Pecinta Makanan Pedas? Inilah 6 Kiat Makan Pedas Tanpa Takut Sakit Perut dan Tetap Sehat!

Siapa sih yang tidak  jatuh hati dengan makanan pedas? Tentu saja rasa makanan pedas itu menjadi salah satu tipe makanan penggugah selera. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak kuliner tradisional yang memiliki cita rasa pedas dari Sabang sampai Merauke. Tapi tahukah jika makan pedas itu disinyalir bisa menyebabkan sakit perut atau gangguan kesehatan lainnya? Apalagi ketika makan menu pedas setiap waktu.

Lantas jika bisa menganggu kesehatan apakah kita sebagai orang timur yang doyan makanan pedas tidak bisa menikmatinya lagi? Tentu saja tidak. Lewat ulasan ini akan dijabarkan mengenai kiat makan pedas tanpa takut sakit perut dan tetap sehat. Sehingga bagi para pembaca yang hobi kuliner pedas seperti Bakso Cuanki, Cimol Pedas, Oseng Mercon, Kentang Balado hingga Rawon bisa tetap makan dengan tenang tanpa perlu khawatir sakit perut bahkan mengalami diare setelah makan.

Meski ada tips menetralisir rasa pedas namun pastika dulu jika ingin makan pedas dengan porsi tertentu, tubuh harus berada dalam keadaan sehat juga fit. Kondisi badan yang meriang tentu bisa mempengaruhi performa organ pencernaan dalam mentolerir makanan pedas yang masuk. Nah apa saja kiranya kiat makan pedas tanpa takut sakit perut dan tetap sehat? Simak uraiannya sebagai berikut!

1.      Minum Susu atau Yogurt Sebelum Menyantap Makanan Pedas

Tips pertama bagi pembaca yang hobi melahap makanan pedas, jika ingin mukbang makanan pedas dalam sekali makan maka bisa lho minum susu atau yogurt terlebih dahulu. Bakteri baik dari yogurt atau susu sudah teruji mampu menetralisir perut yang menerima makanan pedas dalam porsi tertentu. Jadi anda tidak perlu khawatir bahwa diare, maag atau infeksi perut bisa muncul karena sudah pasti dinetralisir dengan produk makanan ini.

2.      Pastikan Mengisi Perut Beberapa Waktu Sebelumnya

Selain tips mengkonsumsi yogurt atau susu sebelum makan pedas dalam jumlah tertentu maka ada baiknya juga untuk memastikan perut dalam keadaan terisi beberapa waktu sebelum makan pedas. Pembaca jangan sampai mencoba makan pedas dengan perut yang belum sarapan atau terisi makanan ya! Perut yang kosong itu bisa memicu fluktuasi gas dalam lambung yang mengakibatkan nyeri. Fluktuasi yang terjadi inilah nantinya bisa memicu magh, asam lambung naik, diare atau gejala lainnya, oleh sebab itu jangan mengabaikan point ini agar kesehatan tidak terganggu.

3.      Hindari Minuman Berkafein Saat Menyantap Makanan Pedas

Kiat makan pedas tanpa takut sakit perut yang ketiga adalah dengan menghindari minum berkafein seperti teh atau kopi setelah menyantap makanan pedas. Kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi yang mana bisa memperburuk efek pedas di perut atau mulut. Meski keduanya bisa diseduh dalam rasa manis namun pastikan untuk skip kedua minuman ini jika ingin makan pedas! Anda bisa memilih jenis minuman lain seperti air putih atau juice untuk menetralisir rasa pedas dimulut.

4.      Jangan Lupa Minum Air Putih

Air putih memang selalu menjadi salah satu komponen terbaik dikehidupan manusia, baik sebagai pereda dahaga hingga pelepas rasa pedas lho. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup atau dalam temperatur hangat untuk meredakan rasa pedas diperut juga mulut seusai menyantap makanan pedas favorit anda. Cara ini cukup efektif jika tidak memiliki susu atau yogurt di tempat penyimpanan makanan anda.

5.      Jangan Lupakan  Nasi Sebagai Bagian Penting Menu Makan Pedas Anda

Jika ingin makan-makanan yang pedas maka pastikan untuk menyediakan nasi sebagai penunjang hidangan yang ada. Kandungan karbohidrat yang tinggi dari nasi akan menekan rasa pedas dari lauk yang dimakan bersamaan, apalagi nasi sendiri memiliki rasa manis dan kandungan glukosa di dalamnya. Oleh sebab itu ketika ingin makan pedas seperti Udang saus pedas, Kepiting pedas, Ayam geprek, Ceker setan, pastikan nasi ada bersamaan dengan hidangan anda, di jamin ini akan sangat membantu penikmat pedas menikmati hidangan tanpa risau sakit perut mengancam.

6.      Konsumsi Coklat dalam Batas Wajar

Rasa coklat yang manis dengan kandungan kapsaisin yang mudah leleh dimulut bisa mengurangi rasa panas dan pedas usai makan lho. Kamu yang suka pedas bisa menyediakan minuman seperti coklat hangat, coklat batangan atau permen coklat disamping meja. Gigit atau minum coklat setelah anda merasa sudah kepedesan, rasa manis dan kandungan coklat akan membantu untuk meredakan dan membuat rilex pencernaan.

 

Bagaimana? Kiat makan pedas tanpa takut sakit perut dan tetap sehat yang dijabarkan diatas super bermanfaat dan mudah untuk diterapkan bukan. Meski sudah ada kiat aman mengkonsumsi makanan pedas bagi para pecinta rasa ini namun anda tetap perlu mengontrol diri dan jangan terlalu makan dalam jumlah berlebih. Pastikan selalu memberikan jeda bagi pencernaan dan jangan makan pedas terlalu sering ya, salam sehat!

 

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *