Pentingkah Membangun Sebuah Bisnis? Mari Belajar dan Pahami Cara Berbisnis dengan Modal Kecil

Di era modern ini, banyak orang yang mengalami kendala di dunia pekerjaan. Diantaranya sulitnya dalam menyesuaikan diri dengan ritme dan beban pekerjaan yang diampuhnya. Ada juga yang mengatakan bahwa bekerja dengan orang lain membuat seorang karyawan jauh lebih cepat mengalami stres terhadap tekanan pekerjaannya.

Di masa pandemi Covid-19 ini terdapat banyak akibat yang ditimbulkan karena adanya virus ini. Dalam bidang ekonomi, adanya pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi antara karyawan dengan perusahaan, akibatnya semakin banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran). Karena hal inilah wajib diketahui pentingnya memulai suatu bisnis atau usaha pribadi untuk terus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berbisnis amat sangat penting di zaman ini, karena semakin mudahnya teknologi informasi yang dapat membantu kita dalam berwirausaha. Dengan memanfaatkan sistem online, kita dapat terhubung dengan mudah dengan para relasi yang kita miliki, tidak memerlukan tempat usaha, dan tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulai suatu usaha.

Membangun bisnis baru memang sedikit riskan dan tricky, karena kita harus melakukan riset terhadap kemampuan kita dan kondisi kebutuhan pasar, agar usaha kita nantinya tetap bertahan dengan segala kondisi pasar.

Jika Anda ingin belajar mengenai suatu bisnis baru, mulailah dengan hal berikut ini :

1. Dengan Memulai Suatu Riset

Memulai riset bisnis bisa dilakukan dengan banyak hal. Diantaranya dengan menggunakan buku panduan dalam berbisnis. Terdapat banyak sumber informasi dan pengetahuan melalui buku yang Anda baca, buku ini dapat berupa buku-buku tentang cara berwirausaha,  buku tentang bidang usaha yang ingin Anda tekuni, misalnya bisnis makanan, bisnis properti, dan bisnis lainnya.

Para praktisi di dunia bisnis atau pengamat ekonomi biasanya menuangkan semua pengalaman dan ilmu mereka melalui buku, seminar, bahkan paket pelatihan berbulan-bulan. Riset ini dapat berasal dari internal dan eksternal para pengusaha.

Dari sisi internal, dapat dimulai dari keniatan, keinginan dan kesiapan mental Anda dalam konsistensi untuk membangun suatu bisnis, lalu Anda dapat mencocokkan antara kemampuan yang Anda miliki dengan kebutuhan pasar. Misalnya saat ini masyarakat membutuhkan health kit untuk mengantisipasi terpapar Covid-19, Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka usaha kerajinan / home industry terkait pembuatan masker kesehatan, pakaian APD untuk petugas medis, dan lain-lain.

Dari sisi eksternal, Anda bisa memulai dari survei pasar dengan mengunjungi beberapa wilayah yang dapat Anda jangkau untuk melakukan survei, misalnya dalam situasi Covid-19 ini, Anda bisa mengunjungi pasar tradisional atau toko-toko terdekat untuk melihat aktivitas mereka selama pandemi ini. Jika ternyata sepi pengunjung, Anda bisa mulai membuka bisnis dari online atau marketplace sementara waktu sampai kondisi benar-benar pulih, baru Anda dapat membuka toko offline-nya.

2. Sering Konsultasi dengan Para Pengusaha yang Sudah Berpengalaman

Dengan melakukan riset saja juga tidak akan cukup, cara lain untuk mendapat ilmu pengetahuan dalam berbisnis adalah dengan sering melakukan diskusi atau konsultasi dengan para pengusaha yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia bisnis. Namun Anda juga bisa memanfaatkan relasi pebisnis baru yang Anda miliki untuk saling bertukar pikiran dan pendapat terkait dengan isu bisnis yang terbaru.

Dari sini, kita dapat belajar mengenai pengalaman orang lain yang sudah mengalami banyak suka duka dalam berbisnis, Anda juga dapat siaga dan antisipasi kemungkinan kerugian dan bahaya dalam bisnis Anda di masa depan.

Pengalaman yang Anda dapatkan dengan diskusi tersebut akan lebih praktis untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda. Selain itu, konsultasi dengan para pengusaha lainnya juga bermanfaat dalam memunculkan ide-ide bisnis baru yang kreatif dan inovatif dalam pengembangan bisnis Anda nantinya.

Konsultasi atau diskusi ini bisa Anda lakukan dengan cara menghubungi rekanan Anda yang sudah lebih dahulu atau sedang memulai dan mengembangkan bisnis juga, atau Anda dapat bergabung dengan asosiasi pengusaha di wilayah Anda, atau bekerja sama dengan lembaga dan instansi terkait untuk mendukung bisnis Anda.

3. Memiliki Keyakinan dalam Memulai Bisnis, Sekalipun Skala Kecil

Dalam memulai bisnis kita dapat memulai dengan menghidupkan jiwa kewirausahaan dalam diri kita. Caranya bisa dimulai dengan mengenali potensi atau kemampuan yang kita miliki. Menggali potensi ini memang tidaklah mudah, perlu latihan dan banyak pengalaman untuk terus mengasah dan memahami kelebihan dan kemampuan dalam hal yang nantinya akan Anda tekuni dalam membangun bisnis.

Meskipun nantinya akan ada banyak fokus usaha yang sama dengan fokus usaha Anda, Anda harus meyakinkan diri bahwa peluang membangun dan mengembangkan bisnis tersebut masih ada, justru harusnya Anda semakin bersemangat untuk bersaing dengan para pendahulu Anda dalam bisnis tersebut.

Beberapa karakter yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi seorang pengusaha adalah mampu melihat peluang, menyukai tantangan, berani mengambil risiko, punya daya tahan tinggi, punya visi yang jauh ke depan, dan selalu berusaha memberikan yang terbaik.

Mempunyai karakter ini dapat dimulai dari sekarang kita Anda memiliki keinginan untuk membangun suatu usaha, Anda bisa mulai melakukan catatan-catatan kecil setiap harinya mengenai sejauh mana perkembangan Anda dalam membangun usaha ini, atau Anda bisa memulai dengan bisnis skala kecil terlebih dahulu agar Anda dapat mulai mempraktekkan bisnis Anda.

Bisnis skala kecil tidak memerlukan modal yang banyak. Jika dirasa bisnis tersebut sudah menemukan titik sukses, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk mengembangkannya dengan modal yang lebih besar, misalnya dengan membuka toko offline, diikuti dengan penambahkan jumlah produksi, jumlah promosi, jumlah cabang, dan lain-lain. Atau jika Anda mengalami kendala pada bisnis skala kecil ini, Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar, Anda masih bisa terus berusaha untuk mulai mencoba membangun kembali bisnis yang ingin Anda rintis.

4. Evaluasi Bisnis Anda

Evaluasi bisnis sangat penting dilihat dari adanya pasang surut suatu bisnis dan kegagala serta keberhasilan bisnis itu sendiri, evaluasi disini berarti menilai suatu bisnis yang Anda jalankan minimal selama 1 bulan, dinilai dari segi kelayakannya, segi keuntungan dan kerugian yang didapat, hingga masa depan dari bisnis tersebut apakah dipertahankan atau harus diperbaiki lagi alurnya, bidang usahanya dan lain-lain sesuai hasil dari evaluasi tersebut.

Evaluasi bisnis dapat Anda pelajari dari berbagai sumber, misalnya para pengusaha terdahulu, dari buku evaluasi bisnis, dari lingkungan dan rekanan di sekitar, atau bahkan dari inisiatif Anda dalam menilai usaha Anda sendiri. Di sini hal yang harus Anda pelajari terkait dengan sebuah kegagalan yang Anda alami, karena bisnis biasanya akan mengalami banyak tantangan dan masalah di dalam prosesnya.

Pelajari cara menghadapi masalah dalam berbisnis dan temukan solusi yang paling efektif untuk pengambilan keputusan dalam bisnis Anda. Anda harus mencoba untuk mengamati tiap masalah yang Anda hadapi dari sudut pandang yang berbeda, dan Anda harus melihat dari sisi positif adanya masalah tersebut dan bisa mengambil hikmah serta manfaat dari adanya masalah tersebut, misalnya Anda dapat lebih berhati-hati dalam bertindak sehingga Anda tidak mengulangi masalah yang sama di kemudian hari.

5. Anda Dapat Memanfaatkan Social Media Untuk Berbisnis

Kecanggihan teknologi informasi saat ini berupa internet dengan berbagai macam aplikasi online seperti media sosial dengan sistem online shop, beberapa marketplace yang memudahkan Anda dalam membangun bisnis dari online, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk mulai membangun bisnis Anda yang dimulai dari skala kecil dengan modal yang tidak terlalu besar.

Anda juga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk belajar bisnis melalui sumber internet, baik dari orang-orang yang menceritakan pengalamannya, maupun dari para pengamat tren bisnis. Anda juga dapat menganalisis situasi pasar melalui fenomena yang terjadi dari internet.

Kecanggihan teknologi ini membuat Anda menjadi lebih mudah dalam melakukan riset dan mendapat sumber kondisi pasar yang akurat dengan keadaan sebenarnya tanpa membutuhkan banyak modal. Dengan mengetahui hal-hal ini, Anda dapat menjadi lebih ahli dalam memutuskan kebijakan terkait bisnis Anda di masa depan sehingga hasilnya akan jauh lebih optimal.

Selain itu, berbisnis online ini dapat membangun branding yang kuat di kalangan masyarakat, karena jika produk Anda baik, maka para pengguna produk Anda akan menyebarluaskan ulasan produk Anda ke media sosial yang pelanggan Anda gunakan, tentu disini kita dapat mengambil banyak manfaat dari adanya media sosial di era digital ini, diantaranya Anda dapat memulai bisnis dengan modal kecil, promosi gratis dari review baik dari pelanggan Anda, Anda juga tidak perlu susah-susah melakukan riset pasar, dan masih banyak manfaat lainnya.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Murni Sari Dewi
Murni Sari Dewi

Hi readers! Salam kenal, aku cuma mau bilang kalau apa yang kamu tulis itu merupakan cerminan pemikiran dan karakter kamu. Jadi, mulailah menulis apa yang kamu pikirkan, semua info yang kamu share bisa jadi membantu kehidupan orang lain di luar sana.

Artikel: 6

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *