Cuma dari SIKAP Bisa Menang Tender Ratusan Juta Rupiah?

Wow! Bagaimana bisa cuma dari SIKAP bisa menang tender ratusan juta rupiah? Ingin tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut ini ya!

Kita wajib memahami terlebih dahulu apa itu SIKAP?

Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) atau biasa juga disebut Vendor Management System
(VMS) adalah aplikasi yang merupakan subsitem dari Sistem Pengadaan Secara Elektronik yang
digunakan untuk mengelola data/informasi mengenai riwayat kinerja dan/atau data kualifikasi
Penyedia Barang/Jasa yang dikembangkan oleh LKPP.

SIKAP diciptakan untuk menjawab permintaan Presiden Joko Widodo yang meminta agar proses lelang bisa dipercepat. mudah, sederhana, dan tidak ribet. Dengan implementasi sistem ini, diharapkan proses pengadaan secara elektronik bisa berjalan lebih cepat, efisien, efektif tanpa meninggalkan asas akuntabilitas dan transparan, sesuai yang diinginkan oleh Presiden Jokowi bisa terwujud. SIKAP inilah yang mendorong munculnya TENDER CEPAT.

Tender Cepat adalah metode pemilihan penyedia barang/konstruksi/jasa lainnya dengan memanfaatkan Sistem Informasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa (SIKaP). Tender Cepat ini tidak memerlukan penilaian kualifikasi, administrasi, dan teknis dengan tahapan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, namun cukup dengan penawaran terendah dan pada saat pembuktian kualifikasi bisa membuktikan semuanya dengan benar dan lengkap. Mudah dan sederhana sekali bukan?

Nah, langsung aja kita mulai. Buat kalian yang sudah terdaftar di LPSE dan sudah teragregasi INAPROC, maka secara otomatis bisa login ke SIKAP melalui https://sikap.lkpp.go.id/ Berikut tampilannya:

Setelah muncul tampilan seperti di atas, maka bisa langsung melakukan LOGIN dengan klik tombol MASUK di kanan atas. Untuk MASUK ini gunakan user ID dan password yang sudah terverifikasi di LPSE dan sudah aktif untuk agregasi INAPROC ya! Jadi buat yang masih gagal masuk di SIKAP pastikan dulu kedua hal di atas dengan benar. Setelah berhasl MASUK, maka tampilan awal pasti akan muncul POP-UP secara otomatis dan bisa klik tambah ijin usaha atau tambah pengalaman atau lewati (bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian).

Sekarang kita lihat dulu di bagian atas terdapat menu Identitas, Izin Usaha, Manajerial, Akta, SDM, Pengalaman, Peralatan, dan Pajak. 8 menu tersebut semuanya harus kita isi dengan benar dan sesuai dengan perijinan yang kita miliki. Kita akan bahas satu per satu mulai dari halaman Identitas. Di sini kita akan melihat data perusahaan kita seperti: nama, alamat, kontak person, email, telepon, dst. Jika ada data yang belum tepat bisa diedit di sini ya.

Selanjutnya jika Identitas Perusahaan kita sudah tepat, maka kita bisa mengisi Ijin Usaha dengan cara klik di menu IJIN USAHA lalu setelah terbuka bisa klik tombol TAMBAH.

Pada menu TAMBAH ini, kita bisa mengisikan ijin usaha kita satu per satu. Yang perlu diisi berupa nama ijin usaha, nomor usaha, berlaku hingga kapan, dan kualifikasi dan klasifikasi usaha, seperti tampilan berikut:

Pada saat pengisian IJIN USAHA ini sangat penting dan wajib sesuai dengan dokumen asli perijinan kita ya! Setelah data perijinan diinput maka klik SIMPAN dan kemudian jika masih ada surat ijin usaha lainnya bisa ditambahkan dengan cara yang sama seperti tadi. Setelah semua perijinan usaha tersimpan dengan benar, maka kita bisa lanjut untuk mengisi bagian MANAJERIAL, tampilannya seperti ini:

Menu manajerial ini berisi siapa pemilik dan pengurus perusahaan Anda, dan data ini harus sesuai dengan Akta Perusahaan kalian. Cara mengisinya sama dengan klik menu TAMBAH akan muncul seperti ini:

Pada isian Manajerial ini, yang perlu diisikan berupa Nama Pengurus, jenis kepemilikan, NIK, nilai saham yang dimiliki di perusahaan tersebut, alamat sesuai KTP, dan NPWP serta kewarganegaraan. Setelah mengisi lengkap maka bisa klik SIMPAN. Jika terdapat lebih dari satu pengurus/pemilik, maka bisa klik TAMBAH lagi dan lakukan hal yang sama seperti di atas hingga semuanya terinput.

Selanjutnya, kita akan mengisi halaman menu AKTA, tampilannya:

Ini secara otomatis sudah terisi dari sistem, namun jika ada data yang belum sesuai bisa klik UBAH untuk disesuaikan. Bagi perusahaan yang memiliki Akta Perubahan wajib menginput juga ya!

