https://ik.imagekit.io

Mengenal Negeri Surga di Antara Cincin Api Dunia!

Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di benua Asia tepatnya di Asia Tenggara. Negara yang terkenal dengan sebutan nusantara ini sebagian besar adalah lautan dan sisanya adalah daratan. Total ada sekitar  5.193.250 km² luas Indonesia dengan rincian  1.919.440 km² luas daratan dan  3.273.810 km² luas lautan. Indonesia juga di sebut dengan negara kepulauan karena terdapat banyak sekali pulau yang tersebar dari ujung barat ke ujung timur Indonesia. Terdapat sekitar kurang lebih 17.000 pulau yang ada di Indonesia.

Kebanyakan dari pulau-pulau ini adalah pulau tidak berpenghuni atau tidak ditinggali oleh manusia. Lima pulau terbesar yang ada di Indonesia adalah pulau Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan pulau Jawa. Salah satu pulaunya yaitu pulau Jawa menjadi pulau terpadat di dunia dengan penghuni sekitar 145 juta jiwa (tahun 2015).

Sumber : https://magdalene.co

Sejarah 

Sejarah berdirinya Negara Indonesia bisa dibedakan menjadi 5 bagian  yaitu Era Prakolonial, Era Kolonial, Era Kemerdekaan Awal,Era Orde Baru, Era Reformasi.

  1. Era Prakolonial : Pada Era ini berdiri kerajaan-kerajaan besar yang ada di Indonesia. Kerajaan awal berdiri dengan latar belakang Hindu-Budha dengan kerajaan besar seperti kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang luas wilayahnya hampir seperti luas wilayah Indonesia sekarang ini. Selanjutnya muncul kerajaan-kerajaan islam nusantara seperti kerajaan Samudra Pasai di Aceh dan sekitarnya, kerajaan Demak di Jawa dan lain lain. Era ini berakhir setelah bangsa Eropa masuk dan melakukan penjajahan serta monopoli perdagangan di Indonesia.
  2. Era Kolonial : Bangsa Eropa mulai melakukan ekspansinya ke seluruh dunia termasuk sampai ke Indonesia. Beberapa bangsa eropa seperti Portugis, Belanda , Spanyol,Inggris pernah singah dan menetap di Indonesia, sedangakan Jepang menjadi negara Asia yang pernah menjajah Indonesia. Portugis menjadi bangsa eropa yang pertama kali tinggal di Indonesia yakni antara Periode 1511-1526 M. Kemudian bangsa Spanyol juga datang dan mencari rempah- rempah di Indonesia. Spanyol datang sekitar tahun 1521 di Sulawesi Utara dan mendirikan pos di sana. Bangsa Eropa yang terakhir dan paling lama tinggal dan mengambil kekayaan alam di Indonesia adalah Belanda. Belanda mendirikan VOC sebagai alat untuk mengendalikan dan memonopoli perdagangan di sekitar nusantara. VOC menjadi perusahaan yang sangat makmur dan kaya karena mengeruk sangat banyak sumber daya yang ada di Indonesia.Selanjutnya Jepang menjadi satu satunya negara Asia yang pernah menjajah indonesia. Jepang melakukan ekspansi besar-besaran selama perang dunia 2 dengan menguasai hampir seluruh wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia.  Masa ini berakhir setelah berakhirnya perang dunia ke 2 dan Proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Soukarno dan M. Hatta.
  3. Era Kemerdekaan Awal : Pada awal kemerdekaan Indonesia dihadapkan dengan konfik internal dan ancaman agresi militer 2 oleh Belanda. Banyak daerah di Indonesia bersatu untuk berperang menantang penjajahan salah satunya pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya yang sekarang di peringati sebagai hari Pahlawan. Pada masa ini Indonesia juga sering mengalami pergantian sistem pemerintahan sebelum menjadi seperti sekarang ini. Salah satu momen militer terbesar juga terjadi di masa ini yaitu upaya perebutan kembali Irian Barat yang masih berada pada kekuasaan Belanda, serta peristiwa penting lainnya juga terjadi dimasa ini. Era ini juga di sebut dengan Orde Lama dan berakhir ketika Presiden Sukarno sudah tidak menjabat lagi menjadi presiden Indonesia.
  4. Era Orde Baru : Pada masa ini Indonesia di pimpin oleh Presiden Suharto.Swasembada pangan kemajuan ekonomi sempat di rasakan Indonesia pada masa ini. Indonesia juga sempat bersitegang dan memiliki permasalah dengan negara Timor Leste yang dahulu di kuasai oleh Portugis serta melakukan gerakan militer yang mengakibatkan Timor Leste menjadi bagian dari Indonesia sebelum merdeka seutuhnya pada tahun 2o02. Masa ini berakhir karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia dan jatuhnya kepemimpinan Presiden Suharto pada tahun 1998.
  5. Era Reformasi : Pada era ini adalah masa berkembangnya demokrasi serta ekonomi di Indonesia. Indonesia memiliki 5 presiden sampai pada masa sekrang ini. Presiden- Presiden ini di antaranya Presiden B.J. Habibi, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Sukarnoputri,  Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo

Sumber : https://2.bp.blogspot.com

Penduduk dan Budaya

Indonesia dikenal memiliki banyak sekali budaya dan keanekaragaman penduduk. Dengan jumlah penduduk yang mencapai kurang lebih 267 juta jiwa (tahun 2018), Indonesia menempati peringkat ke 4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Banyaknya penduduk di Indonesia juga diimbangi dengan banyaknya suku dan bahasa yang ada di Indonesia. Tercatat ada sekitar 714 suku dan 1001 bahasa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya perpedaan ini harusnya bisa di manfaatkan dengan sebaik baiknya dan harus tidak menimbulkan masalah perpecahan di masyarakat. Hal ini sesuai dengan semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika ( berbeda-beda tetap satu jua). Melimpahnya sumber daya manusia (SDM) dan keanekaragaman ini bisa membantu pertumbuhan ekonomi serta wisata yang ada di Indonesia. Kebijakan dan etos kerja yang besar harus mampu mendorong bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan mandiri.

Ekonomi

Indonesia termasuk salah satu negara dengan ekonomi yang kuat di dunia terutama di Asia Tenggara dan urutan ke 6 di Asia setelah  China, Jepang, India, Rusia dan Korea Selatan. Tercatat Indonesia menempati posisi ke 16 dengan ekonomi terbesar di dunia sehingga Indonesia termasuk kedalam anggota G-20. Perekonomian Indonesia terbagi oleh banyak sektor diantaranya pertanian, perikanan, industri, minuman dan makanan, hasil alam atau sumber daya alam, wisata dan lain-lain. Namun di Indonesia masih terjadi kesenjangan ekonomi di masyarakat dan kurang meratanya pertumbuhan ekonomi di daerah.

Potensi Wisata

Sektor wisata menjadi salah satu andalan utama dari negara Indonesia, dengan memiliki banyak sekali tempat tampat indah dan berbeda bera setiap daerahnya membuat potensi wisata menjadi andalan dari pemerintah Indonesia. Daerah seperti Bali, Lombok, Raja Ampat (Papua) sudah menjadi langganan wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan mancanegara datang dari seluruh penjuru dunia, Jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia pada tahun 2019 terhitung sebanyak 12,27 juta. Wisatawan asing ini paling banyak dari Malaysia, China, Australia dan Singapura. Beberapa tempat wisata yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan adalah:

  1. Pulau Bali termasuk surga bagi para wisatawan. Tempatnya yang eksotis serta keindahan alam yang ditawarkan membuat setiap orang ingin berkunjung ke sana. Budaya yang masih kental dengan latar belakang budaya hindu yang masih kental menjadi cirikhas dari pulau dewata ini (salah satu sebutan pulau bali).
  2. Bromo termasuk destinasi wisata unggulan di daerah Jawa Timur. Pemandangan pegunungan dengan lembah yang sangat cantik menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan. Terdapat suku lokal yang terkenal di daerah gunung Bromo yaitu suku Tenger. Suku ini sering mengadakang ritual dengan melemparkan sesaji ke kawah Gunung Bromo.
  3. Pulau Komodo merupakan taman nasional yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulai ini dihuni oleh hewan yang sesuai dengan nama pulau tersebut yaitu hewan komodo.Komodo adalah kadal raksasa dari zaman purba yang masih hidup sampai sekarang. Pulau komodo termasuk dalam keajaiban dunia, sehingga hewan ini menjadi prioritas pemerintah dan masyarakat untuk melindunginya.
  4. Candi Borobudur adalah bangunan candi budha yang paling terkenal di seluruh dunia. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tenggah. Candi ini di bangun pada beberapa periode Kerajaan Syailendra. Bangunan ini pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Dengan kemegahan dan keunikannya tidak heran banyak wisatawan yang datang bahkan dari mancanegara.

Dari beberapa tempat di atas sebenarnya masih sangat banyak tempat tempat wisata indah yang ada di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia hampir memiliki denstinasi wisata andalan sehingga sangat sulit untuk memetakan jumlah dan keunikannya. kiranya semua pemberian alam itu wajib untuk di lestarikan oleh semua golongan baik pemerintah maupun masyarakat Indonesia.

 

 

Referensi :

https://travel.detik.com/travel-news/d-5262317/luas-wilayah-indonesia-lengkap-daratan-dan-lautan

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia#:~:text=Periode%20sejarah%20Indonesia%20dapat%20dibagi,Spanyol)%20yang%20menginginkan%20rempah%2Drempah

https://nasional.kompas.com/read/2019/03/30/21441421/cek-fakta-jokowi-sebut-ada-714-suku-dan-1001-bahasa-di-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_Indonesia

https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/tempat-wisata-yang-banyak-dikunjungi-turis-asing

https://travel.kompas.com/read/2019/11/03/164641027/daftar-wisatawan-mancanegara-paling-banyak-berkunjung-ke-indonesia-2019

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Muhammad Andys Saputra
Muhammad Andys Saputra

Seseorang yang mendalami teknologi informasi dan berpengalaman dibidang manajemen dengan pengalaman dari berbagai acara dengan menata konsep dan terbiasa mengikuti kajian penulisan dengan banyak tema di pemerintahan

Artikel: 8

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 + = 34