Sekolah Alam, Bentuk Media Pembelajaran Alternatif yang Memiliki Segudang Manfaat

Setiap tahun ajaran baru tentu saja para orang tua akan bersiap memilah dan mendaftarkan putera dan puteri mereka untuk bergabung ke jenjang pendidikan formal atau sekolah. Misalnya saja Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas. Di Indonesia sendiri ada banyak model dan bentuk sekolah konvensional yang di sasar atau di tuju oleh para orang tua murid.

Sekolah konvensional dengan segudang prestasi, lokasi yang mudah dijangkau atau bangunan yang mumpuni selalu menjadi pilihan bagi para orang tua murid. Namun sekolah konvensional sendiri sebenarnya memiliki banyak kekurangan dalam model pembelajaran. Salah satunya adalah tenaga pengajar yang kurang produktif, komunikatif dan aktif mengenal antar siswa yang ada di sekolah tersebut.

Hal ini dikarenakan pengajar di sekolah konvensional dibebankan jumlah murid yang terlalu banyak dengan tugas pribadi yang juga menumpuk. Pengajaran yang monoton bisa melemahkan motorik anak dalam atensinya  ketika menyimak materi lho, dan ini bisa menurunkan prestasi anak sendiri. Pengaruh psikologis seperti rasa bosan dan lingkungan yang kurang terarah bisa mengakibatkan kualitas akademik anak menurun.

Apalagi di era modern dan teknologi seperti ini, anak-anak akan lebih mudah berkembang dibandingkan pada era sebelumnya. Sekolah yang unik, kreatif serta inovatif bisa menjadi salah satu cara menjaga perkembangan motorik anak dalam mengenyam bangku pendidikan. Nah sekolah yang demikian itu bisa ditemui di Indonesia dengan nama Sekolah alam yang berfokus untuk mengembangkan kreatifitas, kepribadian serta keaktifan antar siswa.

Sekolah alam sendiri merupakan sebuah sekolah alternatif yang menggunakan alam sebagai media atau sarana pembelajarannya. Anak-anak tidak akan mudah bosan atau jenuh ketika ruang kelas mereka yang biasanya dinding kini akan diganti langsung dengan pepohonan atau ruang terbuka. Siswa di sekolah alam akan lebih banyak menjalani metode pembelajaran  action learning yang berbasis pada pengalaman yang ia lalui sendiri sehingga ia akan mampu lebih berkembang secara luas kedepannya.

Menurut seorang ahli psikolog anak sekaligus staf pengajar di Fakultas Psikologi UI bernama Efriyani Djuwita,M.Si. Beliau menyatakan bahwasanya sekolah alam merupakan salah satu bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam sebagai media utama sebagai pembelajaran. Efriyani Djuwita,M.Si juga menjelaskan lebih lanjut bahwa sistem pendidikan sekolah alam itu memiliki banyak manfaat. Sekolah alam memiliki konsep bahwa siswa belajar tidak hanya berdasarkan atau mengandalkan text book, tapi juga belajar aktif.

Belajar aktif di sini dimaksudkan bahwa siswa akan dirangsang untuk senantiasa mampu memahami situasi dan kondisi nyata suatu lingkungan. Mereka juga akan diarahkan untuk mampu berkomunikasi dengan tenaga pengajar dengan baik. Jalinan kedekatan siswa dan pengajar ini diharapkan mampu menumbuhkan kehangatan di antara keduanya yang mana nanti bisa membantu siswa mencapai performa terbaik study-nya.

Situasi yang lebih menarik di alam terbuka dan pengajaran yang kondusif merupakan salah satu kelebihan dari sekolah alam. Namun tidak hanya itu, berikut ada beberapa kelebihan jika orang tua memilih mempercayakan pendidikan anak ke sekolah alam di banding pendidikan konvensional :

  1. Mampu Lebih Mengasah Imajinatif Diri

Kelebihan pertama dari sekolah alam adalah mampu mengasah imajinatif diri dari para siswa didik. Mode belajar yang ada di sekolah alam akan membebaskan setiap siswa untuk membuat ilustrasi alami mengenai tugas yang diberikan. Hal ini tentu akan merangsang imajinasi dalam diri siswa setiap menghadapi permasalahan di ruang belajar.

  1. Anak Akan Lebih Kreatif dan Percaya Diri

Selain siswa mampu mengasah imajinatif diri dengan lebih baik, metode belajar dan penugasan yang inovatif juga bisa membantu siswa untuk lebih kreatif. Siswa bebas untuk mengeksplore kemampuan dirinya sendiri di dalam alam terbuka. Metode Learning by doing yang diterapkan disini akan membantu siswa percaya diri dengan pilihannya sendiri karena tidak ada batasan mengikat seperti di sekolah konvensional.

  1. Sekolah Alam Memberikan Variasi Terbaik Dalam Belajar

Tidak akan ada batasan, kesalahan dan pengekangan dalam mode belajar di sekolah alam. Siswa bebas memberikan dan memiliki variasi konsep belajar sesuai kemampuannya. Hal ini bisa menjadi variasi terbaik dalam belajar yang tidak akan bisa diberikan sekolah konvensional lho.

  1. Mampu Lebih Bekerja Sama Sekaligus Bertanggung Jawab

Kelebihan lainnya dari sekolah alam di bandingkan dengan sekolah konvensional adalah siswa akan lebih mampu bekerja sama sekaligus memiliki sikap bertanggung jawab. Setiap permasalahan dalam pembelajaran akan selalu di selesaikan dengan metode team work dan mengetahui problem solvingnya. Oleh sebab itu otak anak akan lebih sensitif untuk mencari tahu bagaimana pemecahan permasalahan yang tengah terjadi.

  1. Lebih Bijak, Berkarakter dan Mandiri

Siswa yang masuk dan bersekolah di sekolah alam akan lebih memiliki sikap bijak, berkarakter serta mandiri. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran, pemecahan masalah, pengambilan sikap dan minat akan di bebankan langsung pada siswa. Siswa tidak akan di paksa hanya berfokus pada pelajaran atau penjurusan yang tidak ia suka, seperti di sekolah konvensional.

  1. Tidak Akan Berfokus Saja dengan Dunia Maya

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak jaman sekarang sudah tidak bisa lepas dari yang namanya gadget dan dunia maya. Meski sekolah alam juga menggunakan ponsel sebagai media komunikasi, namun selama pembelajaran di kelas yang berbaur langsung dengan alam, para siswa akan lebih memiliki atensi lebih terhadap lingkungan. Siswa akan lebih banyak bersentuhan langsung dengan lingkungan, rekan kelas, pengajar sehingga ketertarikan dengan dunia maya akan lebih bisa disingkirkan.

 

Itulah beberapa uraian mengenai keuntungan dan kelebihan para orang tua menyekolahkan anak ke sekolah alam. Ada banyak sekolah alam dengan akreditasi baik di Indonesia. Jadi tidak ada salahnya untuk mengembangkan anak ke sekolah alam agar kemampuan akademik maupun psikologisnya bisa lebih berkembang.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *