungan yang kondusif dan supportive juga menjadi pemicu faktor keberhasilan. Sementara lingkungan kerja tidak bisa tercipta dengan sendirinya.

Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

sumber: Freepik.com

Bagi Anda yang sedang mencoba menciptakan lingkungan kerja yang baik, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun, cara ini juga membutuhkan kerja sama antara orang di lingkungan yang sama agar bisa tercapai.

Melakukan Rekrut Staf yang Tepat

Salah satu cara menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah dengan melakukan rekrut staf yang tepat. Lingkungan kerja merupakan kesatuan dari beberapa komponen yang saling berhubungan dalam tujuan pekerjaan. Komponen tersebut terbentuk dari sumber daya manusia dan dari fasilitas pendukung.

Bagian utama yang berasal dari lingkungan itu sendiri adalah sumber daya manusia. Orang yang berada dalam lingkungan kerja seharusnya mempunyai visi yang sama. Bayangkan saja jika ada satu orang saja yang visinya berbeda, tentunya akan mengakibatkan salah paham. Parahnya, akan menciptakan suasana kerja yang canggung dan tidak nyaman.

Cara mengumpulkan orang yang mempunyai visi yang sama harus dilakukan proses seleksi. Anda bisa memilih staf yang memenuhi syarat dan kualifikasi yang sebumnya sudah ditetapkan. Memilih staf yang bagus dalam bekerja bisa memberikan dampak positif dalam lingkungan kerja.

Anda bisa memilih staf yang tidak hanya cerdas saja, tapi juga mempunyai kepribadian yang baik. Staf yang mempunyai pikiran terbuka atau open minded akan membawa pengaruh yang bagus dalam lingkungan kerja. Alhasil, pekerjaan terasa menyenangkan dan selesai dengan efektif.

Memberi Fasilitasi Karyawan untuk Melakukan Kolaborasi

Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik bisa dilakukan dengan memberi fasilitasi karyawan dalam melakukan kolaborasi. Seorang karyawan atau staf mempunya tugas utama, yakni menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Namun, bukan berati karyawan tidak bisa meminta bantuan karyawan lainnya.

Sebaiknya, karyawan harus diberikan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dalam ruang lingkup pekerjaan. Melalui tindakan tersebut, para pekerja bisa mendapatkan pengalaman baru serta menjalin hubungan yang erat melalui kerja sama dengan karyawan lain. Secara tidak langsung, kolaborasi akan meningkatkan kemampuan setiap karyawan.

Selain itu, keuntungan melakukan kolaborasi adalah mampu menemukan inovasi baru yang bisa berguna bagi perusahaan. Alhasil, bisa meningkatkan kualitas kinerja pada semua pihak yang bersangkutan. Seorang karyawan juga harus mendapatkan fasilitas yang memadai saat melakukan kolaborasi.

Hal ini bertujuan mencegah karyawan berhenti dalam memikirkan ide karena tidak mendapatkan dukungan. Fasilitas yang diberikan bisa berupa alat atau benda sehingga karyawan merasa bersemangat dalam bekerja. Tidak hanya untuk karyawan saja manfaat tersebut, cara menciptakan lingkungan kerja yang baik juga bermanfaat untuk perusahaan.

Mentraktir Karyawan Sesekali

Menjaga seorang karyawan agar bisa terus bekerja dengan baik bisa dilakukan dengan memberi perhatian. Tujuannya untuk menjaga mood sehingga tidak berimbas pada pekerjaan yang sedang mereka lakukan. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memberikan perhatian pada staf atau karyawan.

Salah satunya adalah dengan mentraktir para staf. Meski hanya makan atau minum kopi saja, traktiran dari Anda sebagai bos sangat berefek, lho. Karyawan akan merasa bahwa Anda memang benar-benar memperhatikan mereka dalam soal bekerja. Perlu diperhatikan saat Anda memberi perhatian.

Usahakan untuk tidak membedakan dalam memberikan perhatian terhadap karyawan Anda. Memperlakukan mereka dengan cara yang sama tidak menimbulkan gosip atau pun timpang tindih dalam pekerjaan. Anda juga bisa membuat jadwal rutin untuk mentraktir para staf. Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik ini bisa membuat staf betah dan nyaman.

Memasang Satu Papan Tulis di Ruang Kerja

Langkah selanjutnya yang bisa Amda coba untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan harmonis adalah dengan memasang satu buah papan tulis. Anda bisa meletakkannya di ruang kerja. Fasilitas tersebut sangat penting dan berguna bagi karyawan, lho. Misalnya, untuk menulis target umum yang kemudian dijabarkan menjadi target khusus.

Adanya fasilitas tersebut, karyawan juga bisa menggunakannya untuk menulis rencana harian. Dengan begitu, karyawan bisa dengan mudah melihat apa saja rencana yang belum atau sudah mereka lakukan di hari tersebut. Tidak hanya itu saja, papan tulis juga bisa menjadi sarana bermotivasi dalam bekerja.

Para staf atau karyawan bisa menulis kata-kata motivasi atau penyemangat dalam bekerja sehingga tidak ada rasa malas yang muncul. Selain itu, fasilitas tersebut bisa berguna untuk memberikan pengingat atau pengumuman penting yang tidak boleh dilewatkan.

Mempunyai Lampu Kantor yang Terang

Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik adalah mempunyai lampu kantor yang terang. Suasana kerja akan menjadi semangat apabila penerangan yang digunakan sangat memadai. Namun, penerangan yang redup bisa membuat produktivitas karyawan terganggu. Tanpa adanya penerangan tersebut, staf akan sulit dal bekerja.

Jadi, pastikan untuk mempunyai penerangan yang sangat memadai agar memberikan dampak positif terhadap karyawan. Anda juga bisa memperhatikan penerangan yang cukup agar pekerjaan staf lebih cepat selesai. Hal ini dikarenakan penerangan yang cukup memberikan pengaruh terhadap semangat staf dalam bekerja.

Membuat Dekorasi Kantor yang Menarik

Anda juga bisa menciptakan suasana kerja yang bagus dengan membuat dekorasi kantor yang menarik. Tampilan memang mampu memanjakan mata siapa saja dan mendapat perhatian lebih. Dekorasi suatu ruangan dipercaya dapat memberikan pengaruh terhadap situasi dan emosi seseorang.

Jadi, Anda bisa membuat ruangan yang terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Ruangan yang berantakan dan kotor membuat mood menjadi jelek dan malas bekerja. Cara merancang dekorasi untuk kantor tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Harus ada desain khusus yang dapat membuat kantor terasa menarik, nyaman, dan betah.

Seperti penempatan furniture yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, pemilihan konsep warna, dan lainnya. Anda bisa memilih warna yang soft dan hangat sehingga bisa memberikan nuansa kerja yang tenang dan bisa membantu untuk konsentrasi.

Personalisasi Meja Kerja

Seorang karyawan berhak mendapatkan fasilitas seperangkat meja kerja dan kursi. Selain itu, setiap karyawan diberi kesempatan untuk mengatur mejanya sendiri. Melakukan hal tersebut dapat membuat karyawan merasa sangat nyaman dan senang saat melakukan pekerjaan.

Memberikan Kesempatan untuk Bergerak

Tidak ada salahnya untuk memberikan kesempatan pada karyawan untuk bergerak. Tujuannya adalah memberikan kebebasan dalam menuangkan ide sehingga karyawan lebih terpacu dalam memberikan kinerja yang berkualitas.

Menemui Karyawan Secara Langsung

Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik bisa dilakukan dengan menemui karyawan secara langsung. Hal ini membuat karyawan merasa mendapatkan perhatian dari luangnya waktu yang diberikan kepada mereka. Anda juga bisa menyampaikan terima kasih dan semangat untuk para staf Anda.

Memperbaiki Cara Memberi Instruksi

Saat memberikan instruksi, Anda bisa menggunakan kata yang tepat agar tidak memberikan kesalahpahaman terhadap para staf. Cara menciptakan lingkungan kerja yang baik bisa dilihat dari penyampaian dalam memberikan instruksi. Jangan membuatnya seperti terkesan memerintah agar karyawan tidak merasa tertekan.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

anggiputri
anggiputri

Blogger, Content Writer, dan Owner Penerbit Pustaka Kata yang kini mengisi sebagian besar hidupnya dengan menulis.

Artikel: 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 67 = 68