http://garuda.industry.co.id/

Beberapa Kerajaan Besar dan Berpengaruh Yang Pernah Ada Di Indoneisa, Bukti Kemajuan Bangsa.

Negara Indonesia memiliki riwayat sejarah yang sangat panjang. Sebelum mengumumkan kemerdekaannya Indonesia terbagi atas banyak kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah. Kerajaan-kerajaan di Indonesia banyak di pengaruhi oleh budaya luar seperti India, China dan Arab, dengan dipadukan dengan budaya lokal. Di antaranya terdapat beberapa kerajaan yang memiliki pengaruh yang besar sampai sekarang. Kerajaan ini meninggalkan banyak bukti sejarah seperti prasasti, candi dan lain-lain. Berikut beberapa kerajaan tersebut.

Sumber : https://2.bp.blogspot.com/

1. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit  adalah kerajaan Hindu-Budha  terakhir  yang berdiri sekitar tahun 1993 hingga 1527 Masehi dan berpusat di Jawa Timur. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada kepemimpinan Hayam Wuruk dari tahun 1350 hingga 1389 dengan patihnya yang terkenal yaitu Patih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapa. Luas wilayah dari kerajaan ini di yakini yang terbesar di Indonesia, yang terbentang dari Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur. Meskipun wilayah pastinya masih banyak di perdebatkan.

Sumber : https://2.bp.blogspot.com/

Kerajaan Majapahit di dirikan oleh Raden Wijaya mengantikan kerajaan sebelumnya yaitu Kerajaan Singosari. Nama kerajaan ini di ambil dari buah Maja yang memiliki rasa pahit sehingga di sebut Majapahit. Pada masa Kejayaannya Majapahit berhasil menjadi kerajaan dengan kekuatan maritim yang besar sehingga dapat menyatukan Nusantara. Peninggalan dari kerajaan Majapahit yang masih ada hingga saat ini adalah beberapa candi, prasasti dan peninggalan lainnya.

Kerajaan Majapahit juga mewariskan beberapa hal yang masih di pakai hingga sekarang seperti semboyan negara “Bhinneka Tunggal Ika” dan warna bendera Negara yaitu merah dan putih.

Sumber : https://upload.wikimedia.org/

2. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Budha besar yang berada di Sumatara. Luas wilayahnya membentang  dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa Barat dan kemungkinan Jawa Tengah. Arti nama Sriwijaya sendiri adalah  “kemenangan yang gilang-gemilang”.  Kerajaan ini berdiri sekitar tahun 671–1183 Masehi dan di yakini kerajaan ini di didirikan oleh Sri Jayanasa sebagai raja pertama.

Sumber : https://assets-a1.kompasiana.com/

Kerajaan ini memanfaatkan kekuatan ekonomi di bidang perdagangan dengan tempat yang strategis. Kerajaan Sriwijaya menguasai selat Malaka yang merupakan salah satu jalur utama perdaganan di Asia. Sehingga kerajaan Sriwijaya di kenal juga dengan kekuatan maritimnya.

Beberapa peninggalan dari kerajaan ini di antaranya Prasasti Telaga batu, Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, Candi Muara Takus, Prasasti Kota Kapur dan lain lain.

Sumber : https://upload.wikimedia.org/

3. Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari berdiri sekitar tahun 1222 yang di dirikan oleh raja pertamanya yaitu Ken Arok dan berpusat di Malang, Jawa Timur. Nama asli dari kerajaan ini sebenarnya adalah kerajaan Tumapel, namun kerajaan ini lebih di kenal dengan nama Singasari yang merupakan nama Ibu kota dari Kerajaan ini. Kerajaan Singasari juga merupakan cikal bakal dari kerajaan Majapahit.

√ Kerajaan Singasari : Sejarah, Raja, Masa Kejayaan, dan Peninggalan ...

Sumber : https://saintif.com/

Kerajaan Singasari berada pada masa kejayaannya berada pada kekuasaan Kertanegara pada tahun  (1272 – 1292). Wilayah kerajaan ini di luar Jawa meliputi Melayu, Bali, Pahang, Gurun, dan Bakulapura. Pada masa kepemimpinan Kertanegara juga di kenal karena ekspansi kerajaan Monggol ke daerah Indonesia.

Beberapa peninggalan dari kerajaan ini di antaranya Candi Singosari, Candi Jago, Candi Sumberawan, Arca Dwarapala dan lain-lain.

Sumber :https://upload.wikimedia.org/

4. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Kuno atau Kerajaan Medang adalah penerus Kerajaan Kalingga di Jawa dengan dua pusat kerajaan yang berbeda yang di awali di Jawa Tengah  di bawah Wangsa Sanjaya dan Sailendra (732-929 M) dan pindah ke Jawa Timur dan dikuasai oleh Wangsa Isyana (929-1016 M) yang di pindahkan oleh Mpu Sindok. Perpindahan ini di akibatkan tiga faktor yaitu faktor politik, faktor bencana alam dan faktor serangan dari kerajaan lain.

Sumber : https://mmc.tirto.id

Kerajaan ini terkenal dengan banyak meninggalkan candi – candi Megah yaitu Candi Borobudur di Magelang, Candi Prambanan, Candi Kalasan, dan Candi Sewu di Yogyakarta, serta beberapa candi lainnya. Simbol keberagaman menjadi salah satu keunggulan dari Kerajaan ini di buktikan dengan candi-candi yang di bangun.

 

Referensi :

www.boombastis.com/kerajaan-besar-nusantara/

https://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit

https://kumparan.com/berita-hari-ini/5-peninggalan-kerajaan-sriwijaya-yang-masih-ada-sampai-sekarang-1umfbgWo1Vl/full

https://id.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya

agtvnews.com/2020/07/sejarah-lengkap-kerajaan-singasari-asal-usul-dan-jejak-peninggalan.html

https://tirto.id/sejarah-kerajaan-mataram-kuno-lokasi-nama-raja-raja-di-jawa-f8lK

 

 

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Muhammad Andys Saputra
Muhammad Andys Saputra

Seseorang yang mendalami teknologi informasi dan berpengalaman dibidang manajemen dengan pengalaman dari berbagai acara dengan menata konsep dan terbiasa mengikuti kajian penulisan dengan banyak tema di pemerintahan

Artikel: 8

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *