7 TIPS INTERVIEW UNTUK FRESH GRADUATE

Proses melamar kerja selalu menjadi momok yang menakutkan bagi setiap fresh graduate. Bagaimana tidak? Interviewer atau HRD selalu bertanya mengenai pengalaman kerja atau studi kasus seputar pekerjaan yang akan kamu lamar. Lalu bagaimana jika kamu adalah seorang fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman apapun? Simak tips-tips interview untuk fresh graduate berikut ini :

  1. Sering-Sering Simulasi Interview

Menjawab pertanyaan interview dengan lancar dan tenang akan membuat HRD respect denganmu. Paling tidak, HRD akan berfikir bahwa kamu memiliki communicatin skill atau preparing skill yang bagus. Kamu bisa browsing di internet mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul saat interview. Jika kamu sudah terbiasa simulasi, kamu bisa dengan mudah mengembangkan topik jawaban kamu di depan HRD.

  1. Interview = Ngobrol

Kebanyakan orang gugup pada saat interview karena mereka merasa terbebani jika harus menunjukkan performa terbaiknya. Mereka takut jika performa mereka tidak dianggap layak oleh HRD. Padahal, jika kamu terlalu over show, HRD malah akan kurang respect denganmu. Anggap saja interview adalah obrolan santai antara kamu dan HRD. Bukankan ketika ngobrol kamu menjadi seorang yang apa adanya dan tidak merasa memiliki beban apapun?

  1. Lakukan Riset Perusahaan

Sebelum interview pastikan kamu mengetahui value dan culture perusahaan yang kamu lamar. Karena, dalam interview HRD juga akan melihat apakah karaktermu sesuai dengan value dan culture yang dimiliki perusahaan. Jika kamu mengetahui value dan culture perusahaan,  kamu dapat menyesuaikan pembawaan diri kamu ketika wawancara agar HRD me-notice kamu.

 Jual Skill Kamu !

Jika kamu ialah seorang fresh graduate mempresentasikan skill kepada HRD ialah senjata utama untuk meyakinkan HRD bahwa kamu layak di posisi itu. Ketika kamu mempresentasikan mengenai skill mu, jangan lupa untuk mempresentasikan detail-detail skill yang kamu kuasai. Dengan begitu, HRD akan percaya dan yakin dengan kemampuanmu. Jangan lupa juga lampirkan portofolio dalam CV, paling tidak HRD akan mempertimbangkannya dalam proses seleksi.

  1. Penampilan yang menarik

Sebelum berangkat interview, lebih dulu kamu harus survey culture perusahaan yang akan kamu datangi. Pastikan pakaian kamu tidak menyalahi culture  dari perusahaan tersebut. Jika perusahaan itu memiliki culture yang santai seperti start-up, kamu bisa memakai pakaian santai yang sopan. Namun, jika perusahaan itu memiliki culture yang kaku dan formal seperti company sebaiknya kamu memakai pakaian formal juga. Jangan lupakan juga untuk memakai parfum saat interview !

  1. Jangan Terlambat

Datang terlambat untuk interview akan membuat HRD kehilangan respect sama kamu. HRD akan berfikir bahwa kamu orang yang kurang disiplin dan tidak menghargai orang lain. Untuk menghindari hal seperti itu, pada saat  H-1 kamu sudah harus mempersiapkan pakaian dan memastikan transportasi yang akan kamu gunakan menuju tempat interview. Kamu juga harus tahu estimasi waktu yang dibutuhkan dari tempat mu menuju perusahaan kamu interview. Dengan begitu, kamu bisa mengatur waktu keberangkatanmu dengan tepat. Sebaiknya datanglah 30 menit sebelum waktu interview, agar kamu bisa merapikan dirimu dan menenangkan diri sejenak sebelum berhadapan dengan HRD.

  1. Pastikan Handphone dalam Keadaan Silent

Akan sangat memalukan bukan jika handphone kamu berdering saat interview? Handphone yang berdering saat interview akan mengganggu proses interview. Bahkan akan mendistraksi pertanyaa HRD atau bahkan jawaban kamu sendiri. Jangan sampai HRD menganggapmu sebagai seorang yang kurang well prepared karena masalah handphone yang berdering.

Sekian tips wawancara untuk fresh graduate kali ini. Sebenarnya wawancara untuk fresh graduate atau yang sudah berpengalaman hampir sama. Hanya saja, fresh graduate harus meakinkan HRD bahwa skill nya mumpuni dan sesuai dengan kemauan perusahaan. Semoga berhasil !

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Nur Zakiyah Mukarromah
Nur Zakiyah Mukarromah

Halo. Saya Zakiya. Mahasiswi yang senang berbincang, bermain, dan belajar. Saya juga suka seorang freelancer artikel SEO. Mari berteman !

Artikel: 1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *