Tempat Wisata di Indonesia yang Ditinggalkan, Dulu Ramai Kini Terlupa.

 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah tinggal bagi masyarakatnya dari Sabang hingga Merauke. Terbentang dengan gugusan alam yang indah membuat Indonesia menjadi salah satu negara rujukan untuk berlibur bagi turis asing atau warga lokalnya sendiri. Ada banyak jenis lokasi wisata di Indonesia seperti bertema laut atau perairan, gunung perbukitan hingga bangunan-bangunan unik bersejarah.

Potensi alam Indonesia yang mahsyur juga budayanya yang ramah tak dapat dipungkiri memang mampu menarik perhatian turis-turis. Mereka berduyun-duyun datang untuk melihat keindahan wisata alam maupun buatan di Indonesia. Mungkin tempat wisata di Indonesia seperti Bali, Gili Trawangan, Malang, Raja Ampat atau Kota Tua Jakarta sudah biasa kita dengar sebagai destinasi wisata rujukan dan populer, bagaimana dengan jenis wisata lainnya?

Nah! selain memiliki pesona alamiah, Indonesia juga sering membangun tempat-tempat wisata untuk menarik perhatian turis atau wisatawan. Seperti pembangunan taman kota, taman bermain, museum-museum, kebun binatang, kolam renang hingga villa lho. Namun bagaimana kalau ternyata tempat wisata yang pernah berjaya itu kini ditinggalkan? Kira-kira kalian masih ingin mengunjunginya tidak ya?

Mari kini kita traveling online bersama mengunjungi beberapa tempat wisata di Indonesia yang dahulu sangat ramai  tapi kini malah terbengkalai. Bahkan beberapa rumor beredar bahwa suasana ngeri begitu terasa di bekas-bekas wisata ini yang kini bahkan sudah dialih fungsikan sebagai wahana uji nyali. Kira-kira dimana saja lokasi wisata tersebut ya? mari simak uraiannya bersama-sama.

  1. Kampung Gajah Wonderland, Bandung

Lokasi wisata hits pada jamannya yang kini sudah ditinggalkan datang dari Kampung Gajah Wonderland yang ada di Bandung. Lokasi tepatnya ada Jalan Sersan Bajuri KM 3,8 Kecamatan Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Pada zaman kejayaannya lokasi ini mendapat banyak kunjungan dari wisatawan karena banyak terdapat tempat foto aesthetic.

Kampung Gajah Wonderland mengusung tema taman bermain hits atau modern yang menyediakan berbagai wahana hiburan. Seperti Formula Kart, Delman Royal, Bianglala hingga Buggy Familly yang menjadi wahana unggulannya. Tidak hanya wahana seperti diatas, lokasi ini juga dulunya menawarkan pengunjung bisa merasakan Waterpark nyaman untuk bermain air.

Sayangnya pada tahun 2017 lokasi ini mengalami kebangkrutan pengelolaan yang menjadikannya ditinggalkan begitu saja tanpa perawatan. Bangkai-bangkai wahana yang mulai berkarat menimbulkan kesan mistis bagi pengunjung yang datang ke lokasi ini. Meski horror namun lokasi ini masih banyak didatangi kawula muda yang ingin berfoto dengan tema horror aesthetic.

  1. Bounty Beach Club Bungalows, Gili Meno

Jika berkunjung ke Pulau Lombok salah satu destinasi wisata yang terkenal adalah Gili baik Gili Trawangan, Meno atau Air. Namun tahukah bahwa ada destinasi wisata sebuah penginapan terbengkalai yang ada di Gili Meno? Lokasi ini sudah ditinggalkan sejak tahun 2002. Lokasi villa penginapan yang luas dibiarkan terbengkalai begitu saja di tengah-tengah pulau Meno yang indah.

Berpadu dengan deru ombak, angin laut dan pepohonan suasana di area villa terbengkalai ini begitu sepi dan sunyi. Bekas kursi, meja, perabotan hingga kolam renang rusak dan kotor menjadi pemandangan lazim jika ingin datang berkunjung kesini. Kira-kira apakah anda masih berminat untuk menengok lokasi terbengkalai satu ini?

  1. Taman Festival, Bali

Bicara Bali pasti yang diingat adalah Pantai Kuta bukan? namun tahukah bahwa di Bali juga ada tempat wisata bertema horror lho. Ya! Tempat wisata itu adalah Taman festival yang terletak Jalan Padang Galak Nomor 3, Kesiman, Denpasar Timur, Denpasar, Bali. Taman festival ini sendiri mulai beroperasi untuk umum sejak tahun 1997 dengan menyajikan konsep taman hiburan super lengkap.

Selain wahana permainan, di lokasi ini juga menyediakan kebun binatang, amphiteathre hingga wisata alam. Sayangnya Taman festival ini hanya buka selama dua tahun dan meninggalkan banyak ruangan kosong yang belum selesai dibangun. Pada tahun 2012 secara misterius lokasi ini juga mengalami kebakaran yang semakin menambah kengerian suasana disekitarnya, kira-kira apakah anda masih ingin mengunjunginya?

  1. Pondok Indah Begudul, Taman Rekreasi Hotel

Masih datang dari Pulau Bali, lokasi wisata bertema horror yang dulunya ramai kini ditinggalkan datang dari Pondok Indah Begudul. Berlokasi di Desa Batunya, Baturiti, Tabanan, Bali lokasi ini memiliki luas bangunan yang besar dan megah. Ada dua rumor cerita yang bereda mengenai Pondok Indah Begudul.

Pertama, tempat ini dibangun pada Tahun 1990-an namun belum sempat dibuka untuk umum lokasi ini sudah ditutup. Cerita kedua, lokasi ini sudah pernah beroperasi selama beberapa waktu namun kemudian ditutup karena adanya gangguan makhluk gaib yang menimpa pengunjung. Hingga saat ini bangunan hotel masih nampak kokoh meski suasana ngeri begitu terasa ketika anda masih mencoba ingin mengunjunginya.

  1. Kolam Renang Singadaru, Serang

Bagi yang tinggal di Serang Banten mungkin sudah tidak asing dengan tempat wisata Kolam Renang Singadaru yang pernah hits pada masanya. Kolam renang ini menurut informasinya pernah nge-trend di tahun 1980-an namun akhirnya ditutup dan terbengkalai hingga sekarang.  Lokasi tepatnya ada di Kelurahan Lontarbaru, Serang, Serang, Banten.

Kini kolam-kolam renang dan wahana yang ada dibiarkan terbengkalai tanpa sama sekali disentuh, bahkan ilalang dan semak belukar memenuhi area sekitarnya. Suasana menjadi semakin ngeri ketika banyak rumor beredar mengenai Kolam Renang Singadaru. Jika kalian penasaran dan ingin berkunjung, pastikan untuk berhati-hati selalu ya!

  1. Villa Hantu

Tempat wisata terbengkalai selanjutnya masih datang dari Pulau Lombok yang memiliki view pemandangan super indah lho. Pada awalnya villa ini dibangun diatas sebuah perbukitan yang mampu melihat langsung keindahan Pantai Setanggi Lombok Utara. Namun karena diklaim lokasi tanahnya yang rawan dan berbahaya akhirnya villa ini ditinggalkan dan karena sepi, mendapat julukan Villa Hantu.

Lokasi detailnya ada di Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Padahal lokasi ini sangat indah untuk melihat matahari terbit atau terbenam apalagi ketika cuaca sedang cerah. Kira-kira jika mampir ke Pulau Lombok masihkah ada berani untuk datang ke lokasi ini?

  1. Taman Remaja Surabaya

Sama seperti beberapa wisata terbengkalai sebelumnya, Taman Remaja Surabaya juga merupakan jenis taman bermain yang memiliki banyak wahana menarik didalamnya. Taman ini dulunya merupakan salah satu destinasi wajib dan populer bagi warga Surabaya lho, meski kini sudah ditinggalkan. Taman ini memiliki wahana beragam seperti Mini Roaller Coaster, Boom-boom Car hingga rumah hantu lho.

Namun karena perawatan dan kelayakan bangunan yang dianggap sudah tidak memenuhi syarat pemerintah kota menutup izin operasinya. Kini taman wisata ini dibiarkan terbengkalai begitu saja meninggalkan suasana seram bagi yang melihatnya. Bekas bangkai-bangkai wahana yang mulai berkarat seolah semakin menambah kengerian saja.

Ternyata ada cukup banyak tempat wisata yang dulunya sangat hits di zamannya namun kini malah ditinggalkan dan terlupa. Meski terlupa, hampir semua lokasi diatas masih terbuka untuk umum bagi yang masih ingin datang untuk hanya sekedar berfoto saja. Namun pastikan untuk selalu berhati-hati dan datang pada pagi atau siang hari saja ya!

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *