“Men Sana In Copore Sano”, Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat. Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda, Kenapa Tidak?

Tahukah Anda mengenai istilah “men sana in copore sano”, sebuat kalimat yang berasal dari bahasa latin yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah ini berkaitan erat dengan kesehatan sistem tubuh dan metabolisme tubuh manusia. Cara mengimplementasikan istilah ini yaitu dengan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur, istirahat secara teratur dan menjaga pola hidup sehat dimanapun Anda berada. Hal ini sangat tepat dilakukan ketika di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini dan di saat musim pancaroba atau peralihan musim, karena pada saat itu tubuh kita sedang rentan terhadap berbagai penyakit seperti demam, flu, dan batuk, serta pada saat itu sistem kekebalan tubuh kita sedang tidak stabil sehingga membuat kita mudah terserang penyakit yang ada di luar sana. Men sana in copore sano ini dapat diterapkan, salah satunya dengan cara meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh seperti melakukan hal berikut ini.

1. Mengatur pola makan harian Anda

Buatlah pola makan Anda yang terbagi dengan porsi kecil, hal ini bertujuan agar melancarkan sistem metabolisme tubuh sesuai kemampuannya dan tidak membuat tubuh bekerja keras, misalnya membuat jadwal makan dengan setidaknya tiga hingga enam kali makan dalam porsi kecil dengan komposisi seimbang atau empat sehat lima sempurna, contohnya setiap kali makan harus mengandung makanan pokok (karbohidrat), lauk pauk (protein), sayuran, buah-buahan, dan susu. Hal ini bertujuan agar menghindari peningkatan kadar gula darah secara mendadak dan meminimalkan keinginan untuk makan secara berlebihan. Usahakan Anda selalu makan pada waktu yang sama setiap harinya dan jangan biarkan diri Anda merasa kelaparan, makan dengan jadwal yang teratur dapat membuat Anda lebih disiplin mengatur pola makan harian dan terhindar dari berbagai penyakit pencernaan, seperti sakit maag, asam lambung, dan lain-lain. Selain itu makan dengan jam teratur, membuat sistem tubuh Anda siap menerima dan mencerna makanan pada saat makanan itu sampai di sistem pencernaan tubuh. Selanjutnya, makanlah hingga Anda merasa kenyang, kurang makan akan membuat laju metabolisme tubuh Anda menurun dan sebagai akibatnya tubuh Anda pun akan menumpuk lebih banyak lemak. Sebagian besar ahli gizi menganjurkan agar seorang wanita aktif mengkonsumsi setidaknya 1.800 kalori setiap harinya. Akan tetapi, pilihlah makanan Anda dengan hati-hati karena makanan sehat pun seringkali mengandung cukup banyak kalori. Kelebihan kalori juga akan membuat berat badan Anda semakin bertambah.

2. Mulai mengkonsumsi diet sehat

Mulai saat ini Anda diharuskan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan batasi konsumsi karbohidrat sederhana, yaitu jenis makanan yang mengandung gula atau tepung putih, hal ini hanya akan membuat berat badan Anda bertambah tanpa ada nutrisi seimbang yang masuk ke dalam tubuh Anda. Untuk memaksimalkan pembakaran lemak di dalam saluran pencernaan dan menghalau rasa lapar, perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Selain itu, pastikan selalu ada makanan sumber protein di dalam menu makanan Anda. Protein dalam makanan dapat berupa protein dari daging, susu, hingga tahu juga merupakan sumber protein yang Anda perlukan dalam menjaga pola makan harian Anda. Diet sehat ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya Anda dapat makan pada jam-jam tertentu dan dilarang makan ketika hendak tidur malam, atau dengan metode lain yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

3. Atur pola istirahat Anda

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh manusia, jika kekurangan tidur, maka Anda akan merasa pusing dan tidak bisa melakukan aktivitas lainnya dengan baik. Maka dari itu, usahakan untuk tidur selama 7 hingga 8 jam setiap harinya. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Case Western Reserve University menyatakan bahwa wanita yang rata-rata tidur selama lima jam atau kurang dari itu, akan lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dan dari hasil survey bahwa 15% di antaranya mengalami obesitas karena kurang tidur. Jadi, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi keseimbangan metabolisme tubuh Anda.

4. Rajinlah mengkonsumsi air putih

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, para ahli menyatakan bahwa dengan meningkatkan konsumsi atau minum air putih, maka laju metabolisme tubuh pun akan semakin meningkat. Hanya dengan mengkonsumsi sekitar 500 ml air putih, laju metabolisme tubuh Anda pun akan meningkat sebanyak 30% selama 1 jam kemudian, yang berarti membakar 24 kalori lebih banyak. Para ahli menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi air dingin karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk menghangatkan air dingin yang masuk ke dalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh Anda saat ini. Namun, mengkonsumsi air mineral suhu ruangan juga sangat baik bagi kelancaran metabolisme tubuh Anda. Konsumsi air putih akan sangat membantu kinerja organ tubuh Anda yang lainnya, sehingga tubuh Anda tidak bekerja keras untuk melakukan aktivitas dalam mencerna makanan, membakar lemak tubuh, dan lain sebagainya.

5. Rajinlah dalam berolahraga

Untuk memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh Anda, ubahlah kecepatan dan intensitas olahraga Anda. Contohnya adalah jika Anda sedang berolahraga jalan kaki, maka tingkatkan kecepatan Anda selama beberapa menit, misalnya dengan berjalan cepat atau jogging selama beberapa menit. Ulangi terus hal ini pada tiap minggu atau tiap bulannya. Jika Anda telah berlari, maka lakukanlah hal ini selama beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan sprint selama beberapa menit dan ulangi kembali. Meningkatkan intensitas olahraga Anda, akan membuat Anda terbiasa beradaptasi dengan berbagai macam olahraga yang Anda lakukan dan membuat lemak dalam tubuh Anda lebih cepat terbakar menjadi energi.

6. Mulailah membentuk massa otot Anda

Otot merupakan salah satu bagian yang dapat membakar lemak di dalam tubuh Anda, maka olahraga untuk membentuk otot merupakan salah satu cara untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda dan menurunkan berat badan Anda yang belum ideal. Setelah berolahraga, pastikan Anda mengkonsumsi camilan sehat yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak, hal ini tentunya akan mengembalikan keseimbangan tubuh Anda setelah berolahraga dengan keras. Dengan meningkatkan massa otot tubuh Anda, maka proses pembakaran lemak di dalam tubuh Anda pun akan semakin meningkat. Salah satu cara dalam meningkatkan massa otot adalah dengan olahraga gym, olahraga kardio juga akan meningkatkan pembakaran lemak yang menutupi seluruh otot tubuh Anda, terutama lemak perut, serta olahraga aerobik secara teratur dan mengkombinasikannya dengan olahraga angkat beban, maka tubuh Anda pun akan terlihat lebih ideal. Membentuk massa otot juga bisa dipercepat dengan bantuan instruktur yang ahli dan meminum suplemen untuk membentuk massa otot yang ideal.

7. Coba untuk mulai mengatur pola pikir Anda

Mulailah menjaga dan mengatur pola pikir Anda, hal ini akan sangat berguna bagi kesehatan jiwa Anda. Mengatur pola pikir bisa dimulai dari mengatur kadar stress Anda setiap hari dengan membagi waktu yang Anda miliki dengan baik dan memfokuskan pikiran Anda pada masa kini. Hal ini dikarenakan berbagai penelitian telah menemukan adanya hubungan antara kadar stress yang tinggi dengan peningkatan berat badan. Semakin tinggi kadar stress yang Anda alami, hal ini akan berkaitan dengan perubahan pola dan jadwal makan harian Anda, pola istirahat harian Anda dan intensitas olahraga Anda, jika semua komponen ini tidak berjalan teratur, maka peningkatan berat badan Anda pun dapat terjadi.

Itulah beberapa hal cara menjaga dan mengatur pola hidup sehat, karena menjaga metabolisme itu sangat penting bagi tubuh manusia, namun tidak hanya menjaga metabolisme tubuh saja, tubuh kita juga memiliki input, proses dan output. Agar tubuh sehat, selalu jaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita, agar kita dapat hidup sehat dan seimbang. Ketika tubuh kita sehat, kita akan dapat merasakan jiwa kita jauh lebih kuat dan kita dapat berpikir dan bertindak dengan benar saat masa pandemi seperti saat ini.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Murni Sari Dewi
Murni Sari Dewi

Hi readers! Salam kenal, aku cuma mau bilang kalau apa yang kamu tulis itu merupakan cerminan pemikiran dan karakter kamu. Jadi, mulailah menulis apa yang kamu pikirkan, semua info yang kamu share bisa jadi membantu kehidupan orang lain di luar sana.

Artikel: 6

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 85 = 93