Rumah Minimalis : Tempat Tinggal Ideal dan Investasi Menjanjikan

Rumah minimalis adalah tempat tinggal yang ideal di era modern. Selain itu, rumah minimalis termasuk investasi yang cukup menjanjikan.

Rumah minimalis dipercaya oleh banyak orang sebagai investasi yang menjanjikan saat ini. Meskipun ukuranya lebih kecil daripada rumah pada umumnya, ternyata rumah minimalis memiliki nilai yang cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan investasi.

5 Penyebab Cocoknya Rumah Minimalis Untuk Investasi

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat rumah minimalis bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan saat ini :

  • Perawatan Mudah dan Murah

Rumah minimalis pada umumnya tidak terlalu luas. Selain itu, perabotan di dalam rumah minimalis juga tidak sebanyak rumah pada umumnya. Dari sini, kita seharusnya sudah tahu bahwa perawatan rumah minimalis jauh lebih mudah dibandingkan rumah pada umumnya.

Sudah banyak pemilik rumah minimalis yang mengatakan bahwa biaya perawatan rumah minimalis cukup terjangkau. Dengan perawatan yang tidak merepotkan, tentunya rumah minimalis bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan.

Kamu bisa menjadikan rumah minimalis untuk bisnis kos-kosan. Dengan biaya perawatan yang murah, tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari biaya sewa kos-kosan. Tak heran jika akhir-akhir ini banyak pebisnis yang mengincar rumah minimalis.

  • Mudah Terjual

Rumah minimalis sudah terbukti mudah untuk dijual. Hal tersebut dikarenakan banyaknya banyaknya peminat yang ingin memiliki rumah minimalis untuk dijadikan tempat tinggal atau untuk kepentingan bisnis.

Dengan mudah terjualnya rumah minimalis, tentu properti ini bisa menjadi investasi yang cukup menjanjikan. Perlu kamu ketahui bahwa salah satu elemen dalam konsep dasar investasi adalah kemudahan dalam menjual kembali barang investasi.

  • Proses Renovasi Simpel

Pada umumnya sebuah properti membutuhkan proses yang cukup rumit untuk renovasi. Hal tersebut tidak berlaku untuk rumah minimalis. Sudah banyak pemiliki rumah minimalis yang membuktikan bahwa proses renovasi rumah minimalis cukup simpel.

Dengan proses renovasi yang simpel, tentunya pemilik rumah bisa dengan mudah mengubah rumah minimalis sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini juga berlaku ketika nantinya terjadi pergantian kepemilikan rumah. Tentunya ini menjadi nilai plus dalam melakukan investasi pada rumah minimalis.

  • Mudah Untuk Dibersihkan dan Dirapikan

Kebanyakan orang saat ini enggan untuk membeli rumah dikarenakan malas untuk membersihkan dan menata ulang rumah yang baru dibeli. Seperti yang kita tahu bahwa orang-orang yang sudah bekerja pasti lebih memilih untuk beristirahat ketika ada waktu luang.

Dengan kemunculan rumah minimalis, saat ini orang-orang bisa lebih mudah untuk pindah ke rumah baru. Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah minimalis lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, rumah minimalis juga mudah untuk dirapikan.

Hal inilah yang membuat masyarakat saat ini lebih berminat menempati rumah minimalis. Orang-orang yang malas membeli rumah baru saat ini juga sudah mulai berkurang karena adanya rumah minimalis yang lebih mudah untuk dibersihkan dan ditata kembali.

  • Diprediksi Akan Terus Ramai Peminat

Menurut para ahli di bidang ekonomi, rumah minimalis diprediksi akan terus eksis di masa depan. Dengan terus eksisnya rumah minimalis di masa mendatang, tentunya peminat dari rumah minimalis juga akan tetap banyak. Ada dua alasan mengapa rumah minimalis tetap eksis di masa depan.

Yang pertama adalah semakin sempitnya lahan. Seiring berjalanya waktu, lahan yang ada di negara kita juga akan semakin sempit. Munculnya berbagai bangunan baru membuat lahan kosong menjadi semakin berkurang. Maka dari itu, rumah minimalis dinilai cocok untuk mengatasi hal tersebut.

