tetap waras saat pandemi

9 Cara Tetap ‘Waras’ Selama Pandemi COVID-19

Tetap Waras Saat Pandemi
Sumber: Freepik

Tidak semua orang bisa tetap ‘waras’ selama pandemi COVID-19. Adanya peraturan baru yang membuat seperti menjaga jarak dan menggunakan masker tentu tidak mudah dilakukan. Bahkan tak jarang bisa membuat sebagian orang jenuh dan stres karena harus berdiam diri di rumah.

Oleh karena itu, selama pandemi semua orang harus bisa menjaga kesehatan dan mengendalikan stres. Dengan menjaga kesehatan dan mengendalikan stres tentu bisa membuat diri lebih produktif. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari stres selama pandemi.

Lakukan Aktivitas Fisik

Lakukan aktivitas fisik menjadi cara tepat agar tetap ‘waras’ selama pandemi COVID-19. Sebisa mungkin lakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan setiap harinya. Saat melakukan aktivitas fisik maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres.

Selain itu, hormon endorfin juga memperbaiki mood dan mengurangi rasa khawatir selama pandemi ini. Jangan lupa untuk melakukan peregangan dan latihan pernafasan untuk membuat pikiran dan tubuh lebih tenang.

Pastikan juga untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika dilakukan secara rutin setiap hari tentu bisa membuat tubuh lebih sehat, sehingga terhindar dari stres.

Pikiran yang stres tentu bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan rentan terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan dengan rutin berolahraga selama masa pandemi.

Hentikan Kebiasaan Buruk

Selama pandemi COVID-19, semua orang harus menjaga kesehatannya, salah satunya dengan menghindari kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, merokok, dan kurang istirahat merupakan kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan fisik serta mental.

Jika terus melakukan kebiasaan buruk, tentu membuat daya tahan tubuh lemah. Selain itu, pastikan untuk beristirahat teratur dan tidak begadang setiap hari. Hal ini karena saat tubuh kurang istirahat, maka bisa mempengaruhi mood menjadi tidak stabil.

Jika mood tidak stabil tentu bisa menyebabkan rasa takut dan cemas berlebih, sehingga daya tahan tubuh akan lemah. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari kebiasaan buruk agar tetap sehat saat pandemi.

Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran agar tetap ‘waras’ selama pandemi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi setiap harinya. Misalnya mengonsumsi cereal, nasi, buah-buahan, sayuran, daging, kacang-kacangan, makanan laut, dan susu.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka bisa menjaga kesehatan mental dan membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, pastikan tidak mengonsumsi makanan siap saji karena tidak mengandung nutrisi dan bisa membuat daya tubuh menjadi lemah.

Makanan siap saji tentu terlihat lezat, namun jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya tetap jaga kesehatan selama pandemi dengan menghindari konsumsi makanan siap saji.

Buat Rutinitas Sendiri

Cara tetap ‘waras’ selama pandemi yaitu dengan membuat rutinitas sendiri. Jika biasanya Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri, sekarang inilah waktu tepat untuk mengeksplore kegiatan favorit. Misalnya bisa dengan memasak atau menonton film agar tidak jenuh selama di rumah.

Selain itu, kegiatan bertanam juga bisa menjadi pilihan tepat agar terhindar dari stres. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang bisa membuat diri lebih nyaman dan rileks. Misalnya dengan melakukan perawatan pada diri sendiri.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat pikiran dan tubuh lebih rileks. Selain perawatan, Anda juga bisa membersihkan dan menata ulang kamar atau rumah. Dengan begitu maka bisa mengurangi stres selama pandemi berlangsung.

Tetap Jalin Komunikasi

Tetap menjalin komunikasi dengan teman dan keluarga menjadi cara tetap ‘waras’ selama pandemi. Komunikasi bisa dilakukan melalui pesan singkat, telepon, dan video call. Anda bisa merencanakan berkumpul bersama keluarga atau teman tanpa harus bertatap muka. Dengan begitu maka bisa tetap menjaga kedekatan dengan keluarga maupun teman dekat.

Anda juga bisa bercerita banyak hal yang menyenangkan dan saling berbagi informasi. Dengan bercerita banyak hal tentu bisa mengurangi stres yang ada dalam diri. Selain itu, tetap menjaga komunikasi juga membuat pikiran lebih tenang.

Cukupi Kebutuhan Tidur dengan Baik

Tidur menjadi cara tetap ‘waras’ selama pandemi yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari stres. Pastikan tidak begadang setiap hari, karena bisa membuat sistem imun menurun. Selain itu, tidur cukup setiap hari juga membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

Jika tubuh dan pikiran rileks, maka bisa berpikir positif dan terhindar dari stres. Selain istirahat cukup, jangan lupa untuk tetap berolahraga selama pandemi. Usahakan untuk berolahraga minimal 15 menit setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan olahraga teratur, maka bisa membuat pikiran lebih rileks dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tetap Tenang Selama Pandemi

Tetap tenang menjadi cara tetap ‘waras’ selama pandemi dan membuat tubuh tetap rileks. Mungkin ada rasa cemas dan stres karena tidak bisa keluar rumah dengan bebas. Namun cemas yang berlebihan bisa membuat Anda mudah terpancing emosi.

Oleh karena itu, agar tidak stres selama pandemi, sebaiknya jaga pikiran dengan melakukan meditasi atau olah raga rutin. Selain itu, pastikan Anda juga mampu memilah berita yang beredar dengan baik. Pastikan juga untuk membaca berita yang teruji kebenarannya dan bukan berita hoaks.

Fokus Pada Hal yang Bisa Dikontrol

Cara tetap ‘waras’ selama pandemi yaitu berusaha fokus pada hal yang bisa dikontrol. Ada banyak hal yang tidak bisa dikontrol, seperti kapan pandemi berakhir atau bagaimana sikap orang lain. Daripada fokus dengan hal yang tidak bisa dikontrol, lebih baik Anda fokus pada hal yang bisa dikontrol.

Misalnya tidak keluar rumah jika tidak mendesak atau menggunakan masker dan jaga jarak jika melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, tetap jaga kesehatan dengan rajin mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

Pastikan juga untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit. Dengan fokus pada hal yang bisa dikontrol, tentu akan membuat pikiran lebih tenang dan terhindar dari rasa cemas yang berlebih.

Cari Kegiatan Bersama Sahabat secara Virtual

Cara tetap ‘waras’ selama pandemi yaitu dengan mencari kegiatan bersama sahabat secara virtual. Meskipun tidak bisa bertatap muka secara langsung, Anda tetap bisa berkumpul secara virtual menggunakan berbagai aplikasi seperti Zoom atau Skype.

Dengan begitu, maka Anda tetap bisa bercanda dan saling berbagi informasi dengan teman dekat. Lakukan kegiatan bersama yang menyenangkan, seperti makan bersama secara online atau olahraga bersama. Dengan begitu, maka bisa mengurangi kecemasan yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Terdapat berbagai cara tetap ‘waras’ selama pandemi, mulai dari melakukan aktivitas fisik hingga tetap tenang. Selain itu, tetaplah berpikir positif dan selalu bersyukur. Dengan begitu maka bisa mengurangi stres yang membuat daya tahan tubuh menurun.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

anggiputri
anggiputri

Blogger, Content Writer, dan Owner Penerbit Pustaka Kata yang kini mengisi sebagian besar hidupnya dengan menulis.

Artikel: 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *