Memahami Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Dunia Bisnis

Beberapa peran penting dari manajemen keuangan yang bisa menuntun perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Manajemen keuangan adalah pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sederhananya, manajemen keuangan merupakan pengelolaan keuangan untuk membuat bisnis menjadi sukses.

Peran manajemen keuangan sangatlah penting dalam sebuah bisnis bisa dikatakan sangatlah vital. Bahkan, sudah banyak penelitian dalam bidang ekonomi yang membuktikan bahwa manajemen keuangan berpengaruh besar dalam kesuksesan sebuah perusahaan.

Seiring berjalanya waktu, manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan selalu mengalami perkembangan. Perkembangan manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan memiliki sejarah yang cukup panjang.

Sebelum memasuki abad ke-19, manajemen keuangan hanya memiliki peran yang sederhana. Peran manajemen keuangan pada waktu itu hanya mengatur segala hal yang berhubungan dengan keuntungan perusahaan. Jadi, pada masa itu manajemen keuangan tidak berdampak besar bagi perusahaan.

Setelah memasuki abad ke-19, manajemen keuangan mulai memiliki peran yang cukup kompleks. Manajemen keuangan pada masa itu tidak hanya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan saja.

Ada beberapa peran baru yang dibebankan seperti merencanakan anggaran, pemeriksaan keuangan secara periodik, mengevaluasi kerugian, menerbitkan surat berharga, efisiensi struktur organisasi perusahaan, dan analisa faktor eksternal yang mempengaruhi keuangan perusahaan.

Dari sini pengaruh manajemen keuangan untuk perusahaan menjadi cukup besar. Sampai saat ini, manajemen keuangan sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Dari yang awalnya hanya memiliki peran sederhana hingga memiliki peran yang kompleks.

Akhir-akhir ini banyak orang yang masih penasaran dengan peran penting dari manajemen keuangan. Jika kamu juga penasaran seperti apa peran dari manajemen keuangan untuk perusahaan, maka simaklah penjelasan berikut ini.

Peran Penting Manajemen Keuangan Untuk Perusahaan

Ada beberapa peran penting manajemen keuangan untuk perusahaan :

  • Mengelola Modal Kerja Perusahaan

Peran yang pertama adalah melakukan pengelolaan modal kerja. Modal kerja berperan penting dalam menunjang operasional perusahaan Modal kerja perusahaan terdiri dari gaji karyawan, arus kas perusahaan, aset yang likuid, dan anggaran untuk operasional perusahaan.

Dengan pengelolaan modal kerja yang baik, tentunya operasional perusahaan juga akan berjalan dengan baik. Apabila kegiatan operasional selalu stabil, maka nantinya perusahaan akan lebih mudah untuk mencapai target atau tujuan yang sudah ditentukan.

Sampai saat ini salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap keuntungan perusahaan adalah modal kerja. Banyak pakar ekonomi dunia yang mengkonfirmasi hal ini melalui buku ataupun internet.

  • Mengidentifikasi Pembiayaan

Sebuah perusahaan tentunya membutuhkan pembiayaan yang baik agar bisa beroperasi secara normal. Namun, pembiayaan yang tidak efisien justru bisa membuat operasional perusahaan menjadi terhambat atau bahkan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Untuk itu, manajemen keuangan mengidentifikasi pembiayaan dari perusahaan selama periode berjalan. Hal utama yang diperhatikan oleh manajemen keuangan adalah asal dari sebuah pembiayaan. Jika sebuah pembiayaan sudah terbukti jelas, maka nantinya manajemen keuangan akan melakukan konfirmasi.

Setelah itu manajemen keuangan akan menyesuaikan setiap pembiayaan dengan keuangan dari perusahaan. Dalam hal ini, manajemen keuangan harus pandai dalam mengatur sumber daya keuangan untuk memenuhi pembiayaan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika memang sumber daya keuangan tidak memenuhi, maka manajemen keuangan bisa melakukan beberapa cara untuk mendapatkan tambahan dana seperti mengajukan pinjaman, menjual aset, meningkatkan pemasukan melalui penjualan, dan menerbitkan saham perusahaan untuk kemudian dijual.

  • Memberikan Pertimbangan Untuk Sebuah Investasi

Investasi menjadi kegiatan yang bisa memberikan keuntungan dalam jumlah besar. Dengan investasi yang tepat, perusahaan bisa mendapatkan pendapatan pasif yang stabil. Hal tersebut bisa membantu menyokong kebutuhan perusahaan dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Perlu kamu ketahui bahwa tawaran menjadi investor tidak hanya datang kepada perorangan. Perusahaan juga bisa mendapatkan tawaran untuk menjadi investor dari perusahaan lain. Sampai saat ini sudah ada banyak perusahaan yang menjadi investor dari perusahaan lain.

Investasi sudah menjadi salah satu program yang umumnya dilakukan oleh perusahaan di era modern ini. Bahkan, saat ini ada beberapa perusahaan yang menginvestasikan dana untuk bisnis-bisnis potensial yang terancam bangkrut. Alhasil bisnis tersebut bisa kembali normal dan bahkan semakin berkembang.

Pada umumnya kondisi seperti ini membuat status kepemilikan investor terhadap perusahaan tersebut menjadi lebih besar. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak praktik seperti ini. Meskipun cukup berisiko, namun hasil yang diberikan juga luar biasa.

Untuk mendapatkan pencapaian yang bagus dari investasi, manajemen keuangan berperan penting dalam mempertimbangkan bagus atau tidaknya sebuah investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dengan pertimbangan yang baik, tentunya perusahaan bisa melakukan investasi dengan baik.

Manajemen keuangan berhak memberikan persetujuan untuk sebuah investasi atau menolak sebuah investasi yang dianggap kurang menguntungkan bagi perusahaan. Jadi, bisa dikatakan bahwa manajemen keuangan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap investasi dari perusahaan.

  • Mengelola Sumber Daya Keuangan Perusahaan

Mengelola sumber daya keuangan perusahaan sudah menjadi tugas utama dari manajemen keuangan. Manajemen keuangan berkewajiban membuat kebijakan yang mampu menjaga kondisi keuangan perusahaan tetap stabil. Kebijakan tersebut juga akan meminimalisir kesalahan dalam mengelola dana.

Pada umumnya kebijakan yang dibuat oleh manajemen keuangan mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan seperti prosedur penanganan pajak, prosedur pelaporan keuangan, dan prosedur pengelolaan sumber daya keuangan perusahaan.

Kebijakan yang dibuat oleh manajemen keuangan berpengaruh besar terhadap kondisi keuangan dari perusahaan. Dengan kebijakan yang baik tentunya kondisi keuangan perusahaan akan selalu stabil.

  • Melakukan Pengawasan Ketat Terhadap Sumber Daya Perusahaan

Memeriksa sumber daya perusahaan memang harus dilakukan secara rutin. Hal ini untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan selalu dalam kondisi yang sehat dan mencegah penyalahgunaan untuk kepentingan pribadi.

Manajemen keuangan pada umumnya akan bekerjasama dengan bagian akuntansi perusahaan untuk memeriksa sumber daya perusahaan secara rutin. Pemeriksaan rutin dilakukan dengan membaca laporan keuangan perusahaan yang di dalamnya terdapat informasi mengenai sumber daya perusahaan.

Jika manajemen keuangan menemukan kejanggalan, biasanya akan segera dilakukan rapat dengan para eksekutif perusahaan untuk segera mengambil tindakan. Hal ini tentunya akan menghindarkan perusahaan dari kerugian atau bahkan kebangkrutan.

  • Menyusun Rencana Untuk Mengembangkan Perusahaan

Sebuah perusahaan yang sudah berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar tentunya membutuhkan sebuah rencana baru untuk mengembangkan perusahaan.

Dalam hal ini, manajemen keuangan akan menyusun sebuah rencana untuk membantu mengembangkan perusahaan. Penyusunan rencana pengembangan bisnis pada umumnya dibahas secara langsung oleh manajemen keuangan beserta seluruh pejabat perusahaan.

Rencana pengembangan bisnis merupakan sebuah pondasi awal yang akan menentukan seberapa besar perusahaan akan berkembang. Maka dari itu, untuk mendapatkan rencana terbaik, manajemen keuangan secara langsung melibatkan para pejabat perusahaan dalam proses penyusunan rencana.

Peran manajemen keuangan dalam penyusunan rencana pengembangan bisnis adalah sebagai pusat informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam pembiayaan, investasi, meningkatkan infrastruktur, meningkatkan jumlah pekerja, dan meningkatkan penjualan.

Semua informasi tersebut tentunya akan menjadi bahan pertimbangan yang baik untuk menyusun rencana pengembangan bisnis. Tanpa adanya informasi dari manajemen keuangan, perusahaan akan kesulitan untuk menyusun rencana pengembangan bisnis.

Dari sini, seharusnya kita sudah tahu betapa besar peran dari manajemen keuangan dalam membantu perusahaan dalam mencapai kesuksesan. Jadi, bisa dikatakan bahwa tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, perusahaan akan sulit untuk berkembang.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Mualif Ulil Albab
Mualif Ulil Albab

Saya seorang penulis artikel untuk kepentingan konten website dan artikel untuk marketing. Saya kuliah di D3 Akuntansi SV UGM.

Artikel: 14

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 73 = 78