Yuk Buat Agrowisata di Desamu

Desa wisata sudah mampu mewarnai variasi destinasi yang lebih berkembang dalam suatu kawasan pariwisata, sehingga pariwisata tidak selalu terjebak dalam trend pengembangan bercorak mass tourism. Melalui desa wisata, pariwisata membuktikan keberpihakannya kepada semangat pariwisata sebagai penyerap tenaga kerja pedesaan, sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi wilayah, dan sebagai alat pengentasan kemiskinan.

Sebuah desa wisata haruslah memiliki atraksi wisatanya sendiri, entah berbasis budaya, alam, maupun buatan. Untuk skala desa, seringkali terlihat atraksi-atraksi yang berhubungan dengan alam dan budaya. Untuk atraksi desa wisata yang berbasis alam, terdapat dua pilihan yaitu agrotourism atau ecotourism. Agrowisata merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif dalam sektor pertanian yang dapat memberikan nilai tambah bagi usaha agribisnis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain itu, Agrowisata juga sebagai kombinasi antara pertanian dan pariwisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata, baik berupa potensi pemandangan alam kawasan pertaniannya maupun kekhasan dan keanekaragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian serta budaya masyarakat petaninya. Agrowisata merupakan salah satu alternatif potensial apabila pelaksanaannya di desa. Kemudian batasan mengenai agrowisata adalah suatu jenis pariwisata yang khusus menjadikan hasil pertanian, perkebunan sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Agrowisata adalah wisata pertanian dengan obyek kunjungan daerah pertanian atau perkebunan yang sifatnya khas, yang telah mengembangkan hingga sedemikian rupa sehingga berbagai aspek yang terkait dengan jenis tumbuhan yang membudidayakan itu telah menimbulkan motivasi dan daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Aspek-aspek itu antara lain, jenis tanaman yang khas, cara budidaya dan teknologi, aspek kesejarahannya,lingkungan alam dan juga sosial budaya di sekelilingnya. Dalam agrowisata memiliki banyak sekali atraksi atau kegiatan-kegiatan yang menarik dan mampu mendatangkan wisatawan. Agrowisata berhubungan dengan bidang pertanian atau perkebunan yang dapat menjadikan wilayah tersebut sebagai daya tarik wisata.

Labirin Jagung

Salah satunya adalah labirin jagung pada perkebunan jagung. Labirin jagung seringkali terlihat pada benua eropa atau amerika karena terdapat perkebunan jagung yang luas. Perkebunan jagung yang semulanya untuk panen buahnya saja, akan tetapi juga dapat memiliki potensi lain sebagai tempat wisata. Dengan adanya labirin jagung tersebut dapat membantu memberikan tambahan ekonomi bagi petani tersebut dan juga mengeksploitasi lahan pertaniannya.

Labirin jagung membuat anak-anak atau orang-orang untuk mencari kesenangan dan keseruan menemukan jalan keluar. Labirin terbuat pada perkebunan yang luas agar semakin lama dan sulit untuk menemukan jalan keluarnya, sedangkan semakin kecil labirin akan semakin mudah dan tidak ada tantangan. Biasanya para petani menanam jagung tersebut dengan perawatan khusus agar tinggi dari pohon jagung sesuai atau paling tidak lebih dari tinggi manusia. Pohon jagung tersebut saat sudah pada waktunya atau setelah berbuah akan ditebang oleh petani. Pemotongan juga menggunakan mesin tersendiri yang mampu memotong pohon jagung hingga ke pangkal agar pohon jagung tersebut tidak dapat bertumbuh lagi.

Pembuatan bentuk dari labirin jagung memerlukan perhitungan ataupun gambaran agar saat pemotongan dapat sesuai rencana. Bentuk dari labirin jagung bermacam-macam dan memiliki tingkatan kesulitan tersendiri. Namun setiap labirin pasti memiliki jalur pintas atau jalur rahasia yang membuat wisatawan maupun peserta mampu untuk melintas atau keluar lebih cepat. Biasanya petani mengadakan perlombaan untuk melewati labirin tercepat dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa uang maupun hal menarik lainnya. Namun banyak juga peserta yang menyerah dan tidak sanggup lagi karena tidak menemukan jalan keluarnya. Selain itu labirin tidak terbuat dari pertanian jagung saja namun juga bisa saja dari tembok atau benda-benda seperti limbah sedotan atau tumpukan botol.

Agriterapi

Selain labirin jagung, juga terdapat agriterapi yaitu terapi yang menggunakan pertanian untuk memberikan terapi terhadap konsumen. Nama ini berasal dari tempat terapi yang terjadi berada pada bidang pertanian atau daerah pinggiran (desa). Agriterapi terkelompokkan menjadi empat bagian.

Yang pertama yaitu animal asissted theraphy atau terapi hewan. Hewan menjadi salah satu pilihan terapi karena hewan mampu memahami apapun yang manusia ucapkan, mampu mengurangi kesendirian, dapat melakukan kontak fisik, dan dapat menjadikan sebuah komunitas baru sesama penyuka hewan peliharaan tersebut. Terapi ini memiliki manfaat sebagai motivasi, edukasi, dan rekreasi untuk memperbaiki keadaan hidup. Salah satu hewan yang sering berguna sebagai terapi adalah kuda. Hewan tersebut menjadi salah satu pilihan karena kuda mampu membuat perasaan lebih baik dan memiliki kehangatan yang membuat nyaman bagi penerima terapi. Kuda akan menjadi ikut baik apabila pemiliknya juga dalam kondisi yang bahagia dan begitu pula sebaliknya. Setiap hari kuda perlu berbicara dengan pemiliknya, sambil menyisir bulu atau rambutnya agar kuda tersebut memiliki kedekatan hati dan agar kuda tersebut lebih sehat. Seringkali dalam ajang perlombaan balap kuda, joki atau pengemudi kuda akan berbicara atau berbisik kepada kudanya agar dapat melaju kencang.

Hewan yang dapat menjadi pilihan selanjutnya untuk terapi adalah lumba-lumba. Hewan mamalia air tersebut dari turun temurun mampu memberikan efek yang baik bagi penerimanya. Lumba-lumba memiliki kedekatan terhadap manusia karena tidak memiliki ketakutan terhadap manusia.  Selain lumba-lumba juga terdapat anjing. Terapi anjing telah digunakan di fasilitas kesehatan seperti panti jompo atau yayasan-yayasan. Dalam beberapa tahun terakhir, anjing terapi berguna untuk membantu anak-anak untuk mengatasi gangguan bicara dan emosional. Hal tersebut penting bahwa anjing terapi memiliki semua ukuran dan semua ras dan warna untuk terapi.

Ciri yang paling penting adalah temperamen dari anjing yang berguna untuk terapi. Anjing terapi yang baik pasti memiliki sifat ramah, sabar, percaya diri, nyaman dalam segala situasi dan lembut. Anjing terapi harus dapat  memberikan kontak manusia dan suka saat berhubungan dengan manusia. Selain anjing juga terdapat terapi kucing. Pemilik kucing akan semakin bertambah dan lebih banyak terlibat dalam interaksi terhadap kucingnya. Karena hewan peliharaan merupakan bagian dari pertanian agrowisata dan dapat dengan mudah berguna sebagai bagian dari salah satu alternatif terapis.

Wisata Budaya

Selain labirin jagung dan terapi, agrowisata juga terkait dengan wisata budaya. Kegiatan yang sering menampilkan secara turun temurun dapat disebut sebagai budaya, biasanya budaya ini memiliki ciri khas tersendiri atau memiliki keunikan masing-masing pada setiap daerah. Selain kegiatan juga ada barang benda atau rumah yang unik dan tidak ada di tempat lain. Pada bidang agrowisata biasanya sebuah peternakan atau pertanian yang secara turun temurun memiliki keluarga sebagai pemiliknya. Selain itu juga biasanya terdapat komunitas petani pada sebuah wilayah pertanian yang mempunyai budaya tersendiri dalam norma kehidupan ataupun tradisi-tradisi yang turun temurun dari nenek moyang. Ada juga beberapa jenis budaya yang berguna dalam bidang agrowisata sebagai daya tarik wisata yaitu:

  •         Sejarah dari sebuah perkebunan
  •         Sejarah Desa
  •         Museum dan Pertunjukan Desa
  •         Keluarga atau festival

Sejarah dari sebuah perkebunan sangat menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan untuk mengetahui awal mula dari sebuah perkebunan itu berdiri. Biasanya pada perkebunan anggur yang memproduksi anggur wine. Perkebunan menawarkan aktivitas wisata petik buah anggur, penjelasan mengenai perkebunan, proses pengolahan anggur menjadi wine, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat pemilik perkebunan tersebut menambah pendapatan dan lebih mengeksploitasi lebih dalam dari perkebunannya. Selain dari perkebunan juga terdapat dari sejarah desa. Sebuah tempat menjadi tempat pemukiman dari para warga yang memiliki sejarah dan tradisi atau budaya yang disebut desa.

Saat ini banyak sekali desa berkembang menjadi desa wisata untuk menambah pendapatan bagi warganya atau desanya. Dalam setiap desa selalu memiliki sejarahnya yang mampu menjadi menarik wisatawan untuk datang. Museum dan pertunjukan desa menjadi salah satu atraksi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan. Museum menjadi tempat menyimpan barang-barang yang memiliki sejarah dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Yang terakhir adalah pada budaya yang ada di desa selalu terdapat keluarga yang menyambut hangat atau bisa menjadi tempat penginapan bagi wisatawan dengan membuka homestay. Selain itu festival seringkali memeriahkan desa sebagai hiburan rakyat yang juga dapat menarik wisatawan untuk datang.

Agrowisata menjadi salah satu jenis pilihan wisata yang dapat tercipta pada desa dengan pertanian atau perkebunan sebagai komoditas utama. Kegiatan yang dapat tercipta yaitu membuat labirin dari perkebunan jagung. Selain mendapat untung dari menjual jagung, juga mendapat untung dari tempat wisata yang dibuat. Selain itu juga ada agriterapi yang berasal dari hewan karena hewan mampu memberikan terapi dengan pengertian atau kehangatan yang diberikan. Hewan yang sering digunakan sebagai terapi yaitu kuda, lumba-lumba, anjing, kucing, dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat wisata budaya karena pada desa rasa solidaritas terhadap kelompok sangat kuat. Contoh pada wisata budaya yang dapat tercipta di desa antara lain museum, festival, sejarah perkebunan, dan lain sebagainya.

 

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

wahyuaja
wahyuaja

Seorang mahasiswa yang sedang berkuliah dengan ketertarikan menulis segala hal menarik dan dapat bermanfaat bagi orang lain

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 + = 76