Karyawan Kurang Kompeten? Ini Dia Strategi Pengembangan SDM yang Tepat untuk Perusahaan

Dalam suatu perusahaan, terkadang masih ada saja karyawan yang kurang kapabel dengan bidang pekerjaannya. Padahal, ketika awal perektrutan, karyawan tersebut sama sekali tidak menampakkan tanda-tanda kurangnya kompetensi ataupun krisis skill. Hal yang terlihat di awal adalah semangat yang membara untuk bisa masuk dan bergabung ke dalam bagian perusahaan Anda.

Kendala SDM yang demikian tentu tidak jarang ditemui dalam berbagai perusahaan. Maka dari itu, diperlukan usaha untuk mengembangkan kapabilitas dari SDM agar kemajuan perusahaan dapat meningkat.
Pengembangan SDM merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan karyawan berkualitas, terampil, loyal dan produktif, sehingga dapat memberikan dampak yang besar bagi perusahaan.

Pada dasarnya, pengembangan SDM tidak hanya bisa diberikan melalui pendidikan dan pelatihan saja.akan tetapi, ada banyak alternatif yang bisa ditempuh oleh perusahaan untuk membuat program pengembangan SDM.

Alasan Kenapa Pengembangan SDM Perlu Dilakukan

Sumber gambar: freepik.com

Strategi pengembangan SDM adalah suatu persiapan dalam rangka mengembangkan SDM yang berkualitas dengan cara meningkatkan kapabilitas dan loyalitas untuk perusahaan. Pengembangan SDM amat penting untuk diupayakan agar kelangsungan perusahaan dapat terus bertahan bahkan berkembang ke arah yang lebih baik.

Bisa dibilang, SDM merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan kualitas dan kapabilitasnya agar kemajuan perusahaan bisa dioptimalkan. Sebuah perusahaan mampu meraih kejayaan apabila perusahaan tersebut menyadari akan pentingnya pengembangan SDM dan mengupayakannya secara nyata.

Perlu diketahui bahwa hubungan pimpinan dan karyawan tidak hanya sebatas pada hubungan kerja semata. Secara manusiawi, hubungan keduanya harus tetap berjalan baik meskipun di luar perusahaan. Maka dari itu, pengembangan SDM dapat menjadi suatu apresiasi dari pimpinan kepada karyawan yang dapat memicu semangat untuk lebih produktif.

Perencanaan Program Pengembangan SDM

Sumber gambar: freepik.com

Pengembangan SDM bisa berjalan dengan lancar apabila diimbangi dengan strategi yang matang dan terorganisir dengan baik. Hal ini diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan untuk menghasilkan SDM berkualitas.

Tentunya, perencaraan program pengembangan SDM memiliki beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut:

1. Menentukan bibit dan bobot karyawan.

2. Menjamin kesiapan karyawan di masa kini dan masa depan.

3. Meminimalisir adanya kesalahan ketika melaksanakan berbagai tugas/pekerjaan.

4. Menghindari adanya kemungkinan kelebihan atau kekurangan tenaga kerja
Melancarkan proses koordinasi dan memaksimalkan kinerja karyawan.

5. Menjadi rujukan dalam melaksanakan tugas/pekerjaan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

6. Menjadi panduan dalam memutuskan program perekrutan, penyeleksian dan pendisiplinan tenaga kerja.

7. Menjadi acuan dalam melakukan penilaian terhadap kualitas karyawan.

Panduan membuat Program Pengembangan SDM

Sumber gambar: freepik.com

Setelah mengetahui perencanaan program pengembangan SDM, kini saatnya Anda mengetahui tentang bagaimana cara membuat program pengembangan SDM yang tepat dan baik. Oleh karena itu, simak panduan membuat program pengembangan SDM di bawah ini :

1. Tentukan tujuan, sasaran, dan prioritas SDM yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Menciptakan kebijakan yang mensuport sosialisasi program ke lingkungan perusahaan hingga terlaksananya program tersebut.

3. Memprediksi kebutuhan jumlah karyawan dan mengantisipasi ketersediaan SDM di masa yang akan datang.

4. Mengadakan pelatihan ketrampilan bagi karyawan.

5. Lakukan evaluasi apabila seluruh kegiatan di atas sudah dijalankan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah program pengembangan SDM yang dijalankan berhasil atau belum.

Kiat Sukses Pengembangan SDM di Perusahaan

Ada beberapa kiat sukses yang bisa diupayakan agar pengembangan SDM dapat berjalan maksimal. Beberapa kiat sukses tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Menyerahkan kesempatan kepada setiap karyawan untuk mengembangkan ide dan gagasan yang mereka miliki. Hal ini karena karyawan juga memiliki andil untuk mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, ide dan gagasan yang dimiliki oleh karyawan perlu ditampung dan dipertimbangkan oleh setiap pimpinan.

2. Memberikan reward bagi karyawan yang kompeten dan berprestasi. Hal ini bertujuan agar setiap karyawan termotivasi untuk berlomba-lomba memajukan perusahaan.

3. Mengadakan berbagai program workshop yang sesuai dengan tujuan dan misi perusahaan ke depannya.

Penutup

Mengembangkan SDM menjadi suatu hal yang perlu dilakuakn agar dapat menghasilkan tenaga kerja yang cakap dan berkemampuan tinggi. Strategi pengembangan SDM di sebuah perusahaan sangat penting, mengingat persaingan antarperusahaan di masa sekarang juga semakin tinggi. Sehingga, salah satu aspek yang dapat dioptimalkan dalam sebuah perusahaan adalah SDM itu sendiri.
SDM yang kompeten dan profesional merupakan aset berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, untuk menjaga kapabilitas setiap karyawan, diperlukan pengelolaan yang tepat agar berdampak baik pada perusahaan, baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Dilla Hardina
Dilla Hardina

seorang penulis yang memiliki baground pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. memiliki minat yang lebih di dunia sastra, teknologi dan digital marketing. dapat dihubungi melalui surel dillahardina8@gmail.com

Artikel: 15

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 56 = 61