Setelah selesai mengisi halaman AKTA, kita bisa lanjut ke halaman menu SDM, yang isinya berupa tenaga ahli, tenaga terampil, dan tenaga administrasi. Semua karyawan perusahaan wajib dimasukkan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tampilannya seperti ini:

untuk mulai mengisi bisa klik tombol TAMBAH, dan bisa mengisikan data karyawan sesuai dengan daftar isian yang ada, secara garis besar isinya adalah tentang data karyawan tersebut. Tampilannya seperti ini:

Setelah itu bisa klik tombol SIMPAN, lalu bisa menginput lagi dengan klik TAMBAH dan dengan langkah yang sama seperti di atas. Data karyawan yang diinput harus sesuai dengan kondisi real perusahaan. Setelah selesai menginput, maka bisa lanjut mengisi menu PENGALAMAN, tampilannya:

Pada menu ini, kita bisa mengisikan data pengalaman tender/pekerjaan yang selama ini sudah pernah kita dapatkan, bagi perusahaan yang baru berdiri mungkin halaman ini masih kosong dan tidak perlu diisi. Bagi perusahaan yang sudah ada pengalaman pengerjaan proyek bisa diinput di menu ini dengan klik tombol TAMBAH, lalu mengisikan detail pekerjaan yang sudah atau sedang dikerjakan, tampilannya:

Kita wajib mengisi data pengalaman dengan sangat detail dan real, karena ini akan menentukan kita mendapat undangan tender atau tidak. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki dan semakin besar nilainya, maka kesempatan mendapatkan undangan tender akan semakin besar juga. Isilah semuanya dengan benar lalu klik SIMPAN. Jika ingin menambahkan pengalaman lagi, bisa klik TAMBAH dan lakukan hal yang sama seperti di atas.

Selanjutnya kita bisa ke menu berikutnya yaitu PERALATAN. Di menu ini kita bisa mengisi peralatan dan perabotan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan, dan tentunya yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan.

Untuk mengisi bisa klik tombol TAMBAH, lalu isikan data peralatan yang perusahaan Anda miliki:

Isiannya cukup detail juga seperti: nama peralatan, tahun, lokasi, merek, kondisi, bukti kepemilikan, dan keterangan lainnya yang perlu dicantumkan. Setelah mengisi bisa klik SIMPAN. Untuk menambahkan peralatan lainnya bisa klik TAMBAH lagi dan lakukan hal yang sama seperti di atas.

Setelah mengisi peralatan, kita bisa lanjut mengisi halaman menu yang terakhir yaitu PAJAK, yang tampilannya seperti ini:

Untuk mulai mengisi pajak, bisa klik tombol TAMBAH, lalu akan muncul:

Di sini kita bisa mengisikan jenis laporan pajak, masa pajak, nomor bukti penerimaan pajak, dan tanggal bukti penerimaan pajak. Setelah terinput bisa klik SIMPAN. Untuk menambahkan bukti pajak berikutnya bisa klik TAMBAH dan ikuti cara seperti di atas tadi.

Ternyata cukup banyak sekali data yang harus diisikan pada aplikasi SIKAP ya! Tapi jangan malas dan harus segera diisi demi mendapatkan tender ratusan juta rupiah bahkan bisa lebih jika kalian emang berniat dan jangan lupa berikhtiar terus ya:)

Pasti kalian sudah penasaran banget, terus gimana caranya supaya bisa dapat tendernya? Sabar dulu… Jadi hal utama yang harus kita lakukan adalah setting SIKAP dan mengisi semua data perusahaan kita selengkap-lengkapnya dan VALID. Setelah semua data lengkap, secara otomatis kita akan mendapat UNDANGAN MENGIKUTI TENDER secara online dari PESAN MASUK SIKAP saat perusahaan kita secara sistem memenuhi syarat untuk terundang. Kalau misal kita tidak mendapat undangan jangan sedih karena itu berarti perusahaan kita tidak cocok atau tidak memenuhi syarat kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengikuti tender tersebut. SIKAP yang akan secara otomatis menjaring perusahaan mana saja yang bisa mendapat undangan dan mengikuti tender. Berikut caranya untuk melihat apakah kita mendapat undangan atau tidak:

Klik tombol di kanan atas tulisan AKUN, kemudian klik PESAN MASUK, maka akan muncul seperti ini:

Di sini sudah bakal bisa terlihat jelas ANDA DIUNDANG UNTUK MEMASUKKAN PENAWARAN PADA E-TENDER KHUSUS UNTUK PAKET PEKERJAAN/PENGADAAN…….. Seperti itulah daftar undangan yang akan tampil, dan kalian bisa membuka detailnya seperti ini:

Kalian bisa langsung klik URL yang ada pada undangan tersebut untuk lebih lanjut memahami apa pekerjaannya, syarat yang diminta apa saja, dan jika dirasa cocok maka bisa langsung MENDAFTAR TENDER tersebut dan bersiap untuk bertempur memperebutkan tender tersebut. Buat kalian yang berhasil menawar dengan harga terendah, secara otomatis akan diundang ke tahap selanjutnya, namun masih ada kemungkinan gugur jika data perusahaan yang diinput ada yang tidak sesuai dengan dokumen asli ataupun ada persyaratan lainnya yang tidak bisa ditunjukkan pada saat pembuktian kualifikasi. JADI, penting banget buat mengisi data perusahaan di SIKAP sesuai dengan dokumen ASLI perusahaan ya!

Cara menawar untuk TENDER CEPAT yang melalui SIKAP ini dan bagaimana saja tahapannya, tentunya berbeda dengan sistem tender lainnya. Akan dibahas pada artikel selanjutnya ya! Jadi ditunggu saja:)

Selamat mencoba mengisi SIKAP^.^

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Natarina Setyaningsih,SE
Natarina Setyaningsih,SE

Director CV. Anugrah Rejeki

(Spesialis: Pengadaan Pakaian Seragam dan Perlengkapannya)

Artikel: 10

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 7 =