PENYUSUNAN SPESIFIKASI DAN HARGA PERKIRAAN SENDIRI JASA LAINNYA CLEANING SERVICE

MAKALAH

PENYUSUNAN SPESIFIKASI DAN HARGA PERKIRAAN SENDIRI

JASA LAINNYA CLEANING SERVICE

 

Oleh : SRI SETYARINI
BADAN PUSAT STATISTIK

 

 

 

 

Tahun 2018 Unit Kerja Pemerintah merencanakan untuk menggunakan jasa cleaning service untuk menjaga kebersihan kantor pada gedung baru. Kebutuhan pemeliharaan kebersihan kantor meliputi ruang kerja, toilet, lobi dan selasar, lift serta tangga darurat. Sarana yang harus dijaga kebersihannya meliputi meja, telepon, komputer, tempat sampah, lemari, jendela, pintu, lukisan dan sarana lainnya. Informasi gedung kantor unit pemerintah :

  • 5 lantai
  • Panjang (30 m) Lebar (30 m)
  • Luas lobby dan selasar 200 m2
  • 15 ruang Toilet (tiap lantai ada 3 ruang dengan luas rata-rata 3 m x 4 m)
  • Luas ruang kerja 4.000 m2

Kebutuhan cleaning service yaitu setiap saat seluruh fasilitas tersebut harus dalam keadaan bersih. Kriteria cleaning service berdasarkan spesifikasi berikut:

  1. Spesifikasi mutu :
  • bekerja keras
  • tepat waktu
  • memiliki integritas dan komitmen
  • memiliki inisiatif yang tinggi
  • memiliki sertifikasi keahlian (apabila dibutuhkan)
  • pekerjaan membersihkan dari sampah dan kotoran lainnya serta bau tidak sedap dilakukan sesuai dengan Standar Operating Procedure (SOP).
  • menggunakan bahan pembersih untuk setiap jenis pekerjaan telah mendapat izin dari pihak berwenang.
  • alat yang digunakan untuk menjaga kebersihan sesuai dengan karakteristik objek yang dibersihkan
  1. Spesifikasi kuantitas : (analisis membutuhkan analisis beban kerja yang lebih mendalam)
  • Pembersih Toilet : 5 x 1 (tiap lantai 1 orang pembersih toilet)
  • Pembersih Lobby dan Selasar : 2 orang
  • Pembersih Ruang Kerja : 5 x 3 (Tiap lantai membutuhkan 3 tenaga pembersih dengan beban kerja masing-masing 1000 m2
  1. Spesifikasi waktu : pekerjaan dimulai pada jam kerja  : 07.00 – 17.00 WIB, dengan rincian sebagai berikut:
Tugas Frekuensi Keterangan
Menyapu lantai Pagi dan Sore Pagi sebelum pegawai datang, sore setelah pegawai pulang
Membersihkan karpet Sekali Seminggu Karpet dibersihkan setiap hari jumat dan dipasang kembali setiap hari Senen pagi
Membersihkan kaca Sekali seminggu Setiap hari Rabu, mulai dari depan sampai belakang
Membersihkan toilet 5 kali sehari Setiap sore setelah menyapu lantai
……………………. dst
  1. Spesifikasi tingkat pelayanan : seluruh fasilitas yang menjadi tanggung jawab harus selalu dalam keadaan bersih dan harum, maka diperlukan Supervisor, Catatan ceklist, dan Rotasi pegawai Cleaning Service

Untuk memperkirakan HPS, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kebutuhan jenis bahan dan peralatan serta sumber daya manusia dalam menjaga kebersihan gedung kantor dan isinya, sebagai berikut:

Harga Perkiraan Sendiri (HPS)
Jasa Lainnya Cleaning Service
     
NO        URAIAN KEGIATAN JUML    TENAGA WAKTU/ BULAN SATUAN BIAYA SATUAN  (Rp) JUMLAH BIAYA                                              (Rp)
I Biaya Upah (tenaga kerja) 685.200.000
1 Pengawas (min. SMA) 2 12 OB 3.800.000 91.200.000
2 Tenaga Kebersihan (min. SMA) SMP) 15 12 OB 3.300.000 594.000.000
II Biaya Bahan (material) 16.548.000
1 Prostek / Gogetter  @ 450 ml 10 12 bulan 22.100 2.652.000
2 Cong-R-Dust  @ 220 ml 5 12 bulan 231.600 13.896.000
3 Airfresh  @ 330 ml 5 12 bulan 73.000 4.380.000
4 Shine up/ Furni Shine  @ 150 ml 8 12 bulan 135.000 12.960.000
5 Tepol/ Floor Clean  @ 450 ml 15 12 bulan 24.300 4.374.000
6 Creolin  @ 450 ml 10 12 bulan 40.600 4.872.000
7 Bagus  @ 150 gr 10 12 bulan 21.600 2.592.000
8 Pengharum Krisbow  @ 300 ml 5 12 bulan 36.100 2.166.000
9 Glass cleaner  @ 300 ml 3 12 bulan 31.600 1.137.600
10 Shine Up/Metal Shine  @ 300 ml 2 12 bulan 112.900 2.709.600
III Biaya Alat (perlengkapan) 1.528.800
1 Dry Mob 5 12 bulan 227.500 13.650.000
2 Kain Mop (Bahan Nilon) 5 12 bulan 91.000 5.460.000
3 Sulak Panjang 3 12 bulan 9.100 327.600
4 Sapu Ijuk 5 12 bulan 18.200 1.092.000
5 Cikrak 10 12 bulan 13.650 1.638.000
6 Ember Plastik 5 12 bulan 22.750 1.365.000
7 Lap Chamois 5 12 bulan 9.100 546.000
8 Sikat Tangkai 5 12 bulan 9.100 546.000
9 Sikat WC 5 12 bulan 13.650 819.000
10 Pel Tangkai 3 12 bulan 22.750 819.000
11 Floor Sqeege 4 12 bulan 31.850 1.528.800
12 Window Squeege 4 12 bulan 40.950 1.965.600
JUMLAH Rp. 703.276.800
Keuntungann 70.327.680
PPN 10% 70.327.680
Jumlah 843.932.160
Dibulatkan 843.900.000

Maka Harga Perkiraan Sendiri yang dipelukan untuk menyelenggarakan Jasa Lainnya Cleaning Servise adalah sebesar Rp. 843.900.000,-

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Tim LPKN
Tim LPKN

LPKN Merupakan Lembaga Pelatihan SDM dengan pengalaman lebih dari 15 Tahun. Telah mendapatkan akreditasi A dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Pemegang rekor MURI atas jumlah peserta seminar online (Webinar) terbanyak Tahun 2020

Artikel: 602

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *