dailysiacom - pinterest

Perkembangan Budidaya Ikan Hias di Masa Pandemi dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Negara

Siapa yang tidak mengetahui ikan hias? Semua orang sangat menyukai ikan hias. Disisi lain ikan hias memiliki visual yang menawan yang dapat menarik perhatian semua orang, ikan hias juga merupakan salah satu jenis hewan yang dapat dipelihara dan dibudidayakan. Siapa sangka bahwa ternyata budidaya ikan hias memiliki potensi yang membawa keuntungan yang besar. Disisi lain saat kita melakukan budidaya ikan, kita juga dapat melihat keindahan ikan hias yang memiliki ciri khas masing-masing yang dapat sebagai bonus untuk menghilangkan stress dan depresi.

Untuk kalian yang berencana melakukan kegiatan produktif di masa pandemi bisa mencoba salah satu budidaya ini di rumah. Namun juga harus mempelajari dan memperhatikan dengan seksama hal-hal yang diperlukan jika kalian baru akan memulai dan belum memiliki pengalaman sebelumnya. Kuncinya jika sudah memulai adalah tekun dan rajin dalam mengerjakannya.

Proses pembenihan ikan hias memerlukan beberapa bahan yang dibutuhkan dari si ikan tersebut. Bahan yang dibutuhkan dalam budidaya ikan hias sebenarnya tidak terlalu rumit. Bahkan bisa dibilang bahwa bahan yang digunakan berasal dari benda yang tidak terpakai seperti botol bekas, baskom, aquarium bekas, dan lain sebagainya. 

Dalam hal pengemasan ikan hias, membutuhkan teknik tersendiri dalam melakukan pendistribusian untuk mencapai tempat tujuan. Teknik ini sangat diperlukan guna agar ikan hias yang dikirim dapat bertahan dalam waktu tertentu untuk mencapai tujuan dengan hitungan jarak tertentu pula. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pengangkutan ikan hidup antara lain yang pertama adalah jenis, ukuran, dan kepadatan ikan yang akan mempengaruhi sarana pengangkutan. Yang kedua adalah sistem kemasan yang menggunakan sistem tertutup atau terbuka dan yang ketiga adalah Jarak tempuh yang juga perlu hitungan untuk mempertimbangkan sarana transportasi dan sistem kemasan juga. Ketiga hal ini memiliki keterkaitan yang erat.

 

Produksi Budidaya Ikan

Keberhasilan dari budidaya juga sangat didukung dari sistem produksi yang dijalankan dan memadai. Jadi alangkah baiknya jika sebelum memulai budidaya ikan hias untuk mengetahui sarana apa saja yang dibutuhkan dalam sistem produksi karena sarana produksi yang baik juga akan menentukan keberhasilan budidaya yang dijalankan ke depannya. 

Contoh sarana produksi yaitu meliputi benih. Hendaknya anda memilih benih ikan yang unggul. Biasanya benih yang unggul dapat kita peroleh dari induk yang unggul pula. yang kedua pakan. pakan memegang peranan penting dalam pembudidayaan ikan hias karena dengan manajemen pakan yang baik dan rutin akan membantu dalam pertumbuhan ikan yang sehat dan dapat mencapai ukuran badan ikan yang sesuai dengan target. pakan yang digunakan dalam pembudidayaan ikan hias bisa dari pakan alami atau buatan. pakan alami ini bisa berasal dari lingkungan di sekitar perairan seperti fitoplankton, zooplankton dan bentos. Lalu untuk pakan buatan ini bisa dari berbagai macam campuran bahan baku nabati dan hewani namun tidak lupa untuk memperhatikan kandungan gizi, sifat dan ukuran ikan yang akan mengkonsumsi pakan tersebut. Umumnya pakan buatan berbentuk pellet.

Yang ketiga pupuk. Pupuk ini digunakan untuk penyuburan tanah dasar kolam dan memperbaiki struktur tanah serta menumbuhkan pakan alami seperti fitoplankton, zooplankton. Untuk jenis pupuk bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk buatan (urea, ZA, TSP, KCL, NPK). Yang keempat air. Air sangat diperlukan sebagai media budidaya dengan kriteria yang baik yaitu adanya plankton dengan kisaran pH 6-8, suhu 25-32, salinitas 0-5 ppt air tawar, 6-29 ppt air payau dan 30-35 ppt air laut, serta kecerahan terlihat dari jumlah cahaya matahari yang dapat menembus air. Yang kelima adalah kapur. kapur ini berguna untuk mempertahankan keasaman pH tanah dan air agar tetap stabil. Disisi lain juga untuk memberantas hama penyakit. Yang keenam adalah obat-obatan sebagai pencegahan dan penanggulangan hama dan penyakit.

 

Beberapa Ikan Hias Ini Cocok Untuk Dibudidayakan

  • Ikan Cupang Giant.

Pernahkah kalian melihat ikan ini? Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang terkenal di antara pecinta ikan hias. Ikan cupang yang biasanya terkenal kecil dan gesit berbeda dengan jenis cupang yang satu ini. Panjang ikan cupang ini bahkan hampir mencapai lebih dari 11 cm. Giant Betta ini pertama kali dikembang biakkan oleh Mr. Athapon dan putranya Mr. Natee asal Thailand dengan cara mengawinkan ikan cupang plakat jantan dengan panjang 10 cm dengan ikan cupang plakat miliknya sendiri. Lalu lahirlah Giant Betta ini dan mulai dipasarkan sejak tahun 2001. Semakin bertambahnya umur ikan ini ukuran tubuhnya juga semakin besar. Ikan ini sangat direkomendasikan karena sangat laris dan populer untuk para pecinta ikan.

  • Ikan Neon Tetra

Mungkin beberapa dari kalian baru mengenal ikan ini. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer juga dan tidak banyak yang mengetahui dari namanya. Ikan ini memiliki 3 warna dominan yang mengkilap dan dapat memantulkan cahaya seperti neon dengan goresan corak di dalamnya yang dapat menjadi ciri khas dari ikan ini. 3 warna dominannya yakni merah, biru dan warna transparan yang menjadi warna dasar ikan. Ukuran dari ikan ini sendiri hanya sampai 2 cm yang membuatnya gesit serta lincah. Saya sarankan jika membeli ikan ini, beli dalam jumlah yang banyak atau berkelompok karena ikan ini bersifat bergerombol sehingga dapat menimbulkan efek bergerombol yang cantik nantinya.

  • Ikan Koi

Ikan ini sangat terkenal di dunia. Ikan koi ini termasuk dari jajaran ikan termahal di dunia karena populasinya yang bisa dibilang langka dari berbagai jenisnya membuatnya harganya di pasar lelang bisa melonjak hingga ratusan bahkan milyaran rupiah. Seperti jenis Black Dragon, Dainichi Showa, Blue Showa, Ikan Koi Maruten, Sansai Sanke dan masih banyak jenis lainnya lagi. Jadi tak salah jika para pembudidaya ikan koi banyak yang sukses. 

 

Keterkaitannya dengan Perekonomian Negara

Telah kita ketahui bersama sebagai masyarakat bahwa saat ini kondisi perekonomian negara mengalami penurunan semenjak virus corona menyerang karena semua keuangan lebih banyak difokuskan untuk sektor kesehatan. Banyak masyarakat yang terdampak tidak hanya dalam hal kesehatan namun juga lapangan pekerjaan. Banyak dari beberapa wilayah dan perusahaan atau pabrik atau tempat kerja lainnya memberhentikan para pekerjanya untuk mengurangi dampak penularan virus. Pemberhentian ini mengakibatkan angka pengangguran melambung tinggi di tengah pandemi yang memanas. Maka dari itu, banyak pekerjaan yang tak terduga sebelumnya dilakukan oleh beberapa orang. Mereka memulai bisnis atau usaha tanpa berpikir bahwa ini kali pertama mereka melakukannya. Mereka tak segan-segan untuk belajar dari awal dengan perlahan namun pasti dan memulai usahanya dari nol. Salah satunya budidaya ikan hias yang barusan kita bahas di atas yang menambah banyak peminat semenjak virus corona menyerang. Sehingga secara tidak langsung orang yang menganggur perlahan juga dapat menyejahterakan keluarga mereka dan menekan angka pengangguran di Indonesia. Membantu perekonomian di Indonesia kembali seimbang walaupun masih pandemi. 

Sebenarnya semua bisa melakukannya. Tergantung dari pribadi setiap orang dalam memilih suatu pekerjaan mana yang sekiranya bisa ia tekuni dengan rajin sehingga bisa menyejahterakan diri sendiri dan keluarganya. Semua pekerjaan itu tips nya hanya tekun dan rajin serta yakin bahwa suatu saat pasti akan membuahkan hasil.

Rujukan : Hermara Aristina, diakses 15/03/2021

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Desiwy
Desiwy

Mahasiswi yang Menyukai Dunia Tulisan :)

Artikel: 18

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *