Pandemi dan Work From Home? Ayo Tetap Prokduktif dan Mengembangkan Diri!

COVID-19 belum usai, bagaimana cara agar tetap produktif dan kreatif di tengah pandemi? Meskipun kini telah ada kebijakan new normal, setiap orang tetap diwajibkan menjaga jarak dan mengikuti sejumlah protokol kesehatan. Bagi kamu yang masih beraktivitas di rumah, yuk, simak tips berikut ini!

Di masa pandemi seperti saat ini di mana semua kegiatan dilakukan dari rumah merupakan suatu tantangan besar bagi banyak orang. Banyak orang akan merasakan kejenuhan karena hanya menghabiskan waktu dengan tinggal di rumah saja. Tetapi dengan adanya Work From Home ini, kita jadi mempunyai banyak luang dan waktu senggang untuk mengisi kegiatan kita.

Telebih lagi orang yang terbiasa berpergian ke luar rumah pastinya membutuhkan kegiatan yang mengisi kebosanan mereka. Selain menghilangkan bosan, kita juga perlu melakukan hal lain yang dapat dikembangkan agar kita lebih produktid dimasa sekarang ini.

Ada beragam cara untuk tetap produktif dan dapat mengembangkan diri  untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi, mari kita bahas berikut ini:

  • Mencari Part Time Job di tengah pandemi
(sumber: pinterest, akun pianoandstudy.tumblr.com)

Bekerja part time bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi produktif di masa pandemi COVID-19. Part time job atau yang dikenal pula dengan kerja paruh waktu biasanya hanya berlangsung selama periode tertentu atau bersifat sementara. Hal ini cocok bagi para mahasiswa yang ingin mengasah skill dan mendapat penghasilan tambahan.

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu pilih, mulai dari pekerjaan ringan hingga menantang. Contohnya, menjadi admin sosial media, penulis artikel, dan memberikan jasa desain untuk sebuah perusahaan. Namun, tak jarang orang juga memilih part time job sesuai hobi mereka, misalnya fotografi ataupun menjadi translator bahasa. Kamu bisa memilih lebih dari satu pekerjaan part time. Akan tetapi, kamu perlu mengelola waktu dengan baik dan bertanggung jawab dengan pekerjaanmu.

  • Jago fotografi? kumpulkan portofoliomu!
(sumber: pinterest, akun boredpanda.com)

Pandemi COVID-19 telah membuat industri kreatif melemah. Hal tersebut juga berdampak pada orang-orang yang memiliki hobi fotografi. Saat pandemi tiba, kreativitas mereka jadi terbatas karena sulit hunting foto.

Untuk kamu yang punya hobi fotografi, kamu bisa mengumpulkan portofolio dan menjualnya di portal stock images, seperti Unsplash atau Freepik. Dengan begitu, kamu bisa mendapat royalti dan penghasilan tambahan. Kamu juga bisa mengikuti beberapa lomba yang diadakan di tengah pandemi atau melakukan virtual photoshoot dengan teman.

  • Rapikan baju dan barang yang  tak terpakai
(sumber: pinterest, akun dekorrumah.net)

Pakaian dan barang seringkali terbengkalai saat kamu masih aktif beraktivitas di luar rumah. Masa pandemi ini adalah waktu yang pas untuk berbenah. Kamu bisa mulai merapikannya dengan mengeluarkan seluruh isi lemarimu.

Pilihlah beberapa baju dan barang yang sudah tidak terpakai. Setelah menyortir, kamu bisa mendonasikan atau menjualnya sebagai pre-loved items jika masih layak, lho!

  • Rutin olahraga agar tetap bugar di tengah pandemi

Olahraga sangat penting untuk tubuh kita apalagi dalam situasi pandemi saat ini. Olahraga di rumah bisa kita lakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu aerobic, workout atau yoga. Dengan kita rajin berolahraga, kita bisa tetap menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berolahraga tidak membutuhkan waktu yang lama, kita bisa memilih waktu yang senggang untuk kita melakukan olahraga walaupun hanya sebentar.

Membatasi aktivitas di luar rumah tentu menjadi hal yang membosankan. Hal ini dapat menjadi pemicu stress. Untuk mencegahnya, diperlukan beberapa aktivitas fisik, salah satunya adalah olahraga.

Olahraga juga bisa membantu kamu meningkatkan imunitas dan menjaga kebugaran tubuh. Kamu tak perlu melakukan olahraga berat dengan durasi yang lama. Hal yang terpenting adalah konsisten dalam melakukannya.

  • Cari ilmu dengan mengikuti Webinar

Pandemi telah mengubah tatanan kehidupan. Awalnya, seminar dilakukan di sebuah tempat dengan situasi formal maupun informal. Namun, kini dengan fasilitas internet, laptop, dan buku kamu sudah bisa mengikut seminar berbasis web atau yang lebih akrab dikenal dengan webinar.

  • Membuat jadwal harian

gar hari kita tidak terbuang sia-sia, maka sebaiknya kita membuat jadwal harian agar bisa tetap menghabiskan waktu dengan produktif. Kita bisa membuat jadwal harian dari mulai kita bangun pagi sampai kita tidur lagi di malam hari, tidak hanya membuat jadwal harian saja tetapi kita juga harus mengakplikasikannya.

Dengan membuat jadwal hari ini, hidup kita bisa semakin teratur dan tepat waktu. Kita juga dapat memprioritaskan mana hal yang penting yang perlu kita lakukan terlebih dahulu.

  • Memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat

Mengingat kita menghabiskan waktu yang lama hanya di rumah saja, jika kita tidak melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari pasti akan terasa bosan, oleh karena itu kita juga harus memilih aktivitas lain yang membantu meningkatkan efisiensi kerja dan kualitas hidup secara baik. Kegiatan tambahan ini untuk menambah pengetahuan. Seperti belajar bersama dengan teman secara online, diskusi atau seminar virtual. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk menjaga pola hidup sehat melalui pola makan, dan istirahat yang cukup.

  • Membersihkan Rumah

Dengan berdiam diri di rumah mendukung seseorang untuk lebih rajin membersihkan rumah untuk mengisi waktu luang mereka. Pekerjaan membersihkan rumah yang awalnya dikerjakan oleh orang lain karena kita sering menghabiskan waktu diluar rumah sekarang dapat kita lakukan sendiri. Mulai dari merapikan lemari baju, merapikan kamar tidur, membersihkan debu-debu yang ada di rumah atau sekedar menyapu dan mengepel rumah.

  • Memasak

Salah satu kegiatan produktif lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan kita mencoba resep makanan baru yang sebelumnya belum pernah kita coba. Kebijakan pemerintah untuk stay di rumah membuat kita untuk tidak keluar rumah yang tentu saja untuk membeli makanan saja menjadi kendala. Oleh karena itu, kita bisa masak sendiri makanan sehat atau makanan favorite dengan buatan kita sendiri. Sehingga dengan demikian tidak hanya produktif di masa pandemi, namun juga bisa menyehatkan tubuh kita dengan memakan makanan yang kita buat sendiri.

  • Bercocok tanam

Bercocok tanam adalah pilihan yang tepat untuk melakukan waktu luang saat pandemi. Bercocok tanam tidak selalu memerlukan halaman yang luas. Kita bisa bercocok tanam dengan menggunakan pot bahkan polybag yang dapat kita sesuaikan dengan kondisi rumah kita sendiri, seperti memilih tanaman hias, atau sekedar tanaman yang bisa kita konsumsi sendiri, seperti bayam, kangkung, cabai, kemangi, tomat, dan lain-lain.

  • Melakukan kegiatan yang membuat kita senang
Setiap orang pastinya mempunyai kegiatan yang membuat diri mereka senang. Contohnya seperti menonton film, menonton youtube, menonton televisi, menonton live music bisa dapat kita lakukan kapan kita mau. Menonton juga dapat mengusir kejenuhan kita selama di rumah saja.

Untuk seorang perempuan, kita dapat melakukan kegiatan seperti melakukan perawatan wajah dan kulit tubuh. Berdiam di rumah adalah waktu yang tepat untuk kita melakukan perawatan, karena terbebas dari sinar matahari yang ditakutkan oleh kaum perempuan karena efek sinar matahari yang berpengaruh buruk pada kecantikan dan kesehatan kulit.

Dalam masa pandemi, tidak membatasi diri kita untuk tetap produktif dan mengembangkan potensi diri. Berbagai kegiatan diatas dapat mengisi waktu luang kita selama pandemi menjadi lebih bermanfaat. Tentu saja banyak keuntungan yang kita dapatkan, menambah skills, menambah pengalaman, hidup lebih teratur dan rapih. Pandemi bukan alasan untuk bermalas-malasan, dengan tetap produktif kita lebih memaknai hidup walau di tengah ancaman pandemi. So, enjoy your life with productivity!

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

gandesdwia
gandesdwia

gadis kecil yang memiliki prinsip hidup seperti dandelion, menebar kebaikan dan kebermanfaat untuk sesama manusia. Sedang mengenyam pendidikan antropologi budaya☺️

Artikel: 12

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 11 = 19