PENGARUH INDUSTRI PEMBANGUNAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI

Pembangunan merupakan suatu proses perbaikan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan untuk bergerak maju. Pembangunan pada negara-negara sedang berkembang dipusatkan pada pembangunan ekonomi melalui usaha pertumbuhan ekonomi.

Sasaran pembangunan nasional secara efisien dan efektif harus dilakukan dengan perencanaan antar sektor pembangunan yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing daerah.

Tujuan pembangunan

Secara umum tujuan pembangunan adalah untuk mengurangi disparitas atau ketimpangan pembangunan antar daerah maupun antar masyarakat, memberdayakan masyarakat, mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan daerah, menjaga sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan secara optimal, serta agar tercapainya kemandirian daerah.

Peningkatan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun merupakan salah satu indikator dari keberhasilan pembangunan daerah. Upaya peningkatan pembangunan ekonomi diperlukan pada penetapan sektor unggulan, sebagai sektor basis daerah yang nantinya akan menjadi titik pertumbuhan serta daya saing sektor-sektor perekonomian, sehingga diharapkan daerah-daerah akan tumbuh dan berkembang sebagai pusat pertumbuhan nasional, yang pada akhirnya daerah akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Permasalahan utama daerah saat ini dalam pelaksanaan pembangunan adalah kurang mampunya pemerintah daerah melaksanakan strategi perencanaan yang matang dan kurang telitinya melihat potensi daerah tersebut.

Besarnya pertumbuhan ekonomi daerah seharusnya merupakan sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong perekonomian nasional. Perkembangan ekonomi suatu wilayah juga harus di lihat dari sektor- sektor yang menjadi unggulan wilayah tersebut. Sektor uggulan tersebut harus bisa dikembangkan semaksimal mungkin agar dapat menjadi pemicu pembangunan perekonomian wilayah tersebut.

Kemampuan pemerintah daerah untuk melihat sektor yang memiliki keunggulan atau kelemahan di wilayahnya menjadi semakin penting. Sektor yang memiliki keunggulan, memiliki prospek yang lebih baik untuk dikembangkan dan diharapkan dapat mendorong sektor-sektor lain untuk berkembang.

Peran Industri Pengolahan Dalam Perekonomian

Pembangunan Ekonomi suatu bangsa merupakan pilar penting bagi terselenggaranya proses pembangunan di segala bidang. Karena jika pembangunan ekonomi suatu bangsa berhasil, maka bidang-bidang lain seperti bidang hukum, politik, pertanian, dan lain-lain akan sangat terbantu.Suatu masyarakat yang pembangunan ekonominya berhasil ditandai dengan tingginya pendapatan perkapita masyarakat negara tersebut. Dengan tingginya pendapatan perkapita masyarakat, maka negara dan masyarakat akan dapat lebih leluasa dalam menjalankan berbagai aktivitas pada berbagai bidang yang lain.

Pengaruh industri pada pembangunan ekonomi

Industrialisasi merupakan suatu proses interaksi antara pengembangan teknologi, inovasi spesialisasi, dalam produksi dan perdagangan antarnegara yang pada akhirnya sejalan dengan peningkatan pendapatan perkapita mendorong perubahan struktur ekonomi.

Industrialisasi sering juga diartikan sebagai suatu proses modernisasi. Industri merupakan salah satu leading sector atau sektor pemimpin, dengan adanya pembangunan industri, maka akan memacu dan mengangkat pembangunan sektor-sektor lainnya. Sebut saja sektor pertanian dan jasa, sebagai contoh pertumbuhan sektor industri yang pesat akan merangsang pertumbuhan sektor pertanian untuk menyediakan bahan-bahan baku bagi suatu industri. Serta industri tersebut memungkinkan juga berkembangnya sektor jasa, misalnya berdirinya lembaga-lembaga keuangan, lembaga pemasaran dan periklanan. Karena pertumbuhan yang cepat dari satu industri akan mendorong perluasan industri-industri lainnya.

Teori ekonomi pembangunan

Menurut Teori Ekonomi Pembangunan, semakin tinggi kontribusi sektor Industri terhadap Pembangunan Ekonomi negaranya maka negara tersebut semakin maju. Jika Suatu negara kontribusi sektor industrinya telah diatas 30% maka dapat dikatakan negara tersebut tergolong negara maju.

Sektor Industri juga merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pembangunan nasional. Kontribusi sektor Industri terhadap pembangunan nasional dari tahun ke tahun menunjukkan kontribusi yang signifikan. Peranan Sektor Industri dalam Pembangunan Ekonomi Nasional dapat ditelusuri dari kontribusi masing-masing subsektor terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Nasional atau terhadap produk domestik bruto.

Pada beberapa negara yang tergolong maju, peranan sektor industri lebih dominan dibandingkan dengan sektor pertanian. Sektor industri memegang peran kunci sebagai mesin pembangunan. Pada negara-negara berkembang, peranan sektor industri juga menunjukkan kontribusi yang semakin tinggi. Kontribusi yang semakin tinggi dari sektor industri menyebabkan perubahan struktur perekonomian negara yang bersangkutan secara perlahan ataupun cepat dari sektor pertanian ke sektor industri.

Peranan sektor industri dalam pembangunan ekonomi di berbagai negara sangat penting karena sektor industri memiliki beberapa keunggulan dalam hal akselerasi pembangunan. Keunggulan-keunggulan sektor industri tersebut diantaranya memberikan kontribusi bagi penyerapan tenaga kerja dan mampu menciptakan nilai tambah (value added) yang lebih tinggi pada berbagai komoditas yang dihasilkan.

Industri pengolahan di indonesia

Berdasarkan analisis regresi sederhana faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah variabel industri pengolahan. Sektor ini tidak saja berpotensi memberikan kontribusi ekonomi yang besar melalui nilai tambah, lapangan kerja dan devisa, tetapi juga mampu memberikan kontribusi yang besar dalam transformasi kultural bangsa ke arah modernisasi kehidupan masyarakat yang menunjang pembentukan daya saing nasional. Selama dua dasawarsa sebelum krisis ekonomi, peran sektor industri terhadap perekonomian nasional hampir mencapai 20 persen.

Koefisien bernilai positif berarti terjadi hubungan positif antara industri pengolahan dengan PDRB. maka jika industri pengolahan meningkat maka PDRB akan meningkat. Hasil penelitian koefisien regresi bernilai positif berarti terjadi hubungan positif antara industri pengolahan terhadap pertumbuhan ekonomi (PDRB). Jika semakin meningkat kontribusi sektor industri pengolahan maka semakin besar pula pertumbuhan ekonomiKontribusi sektor industri pengolahan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi karna nilai signigikansi yang diperoleh lebih kecil dari standar yang digunakan yakni 0,000 < 0,05.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Rina Aditia Dwi Astuti
Rina Aditia Dwi Astuti

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Jurnalis kampus, penulis buku, freelance writer, menyukai dunia sastra puisi dan cerpen.

Artikel: 9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *