Mengenal Lokasi Estetik Pelepas Penat di Yogyakarta, Mana Saja Ya?

Rutinitas kerja, sekolah, kuliah atau kegiatan ber-sosial memang seringkali membawa dampak stress dan penat kedalam diri. Oleh sebab itu menurut berbagai pakar sains juga ilmu pengetahuan liburan atau rehat menjadi salah satu kunci menanggungi stress. Pada sebuah jurnal dalam laman resmi  America Psychology Association mengatakan betapa liburan memberi hasil positif pelepas penat.

Hasil positif tersebut tentu tidak hanya baik bagi mereka yang tengah penat, tetapi baik juga bagi mereka yang tengah terapi kesembuhan. Pembaca yang sedang sedih, bosan atau kurang rileks juga sangat dianjurkan untuk menempuh perjalanan liburan didalam kota atau luar kota. Nah bagi pembaca yang memang tengah merencakan perjalanan pelepas penat, kiranya bisa memilih kota Yogyakarta sebagai pilihan destinasi.

Daerah Istimewa Yogyakarta sebuah kota yang banyak dikenal sebagai kota pelajar, berdekatan dengan Klaten, Solo juga Magelang. Kota Yogyakarta merupakan sebuah kota yang kaya akan tradisi, nilai luhur dan masyarakat lokal yang ramah pada turis. Letaknya yang strategis di tengah Pulau Jawa menjadikan kota ini masuk dalam list kunjungan terpopuler setiap tahunnya.

Tentu saja pembaca sudah tidak asing dengan Malioboro, Keraton Kesultanan Yogyakarta atau Tugu Yogya sebagai tujuan wisata. Namun jangan salah! Yogyakarta tidak hanya memiliki ketiga icon diatas, karena masih banyak lokasi liburan bak surga disini. Apa saja kiranya tempat-tempat wisata tersebut? Mari simak uraian berikut dan segera siapkan waktu untuk mengunjunginya!

  1. Air Terjun Kedung Pedut

Berlokasi di Jl. Kutogiri Gunungkelir Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta ini Kedung Pedut menjadi salah satu air terjun favorit untuk dikunjungi. Airnya yang bening kebiruan dengan pepohonan rindang yang melingkar disekitarnya membuat suasana super asri bisa didapatkan. Buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 WIB lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda 4 atau 2 dan bisa ditemukan melalui Gmaps.

  1. Pantai Wediombo

Ingin bermain pasir putih di Yogyakarta? Tentu saja bisa! Jajaran pantai di Gunung Kidul Yogkarta memiliki pasir putih. Salah satunya yang paling terkenal indah adalah Pantai Wediombo yang terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo dan bisa diakses dari Gmaps. Pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise, sunset, debur ombak dan camping disini selama 24 jam karena wisata ini tak pernah tutup lho.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Bicara Parangtritis pasti tidak akan lepas dengan Pantai Parangkusumo berlokasi berdekatan dan memiliki area gumuk pasir terkenal. Siapa yang ingin melepas penat dengan konsep ala timur tengah? Nah lokasi ini tentu bisa menjadi pilihannya jika berkunjung ke Yogyakarta. Hamparan pasir yang luas bisa dinikmati dengan bermain sandboarding diatasnya, ala-ala surfing diatas ombak yang seru atau swa foto disana juga tak kalah menarik!

  1. Tebing Breksi

Ukiran indah diatas batu alam sebuah tebing menjadi pesona dan daya tarik utama lokasi yang dibuka pada pukull 06.00-20.00 WIB. Menghabiskan senja dengan gemerlap lampu yang menghiasi tiap pahatan tebing bisa menjadi salah satu cara melepas penat. Apalagi lokasi ini dekat dengan berbagai objek wisata lain dan bisa diakses dengan kendaraan roda 2, 4 hingga bus.

  1. Hutan Pinus Mangunan

Pernah nonton film Twilight? Apakah tergila-gila dengan lokasi shootingnya yang berlatar pepohonan tinggi nan misterius? Jangan khawatir Yogyakarta juga punya yang mirip-mirip. Namanya adalah Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Sukorame, Mangunan Kec. Dlingo, Kab. Bantul Yogyakarta dan buka sejak pukul 09.00-17.00. Hamparan pinus yang menjulang tinggi menghasilkan suasana super asri yang bisa melegakan pikiran dan stress lho, tertarik mencoba?

  1. Studio Glampong

Kata siapa melepas penat hanya bisa dilakukan ditempat ber-tema alam saja, Yogyakarta memiliki pilihan libur gaya lain di Studio Glampong. Lokasinya ada di Sumberayu,Moyudan Sleman yang pada awalnya adalah lokasi pembuatan shooting film Bumi Manusia yang meledak dipasaran. Meninggalkan sett yang indah bergaya masa kolonial menjadi studio ini ciamik bagi pengunjung yang ingin mendapatkan hasil foto aesthetic.

  1. Wisata Kalibiru

Jika pembaca suka dengan pemandangan dari atas ketinggian maka agaknya destinasi kali ini cocok sekali untuk dituju. Wisata Kalibiru, terletak di Jalan Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap Kab Kulonprogo Yogyakarta. Pengunjung bisa mengakses lokasi ini menggunakan kendaraan roda empat atau dua, rute-nya pun sudah tersedia di Gmaps. Pengunjung bisa menikmati pemadangan dari atas gardu, sepeda hingga ayunan ikat dari pukul 08.00-16.00 WIB dan jangan takut tidak bisa mendapat foto aesthetic disini ya!

Bagaimana? Apakah rencana perjalanan, tiket, hotel hingga media transportasi sudah dipesan untuk menuju Yogyakarta. Jika sudah, pastikan juga senantiasa untuk menjaga kesehatan dan pack barang bawaan dengan benar. Jangan biarkan diri kamu penat karena aktifitas berlebih, jadikan Yogyakarta sebagai rumah refreshing yang menyegarkan untukmu, selamat berlibur!

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Evi Putrya
Evi Putrya

Penggemar buku, novel juga puisi. Idealis yg mencoba tetap realistis. Mari saling bertukar energi positif!

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *