Peluang Bisnis Baru Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Manajemen Pemasarannya yang Tepat

Revolusi industri 4.0 merupakan fase dimana perkembangan teknologi yang telah tumbuh secara alami dari masa ke masa menemukan titik balik. Pada titik balik inilah teknologi seolah mampu menjadi sebuah terobosan baru yang sangat menjanjikan bagi kehidupan umat manusia. Mulai dari mendukung kebutuhan manusia dalam bidang kesehatan, komunikasi, hiburan hingga ekonomi dan perdagangan.

Berdasar sejarah, teknologi manusia dimulai dari hal sederhana seperti pengembangan bahasa, pembuatan perkakas dari batu hingga yang sangat rumit seperti komputer kuantum. Sejarah mencatatkan bahwa manusia telah berusaha menelaah teknologi sejak zaman batu dan mulai berkembang pada masa revolusi industri tahun 1760-1850 dan mulailah terjadinya perubahan secara besar-besaran di berbagai bidang dengan ditandai munculnya mesin uap,mesin tenun,sepeda,telegraf dan telfon serta mobil jenis awal.

Pengembangan teknologi secara berkelanjutan dari abad ke abad akhirnya tiba pada era revolusi industri 4.0. Revolusi yang membuat segala yang dibutuhkan ada dalam genggaman, seperti kegiatan komunikasi, interaksi bahkan bisnis dapat dilakukan menggunakan media elektronik. Hal ini menimbulkan perbedaan kegiatan-kegiatan yang dulunya dilakukan secara konvensial berubah menjadi virtual. Pada era digital sudah tidak ada lagi batas negara maupun waktu yang menjadi penghalang, hampir seluruh kegiatan manusia sudah sangat memanfaatkan teknologi daring,apalagi kegiatan bisnis.

Berikut adalah peluang-peluang bisnis di era industri 4.0 :

Fintect (Finance Technology)

Istilah fintect pasti sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia apalagi di era 4.0 ini. Khususnya bagi kalangan yang melihat peluang bisnis dari segi finansial. Fintect menyasar generasi milenial, dengan menawarkan kemudahan pembayaran, transaksi jual beli serta urusan pengelolaan keuangan.

Bisnis pengelolaan keuangan ini menjadi salah satu mode pemanfaatan teknologi yang paling bisa berkembang dan menguntungkan. Menilik pada hal itulah maka menjadikan fintect menjadi salah satu bisnis baru yang menjanjikan. Pelaku bisnis bisa lho mulai menyusun program pengelolaan keuangan berbasis teknologi semacam ini.

Cloud Hosting

Cloud adalah satu teknik penyimpangan database yang paling ringan dan mudah diakses, sebut saja seperti Google Drive dan Dropbox. Kebutuhan akan penyimpanan database bagi pekerja modern atau kaum milenial saat ini mengalami peningkatan signifikan lho. Oleh sebab itu penawaran jasa cloud akhir-akhir ini juga semakin marak adanya, jadi bisa dipastikan bahwa memulai bisnis dalam bidang ini akan menghasilkan untung yang sama besarnya dengan kebutuhan pasar bukan?

Bisnis Jual Beli Online

Perkembangan teknologi seolah membuat bisnis online seperti menemukan kelasnya karena mendapatkan lahan pengembangan yang super luas. Teknologi memudahkan pembeli dan penjual untuk terhubung hanya dengan lewat social media, website dan via digital saja. Dengan menawarkan kemudahan berbelanja tanpa batas waktu dan wilayah, diskon serta jenis barang yang beragam membuat pelaku bisnis online saat ini semakin berkembang lho, selain online shop penyedia jasa transportasi online juga semakin diperhitungkan.

Ternyata ada banyak peluang bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era milenial ini. Namun sejalan dengan hal itu, tentu saja pelaku bisnis harus mampu melakukan pemasaran produknya dengan tepat. Pemasaran sendiri adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif (Hasyim, 1994).

Dalam pemasaran terjadi suatu aliran barang dari produsen ke konsumen dengan melibatkan lembaga perantara pemasaran.  Seluruh lembaga perantara pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan saluran pemasaran baik pemasaran online atau offline. Menurut Assauri (1996), pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan dan sasaran perusahaan, karena pemasaran merupakan pintu terdepan untuk mengalirnya dana kembali ke dalam perusahaan.

Dengan kata lain, kelancaran atau suksesnya sebuah pemasaran akan memungkinkan naiknya laba dan profit perusahaan. Mengingat pentingnya pemasaran dalam membantu menaikan profit perusahaan dan pengusaha, maka memilih metode pemasaran yang tepat harus dilakukan bukan? bagaimana manajemen pemasaran yang tepat itu? Berikut uraiannya.

Buatlah Jalinan Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Manajemen promosi yang baik dan efektif pertama adalah dengan selalu menjalin hubungan atau komunikasi yang baik dengan pelanggan atau konsumen. Pepatah lama mengenai “Pelanggan adalah  raja” agaknya masih tepat disematkan meski di era modern seperti ini. Berikan kesan professional dan baik bagi pelanggan yang mau, sudah atau sedang menggunakan atau membeli layanan bisnis anda, kesan yang baik akan memungkinkan pelanggan kembali lagi menggunakan jasa anda.

Kenali Pelanggan

Tips selanjutnya adalah dengan senantiasa mengenali kebutuhan pelanggan terhadap produk atau jasa yang tengah perusahaan anda tawarkan. Misalnya saja, anda memiliki layanan jasa bisnis transportasi online, maka tentu saja anda bisa mulai memasarkan ke lingkungan kampus atau area pekerja bukan perkampungan yang pelosok. Anda juga harus mampu mengenali tren pasar yang tengah berkembang agar tidak salah sasaran dalam menawarkan produk.

Rajin Promosi

Tentu saja manajemen promosi yang baik dipengaruhi oleh tingkat promosi yang baik. Pelanggan atau calon pelanggan tidak akan tertarik atensi nya jika anda merupakan pengusaha yang apatis dalam promosi. Lakukan setidaknya 1 kali promosi setiap harinya lewat media social yang ada.

Wajib Punya Akun Social Media

Sejalan dengan tips manajemen pemasaran point sebelumnya maka pelaku bisnis masa kini memang wajib sekali memiliki akun media social. Tidak hanya  sebagai penunjang promosi tetapi social media juga bisa menjadi sarana mengetahui perkembangan bisnis lawan main, perkembangan pasar dan tren yang beredar. Social media perusahaan sendiri bisa digunakan sebagai media informasi bagi calon pelanggan yang akan menggunakan jasa atau produk anda lho.

Memiliki Akun Google Bisnisku

Tips manajemen promosi yang kelima adalah dengan memiliki akun google bisnisku, meski terdengar sepele namun hasil dari kepemilikan akun ini juga besar lho dampaknya. Pemilik usaha yang memiliki akun Google Bisnisku akan memiliki nilai jual lebih di mata konsumen atau pelanggan karena dianggap lebih mumpuni.  Calon konsumen juga akan lebih mudah mencari informasi, lokasi, foto tempat usaha atau perusahaan atau review mengenai usaha anda sebagai bahan pertimbangan.

Catat Semua Anggaran

Ketika melakukan manajemen promosi tentu saja ada anggaran yang harus dikeluarkan bukan ? Nah disinilah harus pelaku usaha mencatat semuanya. Jangan sampai adanya pembengkakan biaya akibat promosi seperti di social media, google ads, Instagram ads, platform online, website hingga menggunakan promosi artis atau selebgram. Berikan estimasi biaya promosi yang jelas agar nantinya tidak terjadi pembengkakan biaya di kemudian hari.

Bicara teknologi, pemasaran dan ekonomi tentu memang tidak akan pernah habis apalagi bagi anda yang memang bergelut dibidangnya. Selalu ada hal baru, metode baru dan mode manajemen lain yang harus selalu di pelajari dan di coba agar perkembangan bisnis semakin maju. Oleh sebab itu setelah mendapatkan khasanah pengetahuan diatas agaknya bisa lho mulai di perhatikan sertas di aplikasikan pada bisnis anda, selamat mencoba dan selamat bekerja!

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *