Untungnya Bisnis Online Masa Kini, Daya Guna Teknologi Sebagai Ladang Rejeki!

Di era milenial dan teknologi 4.0 ini tentu saja semua lini kehidupan nampak berkembang pesat baik dari bidang ekonomi, teknologi, sosial hingga budaya. Salah satunya yang paling menonjol adalah dari segi ekonomi yang bergerak aktif memanfaatkan geliat teknologi. Perkembangan teknologi di Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai ladang rejeki memang semakin menjamur saat ini.

Salah satunya yang paling populer adalah munculnya bisnis online dengan menggunakan media teknologi internet sebagai media promosinya. Saat ini ada banyak platform penjualan yang kemudian digandrungi oleh masyarakat Indonesia karena harga terjangkau, pilihan murah dan praktis menjadi beberapa alasannya. Nah bagi yang ingin sedang merencanakan bisnis online masa kini dengan media teknologi yuk simak uraian berikut!

Keuntungan Bisnis Online dengan Pemanfaatan Teknologi, Apa Saja Ya?

Diatas tadi sudah disinggung bukan mengenai pemanfaatan teknologi di era modern ini sebagai ladang bisnis. Namun apa kiranya keuntungan yang bisa didapat dalam bisnis mode ini? yuk simak bersama!

1.      Hemat Waktu dan Efektif

Keuntungan pertama dari melakoni bisnis online masa kini adalah para pelaku bisnis bisa menghemat waktu dan bekerja dengan efektif. Mengapa demikian? Pengelolaan bisnis ini bisa dilakukan melalui aplikasi, website atau platform penjualan yang mumpuni. Bahkan pelaku bisnis bisa mengelola produk-produknya dari rumah selama 24 jam penuh tanpa kendala.

Perekapan data atau pesanan juga akan lebih mudah di lakukan dengan adanya bantuan aplikasi pendukung. Jika pengusaha membuka bisnis online pada suatu plaform belanja tertentu misalnya, maka perangkat pintar aplikasi itu sendiri yang akan merekapnya. Bagaimana? Super membantu dan waktu lain nya bisa digunakan untuk mengerjakan detail kerja lainnya bukan.

2.      Mampu Meminimalisir Promosi Cetak dan Bisa Menembus Banyak Pasar

Keuntungan kedua dari pemanfaatn teknologi di dalam ranah bisnis adalah mampu meminimalisir promosi cetak yang biasanya dilakukan secara konvensional. Pengelola bisnis tidak lagi memerlukan promosi cetak berlebih karena pesan lewat social media sudah bisa membagikan produk-produk anda lho. Promosi berbasis teknologi ini cocok bagi pengelola usaha yang ingin hemat biaya cetak banner atau pamphlet.

Adapun keunggulan dari promosi bisnis berbasis teknologi lainnya adalah mampu menembus banyak pasar dari berbagai kalangan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa cakupan jaringan internet itu merambah seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia bukan. Pembeli yang berada jauh dari toko atau bisnis anda bisa tetap mengetahui produk yang di pasarkan melalui share link media social bisnis anda!

3.      Cocok Bagi Pelaku Bisnis Pemula untuk Mengembangkan Diri

Ketika memulai sebuah bisnis tentu saja modal menjadi salah satu yang perlu sekali di perhatikan. Alokasi modal yang rinci dan tepat menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah usaha untuk bertahan di tengah mewabahnya jenis bisnis yang sama. Oleh sebab itu bisnis dengan pemanfaatan teknologi ini cocok untuk pemula.

Seperti yang sudah disinggung singkat diatas, promosi bisa dilakukan dengan lebih hemat dan efektif. Selain itu pelaku bisnis pemula juga bisa memanfatkan internet untuk mencari informasi penting yang bisa menaikan performa bisnis. Ada banyak grup pada platform Facebook, Telegram, Kaskus atau website lainnya yang berisi rekanan sesama pebisnis untuk berbagai informasi lho.

4.      Selalu Memiliki Pasar nya Sendiri

Sama seperti pembeli pada pasar-pasar konvensional, pemanfaatan kegiatan dagang yang di lakukan melalui perantara aplikasi juga selalu memiliki pasar nya sendiri. Selalu ada saja konsumen yang lebih tertarik membeli sebuah produk melalui situs onlinekarena di rasa lebih murah, mudah dan praktis. Belanja produk online dewasa ini seolah sudah menjadi lifestyle masyaraka Indonesia bahkan masyarakat dunia dan ini jelas menguntungkan pebisnis.

Kiat Mengelola Bisnis Online Berbasis Teknologi Agar Tidak Tenggelam di Pasaran, Apa Saja Ya?

Nah diatas sudah di bahas mengenai berbagai keuntungan menarik dari berbisnis online yang memanfaatkan teknologi masa kini. Pada uraian berikut ini kemudian akan di berikan beberapa informasi mengenai kiat sukses dalam mengelola bisnis online berbasis teknologi yang bisa di tiru, apa saja itu?

1.      Memahami Kemauan Pasar

Kiat pertama  yang terkadang di abaikan oleh pengusaha adalah menilik bagaimana kemauan pasar yang terus berubah ini. Agar bisnis online tidak tenggelam dalam persaingan kerja maka pebisnis di harapkan mampu mengikuti pergerakan konsumen yang ada  secara umum. Melihat apa saja kiranya produk atau model yang tengah naik daun dimata konsumen.

Meski menjadi pengusaha yang mengusung produk tertentu biasanya memiliki produk ideal versi perusahaan. Namun tidak ada salahnya lho untuk terus ber-inovasi dengan pengembangan baru. Misalnya saja anda tengah berbisnis fashion pakaian maka harus bisa pandai mengikuti mode, harga serta kebutuhan konsumen.

2.      Jangan Lelah Promosi dengan Konsep Menarik

Point kedua ketika ingin mendapatkan penjualan dagang yang melambung tinggi maka jangan lupa untuk melalukan promosi dengan konsep menarik. Menjamurnya pengguna social media dan munculnya selebgram atau influencer di tengah-tengah masyarakat bisa lho di jadikan media promosi kekinian. Pengusaha bisa menggunakan jasa selebgram atau influencer untuk mempromosikan dan mengajak followers-nya membeli produk yang di promosikan.

Selain menggunakan bantuan selebgram dan influencer social media, ada juga konsep promosi lain yang bisa di coba. Media social Facebook, Instagram dan Tiktok menjadi social media dengan pengguna terbesar bukan? nah ini bisa menjadi ladang promosi jitu anti meleset. Postinglah produk bisnis yang di miliki dengan teratur pada aplikasi-aplikasi diatas, di jamin atensi lebih akan mampir ke bisnis yang tengah di jalani!

3.      Adakan Diskon Menarik

Konsumen selalu suka dengan yang namanya diskon atau metode bundling produk karena dirasa bisa mendapatkan harga lebih hemat. Oleh sebab itu selaku pebisnis melakukan diskon sekali waktu itu perlu di lakukan sebagai media promosi tambahan. Namun  agar tak merugi pebisnis bisa memberi diskon setelah pembeli membeli dalam jumlah tertentu.

4.      Menjaga Konsistensi Kualitas Produk

Jangan lupa point untuk menjaga kualitas produk yang di jual atau di pasarkan kepada konsumen secara konsisten. Meski nantinya bisnis  yang di jalani sudah maju dan berkembang pesat namun kualitas produk untuk konsumen tetap harus menjadi pertimbangan nomor satu. Biarkan konsumen terus setia dalam mendapatkan produk dagang yang di pasarkan secara berkualitas.

5.      Mencoba Merambah Berbagai Kalangan dengan Penawaran Harga Bersaing

Harga yang bersaing bisa menjadi salah satu kiat paling penting untuk pengelola bisnis mendapatkan konsumen. Tidak bisa dipungkiri bahwa konsumen selalu membandingkan harga satu dan lain nya dari sebuah toko online. Oleh sebab itu, melihat hal ini lakukan strategi dengan memberikan harga yang bersaing namun produk yang mumpuni.

Nah itulah beberapa uraian penting mengenai bisnis online masa kini yang ternyata memiliki banyak keuntungan. Selain teknologi internet bisa di gunakan untuk mendapatkan hiburan, berita dan informasi lewat social media, jangan lupa manfaatkan juga sebagai ladang bisnis. Kelola lah bisnis online dengan selalu memberikan service terbaik bagi konsumen, selamat bekerja!

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *