Jangan Meremehkan Manfaat Air Minum

Banyak orang yang meyakini bahwa manfaat air minum bukanlah hal yang sepele. Manfaat minum air putih adalah mencegah dehidrasi, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta menopang otot dan persendian. Jenis minuman lain, seperti soda, mengandung gula dan kalori yang tinggi, sehingga akan menambah berat badan Anda. Perlu juga diperhatikan minuman energi yang biasanya dipilih sebagai sumber cairan karena mengandung gula dan kafein. Begitu pula untuk jus kemasan, harap perhatikan label produknya sebelum makan.

Pentingnya Air

Air bebas kalori dan bebas gula adalah pilihan yang paling sehat karena dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi setiap saat dan menghilangkan rasa haus. Selain itu, berbagai fungsi tubuh juga mendapat manfaat dari air minum, di antaranya:

  1. Menjaga kadar cairan atau mencegah dehidrasi agar tubuh tidak terganggu oleh fungsi pencernaan (sembelit), penyerapan makanan, sirkulasi, dan ginjal, penting untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Bantu otot mengaktifkan dan melumasi sendi, menjaganya tetap lembut. Ketidakseimbangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan otot.
  2. Membantu mengontrol asupan kalori tubuh. Dibandingkan dengan minuman berkalori tinggi, minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah penambahan berat badan.
  3. Menjaga kesegaran kulit dengan mengecilkan pori-pori, melembabkan dan meningkatkan kekencangan kulit.
  4. Melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya di dalam tubuh. Membantu menghilangkan sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan feses. Karena infeksi saluran kemih ringan atau batu saluran kemih kecil, Anda juga bisa minum banyak air sebagai obat kencing.

Apakah ada tindakan konvensional untuk menghindari kekurangan cairan?

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda. Untuk orang dewasa, konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sekitar 8 gelas dari 230 ml gelas per hari, atau totalnya 2 liter. Selain minuman, makanan juga bisa membuat tubuh menyerap air, terhitung sekitar 20%. Cairan dalam makanan terutama berasal dari buah-buahan dan sayuran, seperti bayam dan semangka, yang mengandung 90% air.

Sangat mudah untuk mengetahui apakah tubuh manusia kekurangan kelembaban. Saat seseorang mengalami dehidrasi, gejala pertama yang biasanya dirasakan adalah rasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, gejala lain juga bisa dirasakan, antara lain pusing, sakit kepala, mulut kering, rasa tidak nyaman pada bibir dan mata, frekuensi buang air kecil rendah, intensitas tinggi, kurang energi dan kelelahan. Penting juga untuk memperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh membutuhkan asupan air lebih banyak dari biasanya, di antaranya:

  1. Olah raga atau olah raga.
  2. Demam, diare atau muntah.
  3. Cuacanya sangat panas.
  4. Wanita hamil dan menyusui.
  5. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi kurang lebih 2,4 liter air per hari, sedangkan ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi kurang lebih 3,1 liter air per hari.

Tips memenuhi kebutuhan air setiap hari

Untuk mendapatkan manfaat air minum, Anda bisa menempuh beberapa trik, seperti yang sudah disebutkan di atas:

  1. Cobalah untuk mengembangkan kebiasaan minum air setiap kali makan atau ngemil.
  2. Sediakan segelas atau botol air minum di atas meja atau tas yang Anda bawa selama beraktivitas sehari-hari. Dengan cara ini, Anda akan ingat untuk memakannya.
  3. Anda bisa menambahkan zat penyedap ke dalam air biasa agar rasanya lebih enak. Salah satunya adalah penambahan irisan buah, misalnya pada minuman brewed water. Jika Anda bosan dengan air putih, cobalah minum air soda. Pastikan air soda tidak mengandung asam sitrat, natrium, gula, dan pemanis buatan.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Intan Kurnia
Intan Kurnia

saya intan kurnia dan biasa dipanggil intan, saya anak ke 2 dari 3 bersaudara umur saya 21 tahun. saya belajar di perguruan tinggi swasta yakni universitas muhammadiyah jember tepatnya pada program studi S.1 Keperawatan. kebiasaan sehari-hari saya kuliah, berorganisasi selain itu saya juga cukup aktif mengikuti beberapa kompetisi setiap minggu maupun setiap bulan. menulis adalah salah satu hobi akan tetapi saya lebih suka membaca dan menghafalkan sesuatu. sekian sekilas biografi saya. terimakasih.

Artikel: 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 36 = 44