Pentingnya Etika Bisnis Bagi Seorang Pengusaha

Etika bisnis merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha. Pengusaha yang menjunjung tinggi etika bisnis pasti akan mendapatkan respect dari orang lain.

Untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis yang baik, kita harus menjunjung tinggi etika bisnis. Etika bisnis adalah sebuah prinsip yang berisikan sifat terpuji dan tata cara memperlakukan rekan bisnis dan konsumen dengan baik.

Ketika etika bisnis selalu diutamakan, seorang pengusaha akan memiliki citra yang baik dalam dunia bisnis. Dengan begitu, seorang pengusaha akan mendapatkan respect dari rekan bisnis, konsumen, dan bahkan pesaing bisnis. Citra perusahaan tentunya juga akan semakin bagus akibat hal tersebut.

Etika bisnis sudah ada sejak lama dan terus berkembang sampai sekarang. Etika bisnis awalnya hanya mengedepankan sifat-sifat baik yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Sekarang ada sedikit penambahan di dalam etika bisnis yaitu cara memperlakukan rekan bisnis dengan layak dan sopan.

Meskipun tidak tertulis atau bahkan tidak resmi, etika bisnis merupakan bagian penting dalam dunia bisnis. Tanpa adanya etika bisnis, seorang pengusaha kemungkinan besar akan kesulitan untuk menjalin kerjasama dengan orang lain.

Hal tersebut dikarenakan etika bisnis cukup berpengaruh terhadap negosiasi atau proses membangun kerjasama. Maka dari itu penting bagi pengusaha untuk memahami dan belajar menerapkan etika bisnis.

Manfaat Menjunjung Tinggi Etika Bisnis

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh pengusaha apabila menjunjung tinggi etika bisnis :

Membantu Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pelanggan adalah sumber keuntungan bagi sebuah bisnis. Maka dari itu sangat penting bagi pengusaha untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal tersebut bisa dimudahkan jika pengusaha menjunjung tinggi etika bisnis.

Pelanggan akan merasa lebih dihormati apabila etika bisnis digunakan dalam membangun hubungan. Perlu kamu ketahui bahwa dengan diterapkanya etika bisnis, interaksi antara pengusaha dan pelanggan akan menjadi lebih menyenangkan.

Membangun Hubungan Baik Antara Karyawan dan Pemilik Usaha

Dalam menjalankan sebuah bisnis, seorang pengusaha pastinya memiliki beberapa karyawan. Karyawan akan menjalankan beberapa tugas yang harus dilakukan untuk operasional bisnis.

Ketika bisnis berjalan, seorang pengusaha seharusnya mempunyai hubungan yang baik dengan para karyawan. Dalam hal ini, etika bisnis memiliki pengaruh yang cukup besar.

Etika bisnis akan membantu pemilik usaha untuk membangun hubungan yang baik dengan karyawan. Nantinya karyawan akan bersikap sopan kepada pemilik usaha dan pemilik usaha akan memperlakukan karyawan dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat bisnis berjalan dengan lebih baik.

Citra Bisnis Menjadi Lebih Bagus

Pelanggan dan rekan bisnis pasti akan merasa lebih dihormati jika etika bisnis selalu diterapkan sehari-hari. Ketika seorang pemilik usaha dan karyawan selalu menerapkan etika bisnis, maka nantinya citra bisnis di mata masyarakat akan menjadi semakin bagus.

Dengan citra bisnis yang bagus, tentunya perusahaan akan semakin dipercaya oleh masyarakat. Secara tidak langsung, bisa dikatakan bahwa etika bisnis mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Hal inilah yang meningkatkan potensi bertambahnya jumlah pelanggan.

Etika Bisnis

Ada 6 etika bisnis yang perlu kamu ketahui :

Memperkenalkan Diri Dengan Baik

Seorang pengusaha harus memahami cara memperkenalkan diri dengan baik. Perkenalan merupakan langkah awal dari proses menjalin sebuah hubungan yang baik antara pengusaha dengan konsumen, pengusaha dengan rekan bisnis, dan pengusaha dengan investor.

Dalam memperkenalkan diri, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyebutkan nama dengan jelas. Jika ingin lebih berkelas, seorang pengusaha harus memiliki sebuah tanda pengenal yang bisa dibagikan kepada lawan bicara seperti kartu nama.

Dalam melakukan perkenalan, sudah seharusnya seorang pengusaha menggunakan bahasa formal sebagai bentuk respect terhadap lawan bicaranya. Orang lain tentunya akan merasa lebih dihormati ketika bahasa formal digunakan.

Seorang pengusaha harus berdiri dan menjabat tangan dari lawan bicara ketika sedang memperkenalkan diri. Hal ini tentunya akan menunjukkan wibawa dari seorang pengusaha.  Sikap seperti ini juga akan memberikan kesan ramah kepada lawan bicara.

Menghindari Topik Pembicaraan yang Bersifat Pribadi

Ketika sedang berbicara dengan orang lain, seorang pengusaha seharusnya hanya membicarakan hal-hal yang perlu dibahas. Seorang pengusaha harus bisa mengontrol diri untuk tidak membicarakan hal-hal yang bersifat pribadi. Pembicaraan seperti itu bisa membuat lawan bicara kurang nyaman.

Berintegritas

Seorang pengusaha harus berintegritas. Integritas mengacu pada konsistensi dari pikiran, perkataan, dan perbuatan. Jika seorang pengusaha menjunjung tinggi integritas, maka nantinya bisnis yang dijalankan olehnya akan memperlakukan orang dengan rasa hormat, kejujuran, dan etis.

Seseorang pengusaha yang berintegritas pasti akan mendukung setiap komitmen yang ada di dalam bisnisnya dan menepati janji yang dibuatnya. Dengan sosok pemimpin yang berintegritas tentunya sebuah bisnis akan berjalan dengan baik.

Menjunjung Tinggi Keadilan

Seorang pengusaha yang baik pasti selalu menjunjung tinggi keadilan. Setiap perbuatan yang dilakukan oleh seorang pengusaha seharusnya didasarkan pada keadilan. Keadilan akan membuat bisnis yang dijalankan oleh seorang pengusaha tidak mengalami penyimpangan.

Jadi ketika sedang ada kegiatan penting seperti negosiasi dan transaksi dengan pihak lain, seorang pengusaha harus tetap berpegang teguh pada keadilan. Dengan niat baik dan keterbukaan, seorang pengusaha seharusnya sudah bisa mencapai keadilan dalam bisnis.

Memiliki Loyalitas Tinggi

Seorang pengusaha seharusnya menunjukkan loyalitas tinggi pada bisnisnya. Dengan selalu menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang terlibat dengan bisnisnya, seorang pengusaha sudah mencerminkan loyalitas yang tinggi dalam bisnis.  

Selain dari hubungan baik, loyalitas tinggi bisa dilihat dari perlakuan seorang pengusaha terhadap karyawan dan rekan bisnisnya. Seorang pengusaha yang memiliki loyalitas tinggi biasanya lebih suka berbicara langsung terhadap karyawan dan rekan bisnisnya untuk mengetahui kondisinya.

Jika ternyata karyawan atau rekan bisnisnya sedang dalam kondisi yang kurang baik, seorang pengusaha yang loyal tidak akan berpikir panjang untuk menawarkan bantuan. Loyalitas tinggi dari seorang pengusaha biasanya akan dijadikan bahan pembicaraan oleh orang lain sehingga menaikkan reputasi.

Dalam ilmu ekonomi, seorang pengusaha yang memiliki loyalitas tinggi akan selalu setia kepada karyawan dan bisnis yang dijalankanya. Meskipun  bisnisnya sudah bubar, dirinya akan menghormati informasi mengenai bisnis sebelumnya dan tidak akan menyebarkanya demi keuntungan pribadi.

Dapat Diandalkan

Seorang pengusaha harus bisa diandalkan dalam berbagai kondisi. Sebagai pemimpin dari sebuah bisnis, seorang pengusaha harus bisa memberikan solusi dari setiap masalah, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak internal dan eksternal, memberikan dukungan moral, dan lain sebagainya.

Menghormati Orang Lain

Seorang pengusaha harus menunjukkan rasa hormat terhadap hak, kepentingan, dan privasi dari orang lain. Sebagai pemimpin dari sebuah bisnis sudah seharusnya seorang pengusaha menghormati pendapat dari orang lain tanpa memandang jabatan, jenis kelamin, suku, ras, dan agama.

Dari sini seharusnya kamu sudah memahami bahwa etika bisnis bukanlah hal yang patut untuk disepelekan. Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha yang baik, sebaiknya kamu mulai belajar mengenai etika bisnis sejak dini. Dengan begitu, nantinya kamu akan terbiasa menerapkan etika bisnis.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 70 = 79