Alasan Pekerjaan Freelance Lebih Diminati di Era Modern

Freelancer adalah pekerjaan yang tidak terikat dengan apapun sehingga kita bebas untuk bekerja kapan pun dan dimana pun.

Pekerjaan freelance saat ini menarik minat dari masyarakat khususnya para anak muda. Freelance adalah pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus datang ke tempat kerja dan tidak memiliki jam kerja yang tetap. Pekerjaan ini mengedepankan komitmen dari freelancer dan pihak pemberi pekerjaan.

Bagi kamu yang belum tahu, freelancer adalah sebutan untuk orang yang mengambil pekerjaan freelance. Istilah ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Perlu kamu ketahui bahwa istilah freelancer berasal dari bahasa inggris yang artinya pekerja lepas.

Untuk menjadi seorang freelancer, biasanya seseorang harus memiliki sebuah keahlian khusus. Namun, ada juga beberapa pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan meskipun tanpa keahlian khusus. Tentunya hal ini sangat menarik bagi masyarakat Indonesia.

Memang terdengar aneh jika seseorang tanpa keahlian khusus mampu mengerjakan suatu projek, tetapi hal itu memang benar adanya. Bahkan, sudah banyak orang yang sukses menghasilkan banyak uang dari pekerjaan freelance meskipun tidak memiliki kemampuan khusus.

Kelebihan Menjadi Seorang Freelancer

Ada beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer :

Posisi Pekerjaan Aman

Kebanyakan orang menganggap pekerjaan dengan gaji tetap adalah pekerjaan yang paling aman. Namun jika kita melihat realita yang terjadi di kehidupan saat ini, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Saat ini justru pekerjaan freelance yang bisa tetap bertahan dalam kondisi seperti apapun.

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Dampak dari pandemi Covid-19 sangatlah besar terhadap perekonomian negara. Hasilnya, ada beberapa perusahaan yang gulung tikar dan banyak perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran.

Dalam kondisi seperti orang-orang yang berpenghasilan tetap ternyata bisa kehilangan pekerjaan. Hal ini menandakan bahwa pekerjaan dengan penghasilan tetap belum tentu bisa terus dijalankan dalam jangka panjang. Risiko kehilangan pekerjaan pasti ada, karena kondisi yang selalu berubah.

Namun, hal tersebut tidak begitu berpengaruh kepada pekerjaan freelance. Memang benar bahwa pekerjaan freelance tidak mampu memberikan penghasilan tetap untuk setiap bulannya, tetapi dalam kondisi seperti saat ini para freelancer tetap bisa menghasilkan uang.

Meskipun mungkin jumlah uang yang didapatkan mengalami penurunan, tetapi para freelancer tidak kehilangan pekerjaan mereka. Inilah yang membuat pekerjaan freelance tidak pernah mati meskipun terjadi perubahan besar di dunia.

Lebih Termotivasi

Dalam menjadi freelancer tentunya seseorang harus mengetahui bayaran yang kemungkinan bisa didapatkan untuk setiap bulannya. Ketika bayaran yang didapatkan dirasa masih kurang untuk memenuhi kebutuhan, tentunya seorang freelancer akan mengambil lebih banyak pekerjaan.

Inilah yang membuat seorang freelancer lebih termotivasi dalam bekerja. Bayaran yang didapatkan bisa menjadi sumber motivasi bagi seorang freelancer agar bisa bekerja lebih keras demi memenuhi kebutuhan hidup. Dengan motivasi yang baik, tentunya kinerja seseorang akan lebih bagus.

Memiliki Banyak Sumber Pendapatan

Seorang freelancer tidak hanya bergantung pada satu sumber saja. Dari portofolio yang sudah dibuat oleh freelancer, akan ada banyak orang yang tertarik untuk memberikannya pekerjaan. Dengan begitu, secara otomatis seorang freelancer akan memiliki banyak sumber pendapatan.

Memiliki banyak sumber pendapatan tentunya sangat menguntungkan. Apabila pada suatu hari salah satu klien tiba-tiba menghilang, maka masih ada klien lain yang akan memberikan pekerjaan. Hal tersebut akan membuat seorang freelancer tetap mendapatkan uang meskipun kehilangan satu klien.

Setelah kehilangan seorang klien, biasanya seorang freelancer akan mencari klien lain untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Siklus seperti ini akan terus berulang sesuai dengan keinginan dari freelancer. Dalam kondisi seperti ini, pekerjaan yang didapatkan tidak akan sepi.

Bebas Menentukan Biaya

Seorang freelancer bisa mengendalikan penghasilan yang bisa didapatkan untuk setiap bulannya. Hal ini dikarenakan seorang freelancer bebas menentukan bayaran untuk setiap pekerjaan yang diambil. Selain itu, seorang freelancer juga bisa menentukan deadline pekerjaan dengan bebas.

Bayaran dan deadline pekerjaan tentunya akan disepakati dengan klien sehingga pekerjaan bisa segera dimulai. Tidak ada perjanjian resmi yang dijalin antara freelancer dan klien. Dalam sebuah projek, kedua pihak hanya mengandalkan komitmen.

Bebas Menolak Pekerjaan

Seorang freelancer bebas untuk menolak pekerjaan. Jika seorang freelancer merasa bahwa bayaran yang diberikan oleh klien terlalu murah atau tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka dia bebas menolak pekerjaan tersebut. Namun, penolakan pekerjaan biasanya dilakukan dengan sopan.

Penolakan pekerjaan tentunya sangat jarang terjadi pada pekerjaan tetap. Sebagai pegawai tetap, seseorang harus mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh atasan. Inilah yang membuat bekerja sebagai freelancer lebih menyenangkan daripada pekerjaan tetap.

Bebas Menentukan Jadwal Meeting

Seorang freelancer bebas untuk menentukan jadwal meeting dengan klien untuk membahas pekerjaan. Dengan begitu, waktu yang dimiliki oleh seorang freelancer akan selalu fleksibel. Seorang freelancer bebas menentukan kapan harus bekerja dan kapan harus bertemu dengan klien.

Hal tersebut tentunya sangat jarang terjadi pada pekerjaan tetap. Seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan tetap menuntut pegawai untuk selalu hadir pada meeting-meeting yang diadakan oleh atasan. Terkadang hal tersebut mengganggu pekerjaan karena ada waktu yang terpaksa harus direlakan.

Bahkan, terkadang meeting yang diadakan oleh atasan berada di luar jam kerja sehingga waktu istirahat pegawai menjadi terganggu. Hal ini tentunya tidak akan terjadi pada seorang freelancer yang bebas menentukan jadwal meeting.

Bebas Memilih Jenis Pekerjaan

Seorang freelancer memiliki kebebasan penuh dalam memilih jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh klien. Seseorang pastinya bisa merasa bosan ketika mengerjakan jenis proyek yang sama. Maka dari itu, pergantian jenis proyek akan membuat seseorang tidak bosan ketika bekerja.

Kebebasan memilih jenis pekerjaan juga berkaitan dengan bayaran yang bisa diterima. Apabila seorang freelancer merasa bahwa suatu proyek memiliki nilai yang menarik, maka dia bisa mengambil pekerjaan tersebut. Inilah yang membuat pekerjaan ini tidak membosankan dan menyenangkan.

Tidak Terikat Jam Kerja

Seorang freelancer tidak terikat dengan jam kerja. Hal ini tentu berbeda dengan karyawan tetap yang harus bekerja mulai pagi sampai sore atau bahkan sampai malah karena lembur. Hal tersebut sudah terbukti membuat seseorang menjadi lelah dan terkadang mengalami stres.

Jika kamu bekerja sebagai freelancer, kamu tidak akan terikat dengan jam kerja. Seorang freelancer bebas untuk bekerja kapan saja, karena dia diberikan deadline untuk sebuah pekerjaan. Jadi, asalkan pekerjaan selesai tepat waktu tidak akan ada keluhan dari klien.

Bisa Istirahat dan Liburan Kapan Saja

Sebagai seorang freelancer kamu bisa istirahat dan liburan kapan saja. Dengan waktu yang fleksibel tentunya seorang freelancer bebas menentukan waktu untuk istirahat. Selain itu, seorang freelancer juga bebas menentukan waktu untuk liburan sebagai bentuk refreshing.

Itulah beberapa kelebihan bekerja sebagai freelancer. Sangat wajar jika saat ini masyarakat sangat tertarik untuk menjadi seorang freelancer. Namun, perlu kamu ketahui bahwa untuk sukses sebagai seorang freelancer sebaiknya kamu memiliki kemampuan khusus dan relasi bisnis yang luas.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 27 = 28