Rekomendasi Pekerjaan Di Tengah Pandemi

Ada beberapa pekerjaan yang ternyata semakin ramai di tengah pandemi.

Saat ini seluruh negara di dunia sedang menghadapi krisis akibat pandemi coronavirus tak terkecuali Indonesia. Dampak dari pandemi coronavirus tidak hanya pada bidang kesehatan saja, melainkan pada berbagai dalam kehidupan manusia.

Salah satu bidang yang menerima dampak dari pandemi coronavirus adalah bidang ekonomi. Sampai saat ini banyak sekali negara yang perekonomianya menurun secara signifikan, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, roda perekonomian nampak terhambat karena pandemi coronavirus.

Hal ini diakibatkan terhambatnya kegiatan-kegiatan yang menjadi tumpuan perekonomian Indonesia. Banyak usaha yang akhirnya gulung tikar akibat pandemi coronavirus. Mereka kehilangan pemasukan yang biasa mereka dapatkan ketika kondisi masih normal.

Hal ini memang masuk akal mengingat pelanggan yang biasanya selalu datang ke tempat usaha kini jumlahnya semakin menyusut. Ketakutan masyarakat terhadap coronavirus menjadi penyebab utama hal tersebut terjadi.

Tidak adil rasanya jika kita hanya memandang dampak buruk dari suatu fenomena. Dibalik banyaknya dampak buruk yang diakibatkan oleh pandemi coronavirus, ternyata ada secercah harapan yang muncul di tengah pandemi coronavirus.

Di tengah pandemi coronavirus seperti ini, ternyata ada beberapa pekerjaan yang mendadak ramai. Maka dari itu untuk masyarakat yang kesulitan mencari pekerjaan di tengah pandemi coronavirus, beberapa pekerjaan ini patut untuk dicoba.

5 Pekerjaan yang Mendadak Ramai di Tengah Pandemi

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang mendadak ramai di tengah pandemi coronavirus :

  1. Desainer Grafis

Desainer grafis merupakan seseorang yang pekerjaanya membuat desain berdasarkan konsep yang diinginkan oleh perusahaan. Saat ini desainer grafis merupakan salah satu pekerjaan yang paling ramai peminat. Perusahaan dan instansi pemerintahan pasti membutuhkan desainer grafis.

Di tengah pandemi coronavirus, desainer grafis menjadi semakin ramai peminat. Salah satu faktor yang menyebabkan ramainya peminat adalah banyaknya perusahaan dan start-up yang membutuhkan desain untuk keperluan digital marketing.

Maka dari itu peran dari desainer grafis sangat dibutuhkan. Sampai saat ini masih banyak sekali lowongan pekerjaan untuk posisi desainer grafis. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini banyak perusahaan yang berani memberikan gaji tinggi bagi desainer grafis, meskipun sedang menghadapi pandemi Covid-19.

  • Staff Platform Belanja Online

Di Indonesia sendiri ada beberapa platform belanja online yang sering digunakan oleh masyarakat. Ketika kondisi Indonesia masih normal, orderan dari masyarakat bisa dikatakan masih dalam jumlah yang bisa ditangani.

Namun, di tengah pandemi Covid-19 tiba-tiba order barang dari masyarakat menjadi jauh lebih banyak ketimbang sebelum pandemi. Hal tersebut terjadi karena saat ini kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk belanja online daripada harus datang langsung ke pusat perbelanjaan.

Mereka khawatir tertular coronavirus, jika datang langsung ke pusat perbelanjaan yang terkenal ramai. Karena jumlah orderan mulai sulit untuk ditangani, berbagai marketplace besar mulai melakukan penambahan karyawan.

Penambahan karyawan ini dimaksudkan untuk mempermudah penanganan terhadap banyaknya orderan dari masyarakat. Kebanyakan perusahaan menawarkan kontra jangka pendek sepanjang 1 tahun kepada orang yang akan melamar.

Untuk kamu yang masih kesulitan untuk mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba pekerjaan ini. Sampai saat ini masih ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan untuk mengisi beberapa posisi.

Kamu tidak perlu terpaku dengan durasi kontrak kerja yang pendek, karena saat ini yang paling penting adalah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu. Kamu juga tidak tahu jika kedepanya mungkin perusahaan akan merekrut kamu secara permanen jika pekerjaanmu membuat mereka terkesan.

  • Kurir Pengantar Barang

Perusahaan jasa pengiriman barang kebanyakan bekerjasama dengan berbagai platform belanja online. Perlu kamu ketahui bahwa di tengah pandemi coronavirus, jumlah orderan belanja online meningkat secara signifikan.

Hal ini tentunya juga bedampak pada perusahaan jasa pengiriman barang, karena nantinya perusahaan inilah yang akan mengantarkan barang-barang dari orderan belanja online menuju alamat yang sudah tercantum.

Beberapa perusahaan jasa pengiriman barang mulai kewalahan untuk mengirimkan barang-barang tersebut, karena jumlah barang yang harus dikirim tidak sebanding dengan pekerja yang ada.

Untuk mengatasi hal tersebut saat ini ada beberapa perusahaan jasa pengiriman barang yang membuka lowongan kurir pengiriman barang. Dengan bertambahnya pekerja, perusahaan berharap jumlah barang yang sangat banyak bisa ditangani dengan lebih ringan.

Jadi nantinya operasional dari perusahaan tidak akan terhambat karena kurangnya pekerja. Jika kamu sedang kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba pekerjaan ini. Sampai saat ini masih ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi kurir pengantar barang.

  • Content Writer

Kegiatan pemasaran perusahaan saat ini terhambat karena sulitnya berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Maka dari itu, saat ini banyak perusahaan yang mencari alternatif lain untuk kegiatan pemasaran. Banyak perusahaan akhirnya memilih untuk memanfaatkan digital marketing.

Di tengah pandemi coronavirus, digital marketing menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk memasarkan produk-produk terbaru dari perusahaan. Dengan digital marketing, perusahaan bisa memperkenalkan berbagai produk terbarunya kepada masyarakat tanpa melakukan kontak fisik.

Jadi bisa dikatakan bahwa digital marketing ini merupakan kegiatan yang cukup aman bagi perusahaan dan juga masyarakat. Digital marketing membutuhkan konten yang menarik supaya bisa menarik perhatian dari masyarakat.

Salah satu konten yang dibutuhkan adalah artikel. Akhir-akhir ini banyak perusahaan dan juga start-up yang membutuhkan jasa penulis artikel untuk kepentingan digital marketing. Saat ini cukup banyak lowongan pekerjaan di posisi content writer.

Apabila kamu memang memiliki kemampuan menulis yang baik, kamu bisa mencoba untuk menjadi content writer. Pekerjaan dari content writer adalah membuat artikel menarik yang bisa dijadikan konten website atau membantu kegiatan digital marketing.

Jika sampai saat ini kamu masih kesulitan mencari pekerjaan, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Kebanyakan perusahaan menerapkan kerja remote atau kerja secara online untuk posisi content writer. Jadi kamu diperbolehkan untuk bekerja dari rumah saja.

  • UX Designer

Saat ini industri sudah berkembang cukup pesat sehingga menyebabkan beberapa perubahan. Salah perubahan yang cukup mencolok adalah user experience atau yang biasa dikenal dengan UX. User experience mengacu pada bagaimana perasaan konsumen dalam menggunakan produk bisnis.

Karena saat ini dunia sudah memasuki era digital, jadi user experience saat ini lebih tertuju pada penggunaan aplikasi dan website. Saat ini user experience dianggap sebagai hal yang sangat penting oleh perusahaan-perusahaan di dunia.

Maka dari itu, sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan UX designer untuk membantu meningkatkan kualitas dari produk digital mereka. Perlu kamu ketahui bahwa gaji dari seorang UX designer cukup tinggi. Hal tersebut sangat sepadan dengan pekerjaan yang mereka lakukan untuk perusahaan.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak sekali bisnis yang membutuhkan jasa UX designer. Mereka membutuhkan UX designer untuk meningkatkan kualitas dari aplikasi dan website yang mereka miliki.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini masyarakat lebih sering mengakses aplikasi dan website. Melihat hal ini, banyak bisnis yang berpikir untuk mengembangkan aplikasi dan website mereka.

Kebanyakan pemilik bisnis berpikir bahwa menggunakan aplikasi dan website dirasa cukup efisien untuk berinteraksi dengan masyarakat di tengah pandemi. Hal inilah yang menyebabkan akhir-akhir ini banyak recruitmen untuk posisi UX designer.

Jika kamu memang mempunyai skill untuk bekerja pada posisi ini, kamu bisa langsung mencari kerja melalui media sosial atau website. Sebagian perusahaan bahkan memperbolehkan UX designer untuk bekerja di rumah saja. Tentunya pekerjaan ini sangat cocok untuk dicoba.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *