Mind Maps : Solusi Efektif di Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, pasti akan berhadapan dengan berbagai tantangan dan permasalahan yang kadang membuat hidup bingung dan tertekan. Meskipun begitu, bukan tanpa solusi untuk mampu menyelesaikannya, salah satunya dengan Mind maps. Mind maps menjadi salah satu solusi efektif yang dapat membantu dan mengarahkan dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah-masalah tersebut. Mind maps merupakan sebuah catatan visual kreatif yang di dalamnya terdapat sebuah gagasan utama yang dijabarkan menjadi gagasan-gagasan yang lebih spesifik, terarah dan saling berhubungan.

Sumber: Pixabay

Mind maps dalam keseharian mempunyai banyak manfaat, setidaknya terdapat tiga pentingnya menggunakan mind maps dalam dunia kerja, antara lain :

Mind maps dapat membantu dalam mengoptimalkan kreativitas

Kreativitas adalah salah satu kunci untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. Pada dasarnya, manusia memiliki kreativitas yang tinggi namun seringkali tidak mampu menggali dan memaksimalkannya.

Kreativitas sendiri adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Contohnya seperti mampu membuat inovasi dalam pemasaran suatu produk dan sebagainya.

Dalam hal ini, mind maps dapat menjadi salah satu cara untuk merangsang, menumbuhkan dan meningkatkan kreatifitas orang. Mind maps membantu dalam mengeksplorasi sebuah konsep, topik atau masalah ke dalam bagian-bagian yang lebih terperinci sehingga mampu mendapatkan sebuah gambaran yang luas, dalam dan menyeluruh terhadap suatu persoalan.

Dengan menggunakan mind maps, orang  akan menjadi lebih mudah dalam meraih berbagai target dan tujuan yang dibebankan atasan dan perusahaan, disisi lain dapat mencari berbagai solusi kreatif atas sebuah permasalahan yang sedang  dihadapi di dunia kerja. Serta dapat membantu untuk merencanakan target dan kegiatan pribadi Anda baik dalam jangka pendek, menengah maupun panjang.

Mind maps memaksimalkan kemampuan otak kanan dan kiri secara bersamaan. Selain itu, juga lebih efektif dibandingkan dengan catatan yang dibuat secara linear karena cara kerja mind maps sama seperti cara kerja otak pada manusia, yaitu melalui imajinasi dan asosiasi. Hal ini memungkinkan untuk memperoleh gagasan-gagasan dan kreatifitas secara luas.

Dalam memulai membuat mind maps dapat diawali tentang keahlian yang dimiliki. Dengan menggunakan sebuah kertas kosong dan dapat memulainya dengan menuliskan profesi atau gambar yang berkaitan dengan profesi di bagian tengah kertas.

Setelah itu, buatlah beberapa garis yang menghubungkan keahlian dengan gagasan-gagasan lainnya, misalnya bidang keahlian yang miliki seperti “komunikator” jika mahir dalam berkomunikasi. Kemudian, tulislah keahlian lain yang ingin kembangkan seperti bahasa dengan label “pengetahuan”. Selain itu, juga dapat membuat cabang tentang pengalaman, sasaran dan hal lain yang dianggap perlu. Setelah membuat sub cabang dari cabang utama, kembangkanlah sub cabang tersebut menjadi lebih rinci dan lebih luas.

Setelah Anda berhasil membuat mind maps pertama, selanjutnya akan mudah membuat mind maps lainnya baik tentang masa depan dan keluarga maupun mind maps untuk kehidupan profesional di dunia kerja.

Mind maps dapat membantu memecahkan masalah dan merencanakan kemajuan

Di dalam dunia kerja, seseorang tidak dapat lepas dari berbagai permasalahan yang kadang membuat tegang dan tertekan. Mind maps dapat membantu dalam menemukan berbagai solusi kreatif dan efektif terhadap masalah yang dihadapi dalam waktu cepat.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk memecahkan sebuah masalah di dunia kerja dengan menggunakan mind maps.

Cara pertama adalah memulainya dengan masalah yang sedang dihadapi.

Mulailah sebuah mind maps dengan menuliskan atau membuat gambar yang mewakili masalah di bagian tengah kertas. Setelah itu, mulai untuk membuat sub cabang yang berhubungan dengan masalah tersebut sehingga akan menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Cara kedua adalah memulainya dengan sebuah solusi.

Menulis atau menggambarkan sebuah solusi yang tepat untuk masalah yang sedang dihadapi di tempat kerja. Kemudian bergeraklah mundur sehingga akan menemukan inti masalahnya.

Agar lebih efektif, dapat membuat mind maps dengan kedua cara tersebut sehingga akan memudahkan dalam menemukan titik temu antara masalah dengan solusinya.

Selain untuk memecahkan masalah, menggunakan mind maps dapat digunakan untuk merencanakan berbagai kemajuan dalam kehidupan. menggunakan mind maps untuk merencanakan kemajuan dalam bisnis maupun kehidupan personal.

Untuk merencanakan sebuah bisnis, dapat dimulai dengan membuat sebuah mind maps yang ditengahnya terdapat gambar perusahaan atau produk Anda. Kemudian tulislah beberapa sub cabang utama dari gambar tersebut seperti “keunikan”, “pelanggan”, “struktur” dan “kantor”. Kemudian kembangkanlah keempat sub cabang ini menjadi hal-hal yang lebih spesifik sehingga dapat terlihat gambaran bisnis atau perusahaan secara komprehensif.

Mind maps juga dapat membantu untuk mencapai kemajuan dalam kehidupan pribadi dan prosesional melalui pengaturan jadwal kegiatan yang rapi, baik untuk jangka pendek, maupun jangka panjang. Mind maps akan menghemat waktu dalam merencanakan jadwal kegiatan beberapa hari dan minggu ke depan. Mind maps juga memungkinkan untuk melihat berbagai kegiatan yang perlu diprioritaskan sehingga menghindarkan dari stres dan ketegangan.

Terakhir, mind maps juga dapat membantu untuk menghadapi berbagai ujian penting dengan memuaskan. Mind maps akan membantu dalam mengingat dan menghubungkan berbagai topik atau materi yang sudah dipelajari melalui berbagai warna dan gambar, sehingga proses belajar menjadi efektif dan tidak membosankan.

“Memiliki tujuan tanpa perencanaan seperti ingin melakukan perjalanan ke tempat baru tanpa peta”

Steve Maraboli

Mind maps akan membantu untuk membuat persentasi yang memukau serta mengatur keseimbangan hidup

Kemampuan persentasi sangatlah dibutuhkan di lingkungan kerja. Sebuah persentasi yang baik haruslah mampu menarik perhatian dan juga dapat dipahami dengan mudah oleh para audiens. Mind maps dapat membantu dalam membuat sebuah persentasi yang memukau.

Mind maps akan membantu  dalam menentukan topik spesifik dan poin pokok dalam persentasi yang akan dibuat. Untuk itu, mulailah untuk membuat sebuah mind maps yang di bagian pusatnya terdapat gambar/ilustrasi pendengar. Kemudian, pikirkanlah keinginan dan harapan yang ingin didapatkan oleh audiens dari persentasi yang akan dibuat.

Selain itu dapat dibuat beberapa cabang utama seperti “ilustrasi”, “fakta”, ”studi kasus” dan ”analisis”. Mind maps untuk persentasi dapat dibuat sekreatif mungkin dengan menggunakan berbagai warna, gambar, kode dan simbol.

Selain itu, mind maps dapat dignakan untuk menyeleraskan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Beberapa perusahaan menganggap bahwa keluarga merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan seseorang di dunia kerja sehingga keterlibatan keluarga dalam pekerjaan sangat dibutuhkan.

Perusahaan-perusahaan tersebut mengundang anggota keluarga dan menggunakan mind maps untuk menjelaskan visi dan sasaran yang ingin dicapai oleh perusahaan. Secara tidak langsung, anggota keluarga pun sudah menjadi tim inti dari sebuah perusahaan. Untuk meraih keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan, sebuah mind maps dapat dibuat yang di tengahnya terdapat gambar pekerjaan dan keluarga.

Dari pusat tersebut, buatlah beberapa cabang utama yang berkaitan dengan syarat dan kondisi tertentu dari perusahaan seperti “waktu yang fleksibel”, “tempat penitipan anak” dan “bekerja dari rumah”. Kemudian, kembangkanlah cabang utama ini beserta rincian biayanya dan diskusikanlah dengan para staf yang ada.

Loading

Kunjungi juga website kami di www.lpkn.id
Youtube Youtube LPKN

Eko Pardiyanto
Eko Pardiyanto

Seorang guru, content creator dan penulis lepas

Artikel: 23

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 89 = 94