Yang kedua adalah perubahan gaya hidup masyarakat. Masyarakat modern lebih memilih hal-hal yang simpel. Mereka mulai menghindari hal-hal yang nampak merepotkan, karena kesibukan yang mereka miliki. Rumah minimalis sudah terbukti cukup simpel untuk dibersihkan, dirapikan, dan dirawat.

  • Berpotensi Terus Naik

Sama seperti properti lainya, nilai dari rumah minimalis berpotensi terus naik setiap tahunya. Apabila kamu membeli rumah minimalis di tahun ini, maka di tahun-tahun berikutnya nilai dari properti ini kemungkinan akan terus naik.

Untuk menghindari penurunan harga, kamu harus menjaga rumah minimalis dengan baik. Dengan perawatan rutin, tentunya rumah minimalis yang kamu miliki akan tetap dalam kondisi bagus meskipun sudah berdiri bertahun-tahun. Perlu kamu ketahui bahwa nilai dari bangunan tidak terawat bisa saja turun.

4 Kelebihan Dari Rumah Minimalis

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki rumah minimalis :

  • Berdampak Baik Pada Psikologis Manusia

Tentu banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai hubungan dari rumah minimalis dan kondisi psikologis manusia. Ada sebuah penelitian dalam bidang psikologi yang menyatakan bahwa rumah minimalis mampu membuat kondisi psikologis penghuni rumah selalu dalam kondisi yang bagus.

Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan rumah minimalis memiliki warna dominan cerah. Rumah dengan warna cerah dipercaya mampu memberikan ketenangan kepada setiap penghuni rumah. Hal inilah yang mampu membuat kondisi psikologis penghuni rumah dalam kondisi bagus.

Selain karena warna dominan cerah, rumah minimalis juga mampu memberikan aura positif. Aura positif ini berasal dari cahaya yang ada di dalam rumah dan banyaknya udara yang masuk ke dalam rumah. Perlu kamu ketahui bahwa ventilasi dan pencahayaan di dalam rumah minimalis cukup maksimal.

Maka dari itu, orang-orang yang tinggal di dalam rumah minimalis akan merasakan kebahagiaan dan ketenangan setiap harinya. Namun, perlu diperhatikan bahwa semua itu bisa didapatkan apabila kondisi rumah minimalis selalu bersih, rapi, dan terawat. 

  • Memiliki Tampilan Menarik

Desain interior dari rumah minimalis berbeda dengan rumah pada umumnya. Dengan luas rumah yang lebih sempit, setiap perabotan yang ada di dalam rumah minimalis tentunya lebih kecil.

Penggunaan perabotan rumah yang lebih kecil tentunya akan menghasilkan tampilan interior rumah yang menarik. Perabotan untuk rumah minimalis biasanya memiliki tampilan yang unik. Tak hanya itu, barang-barang yang digunakan untuk dekorasi juga unik.

Perpaduan dari perabotan rumah yang berukuran kecil dan pernak-pernik yang digunakan untuk dekorasi akan memberikan tampilan khas dari rumah minimalis. Kebanyakan interior rumah minimalis memiliki tampilan yang rapi, bersih, dan nampak luas.

  • Lebih Murah

Kebanyakan orang saat ini beranggapan bahwa untuk membeli rumah baru pasti membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Biaya sangat tinggi disebabkan oleh luasnya lahan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah baru, biaya material bangunan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, disarankan untuk memilih rumah minimalis. Harga dari rumah minimalis lebih murah dibandingkan rumah pada umumnya. Hal tersebut cukup wajar mengingat lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas, material bangunan tidak terlalu banyak, dan pembangunan berjalan lebih cepat.

Meskipun harganya lebih murah, rumah minimalis memiliki fungsi-fungsi dari rumah pada umumnya. Selain itu, rumah minimalis juga memiliki tampilan interior rumah yang unik dan lebih rapi. Inilah yang membuat rumah minimalis cukup populer akhir-akhir ini.

  • Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Rumah minimalis sudah terbukti bisa dibangun pada lahan yang tidak terlalu luas. Hal ini tentunya cukup menghemat biaya pembangunan dan berdampak positif terhadap ketersediaan lahan yang ada di negara kita.

Itulah beberapa kelebihan dari rumah minimalis yang harus kamu ketahui. Sekarang seharusnya kamu sudah paham bahwa ternyata rumah minimalis sangat ideal untuk dijadikan tempat tinggal dan cocok untuk dijadikan investasi.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *